Sukses

Pola Makan Agar Tetap Waras saat Pandemi COVID-19

Bukan hanya dengan olahraga dan relaksasi, kesehatan mental saat pandemi COVID-19 juga bisa dijaga dengan menerapkan pola makan yang tepat.

Pandemi virus corona masih belum kelihatan ujungnya. Keadaan ini tidak hanya membuat Anda harus menjaga kondisi fisik, tapi juga kesehatan mental.

Terlalu lalu lama tinggal di rumah, kehilangan pekerjaan saat pandemi, hingga kehilangan orang terkasih akibat corona bisa berujung depresi. Mental yang guncang malah justru menurunkan imunitas tubuh, berdampak masuknya penyakit fisik.

Mengelola mental agar tetap waras saat pandemi ternyata bisa dilakukan dengan menjaga pola makan, lho!

1 dari 3 halaman

Tips Pola Makan Sehat saat Pandemi COVID-19

Agar kesehatan mental tetap terjaga selama masa pandemi virus corona, berikut ini pola makan sehat yang disarankan oleh dr. Devia Irine Putri.

  • Selalu Konsumsi Makanan yang Bergizi

Mencukupi kebutuhan gizi harian tidak hanya membuat Anda sehat secara fisik, tapi juga secara mental.

Anda diminta untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12, karena berfungsi untuk mengurangi risiko peradangan pada jaringan tubuh termasuk di otak, serta menurunkan risiko depresi.

Selain itu, Anda juga wajib mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Senyawa ini terbukti ampuh dalam menjaga fungsi otak dan menurunkan risiko peradangan dalam tubuh.

“Selama pandemi, setiap orang wajib memenuhi kebutuhan gizi setiap hari. Caranya adalah dengan mencukupi kebutuhan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral,” kata dr. Devia.

“Konsumsi juga ikan berlemak, sayuran hijau, buah. Itu semua sumber makanan yang baik untuk tubuh,” sambungnya.

Artikel Lainnya: Klaster Tempat Makan Bermunculan, Ini Cara COVID-19 Menular di Sana!

  • Mencukupi Kebutuhan Cairan

“Pria dewasa umumnya membutuhkan 2,5-2,6 liter air putih setiap harinya. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3 liter air setiap hari,” ungkap dr. Devia.

“Air putih merupakan sumber cairan paling baik dan paling sehat untuk tubuh manusia. Selain berguna untuk mencegah dehidrasi, air putih juga membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh,” tegasnya.

Atas dasar itu, jadikan air putih sebagai pemasok utama cairan tubuh. Sebaliknya, hindari mengonsumsi minuman manis dan bersoda, karena justru dapat menurunkan kondisi kesehatan tubuh Anda.

“Terlalu banyak konsumsi minuman manis dan bersoda bisa meningkatkan risiko obesitas. Untuk kafein, sebaiknya ini dibatasi juga, mengingat bisa memengaruhi kualitas tidur dan menyebabkan kurang istirahat, yang pada gilirannya akan memengaruhi kondisi fisik dan mental,” ujar dr. Devia.

Artikel Lainnya: Tetap Sehat Saat New Normal dengan Mengatur Konsumsi Gula

  • Konsumsi Makanan Mengandung Prebiotik

“Prebiotik merupakan kandungan pada makanan yang tidak bisa dicerna dan secara alami ada pada usus. Prebiotik bisa mendorong pertumbuhan bakteri baik yang menjaga kesehatan usus dan juga mental,” tutur dr. Devia.

“Anda bisa mengonsumsi makanan, seperti yoghurt, kimchi, keju, kacang-kacangan, dan sebagainya,” lanjutnya.

  • Menyediakan Suplemen Tambahan

Bagi yang tidak suka makan sayur atau buah, Anda bisa mencukupi kebutuhan gizi harian dengan mengonsumsi suplemen vitamin.

Agar manfaatnya benar-benar optimal, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin tertentu.

Ini juga bertujuan agar Anda bisa mengetahui dosis suplemen yang tepat, sehingga tidak malah menyebabkan efek samping yang merugikan.

2 dari 3 halaman

Makanan yang Sebaiknya Dihindari

Agar kesehatan mental saat pandemi COVID-19 tetap terjaga, Anda juga mesti menghindari beberapa hal berikut ini.

  • Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau junk food mengandung banyak minyak, lemak jahat, dan gula atau garam. Jenis makanan ini bisa memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan Anda.

Berdasarkan dr. Devia, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji juga bisa mengurangi kadar vitamin D dalam darah. Ini dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan mental.

Artikel Lainnya: Bisakah Sulap Makanan Instan Jadi Lebih Bergizi untuk Santapan Berpuasa?

  • Minum Alkohol Berlebihan

Alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan jelas akan berdampak sangat buruk untuk kesehatan fisik maupun mental.

“Alkohol bisa memproduksi jenis hormon yang sama ketika tubuh Anda sedang stres. Jadi, bukannya membebaskan Anda dari beban pikiran, minum alkohol justru bisa membuat semakin stres dan cemas,” jelas dr. Devia.

  • Tidak Memenuhi Asupan Antioksidan

Antioksidan tidak hanya berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit, tapi juga untuk meningkatkan kesehatan mental.

“Salah satu jenis antioksidan yang disebut karotenoid dapat berfungsi membuat seseorang menjadi lebih tenang dan positif. Karena itu, konsumsilah buah dan sayuran yang mengandung antioksidan tinggi, seperti sayuran hijau, tomat, wortel, dan sebagainya,” pungkas dr. Devia.

Itulah beberapa tips pola makan yang bisa Anda ikuti untuk jaga kesehatan mental saat pandemi COVID-19.

Jangan lupa kombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat, olahraga di rumah secara teratur, dan istirahat cukup, agar manfaatnya benar-benar optimal.

Jika Anda masih punya pertanyaan mengenai makanan untuk kesehatan mental, atau hal lainnya yang berhubungan dengan kesehatan, tanyakan secara langsung pada dokter melalui LiveChat 24 jam. Jangan lupa unduh aplikasi  Klikdokter juga, ya!

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar