Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Efek Konsumsi Dexamethasone dan Obat Pereda Nyeri Tanpa Resep Dokter

Efek Konsumsi Dexamethasone dan Obat Pereda Nyeri Tanpa Resep Dokter

Hati-hati bila Anda mengonsumsi dexamethasone dan pereda nyeri bersamaan tanpa anjuran dan dosis dari dokter. Ada efek samping berbahaya yang mengintai!

Saat tubuh mengalami peradangan dan kondisi tersebut mengharuskan Anda ke rumah sakit, salah satu obat yang mungkin akan diresepkan oleh dokter adalah dexamethasone

Obat ini termasuk golongan kortikosteroid, yang harus dikonsumsi sesuai resep, dan tak bisa dihentikan tiba-tiba atau dikombinasikan dengan obat lainnya. 

Apabila Anda mengonsumsi dexamethasone dengan obat lain, misalnya obat pereda nyeri yang tidak ada di dalam resep dokter sebelumnya, hal tersebut bisa meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang sangat berbahaya. 

1 dari 4 halaman

Efek Samping Minum Dexamethasone dengan Obat Pereda Nyeri

Salah satu efek samping yang bisa timbul akibat konsumsi dexamethasone bersamaan dengan obat pereda nyeri adalah perdarahan lambung. 

Hal ini khususnya terjadi jika obat pereda nyeri yang digunakan adalah golongan NSAIDs (Non-steroidal Anti-inflammatory Drugs).

“Penggunaan steroid (dexamethasone) dalam waktu singkat sebenarnya tidak secara signifikan meningkatkan risiko perdarahan lambung,” kata dr. Alvin Nursalim, Sp.PD,

“Namun, kalau dikombinasikan dengan obat pereda nyeri, misalnya ibuprofen, piroxicam, atau golongan obat NSAIDs lainnya, itu kurang aman dan bisa meningkatkan risiko perdarahan lambung,” tegasnya.

Kendati demikian, dr. Alvin juga mengatakan, konsumsi dexamethasone bersamaan dengan obat nyeri tidak melulu dapat menyebabkan efek samping mengerikan tersebut.

Jika obat pereda nyeri yang dikonsumsi adalah parasetamol, efek samping tersebut bisa dihindari. Dengan kata lain, Anda masih bisa mengonsumsi dexamethasone bersama obat pereda nyeri parasetamol apabila diperlukan. 

“Tetapi kalau obat pereda nyeri golongan NSAIDs, prinsipnya gunakan sejarang mungkin,” tegas dr. Alvin. 

Artikel Lainnya: Temuan Baru, Dexamethasone Bisa Kurangi Angka Kematian Virus Corona

2 dari 4 halaman

Kenapa Sampai Bisa Menyebabkan Perdarahan Lambung?

Obat pereda nyeri golongan NSAIDs ternyata bisa menghambat dua enzim di lambung. 

“Enzim yang dihambat oleh obat tersebut adalah COX 1, yaitu enzim yang berfungsi mempertahankan mukosa lambung. Satu lagi adalah enzim COX 2, yaitu enzim yang berperan melawan peradangan,” ungkap dr. Alvin.

“Ketika enzim yang gunanya untuk mempertahankan mukosa lambung dihalangi, lambung akan lebih mudah terluka. Maka dari itu, perdarahan lambung bisa saja terjadi,” sambungnya.

3 dari 4 halaman

Aturan Minum Dexamethasone yang Tepat

Agar obat yang diresepkan dokter dapat memberikan kesembuhan dan tidak menyebabkan efek samping yang merugikan tubuh, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Konsumsi obat dexamethasone hanya setelah makan. Hindari mengonsumsinya dalam keadaan perut kosong, agar lambung tidak bermasalah. 
  • Patuhi dosis yang dianjurkan oleh dokter. Jangan mengurangi atau menambahkan sendiri. 
  • Hindari mengonsumsi minuman beralkohol jika Anda sedang dalam pengobatan dexamethasone. Ini juga bisa meningkatkan risiko perdarahan lambung. 
  • Jika Anda melewatkan satu dosis, konsumsilah segera setelah ingat. Saat Anda tidak ingat sampai keesokan harinya, abaikan dosis yang terlewat dan minum yang berikutnya pada waktu yang biasa. Hindari mengambil dosis ganda.
  • Hindari obat dexamethasone jika Anda memiliki riwayat alergi dengan obat golongan kortikosteroid. Jangan lupa untuk informasikan ke dokter yang merawat.

Artikel Lainnya: Amankah Dexamethasone Dibeli Tanpa Resep Dokter?

  • Sebaiknya jangan melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi penuh setelah mengonsumsi obat dexamethasone. Sebab, obat ini bisa menyebabkan pusing. 
  • Jika yang diberikan berupa sirup, gunakan sendok yang ada di dalam kemasan obat. Hindari menggunakan sendok makan atau sendok teh, agar dosisnya tidak salah. 
  • Jelaskan ke dokter bila Anda sebelumnya memang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu atau hendak mendapatkan vaksin. 

Ini mencegah terjadinya interaksi obat dexamethasone, reaksi penurunan kadar kalium, reaksi perdarahan, serta mencegah penurunan efektivitas vaksin. 

Itu dia penjelasan seputar efek minum obat dexamethasone dan obat pereda nyeri tanpa rekomendasi ataupun pengawasan dokter. 

Bila Anda masih ada pertanyaan seputar penyakit dan obat-obatan, langsung saja konsultasikan pada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar