Sukses

Pilihan Minuman untuk Jaga Kesehatan Jantung Anda

Menjaga kesehatan jantung itu penting dilakukan. Nah, ada beberapa minuman yang diketahui bisa membuat jantung jadi sehat.

Penyakit jantung masih jadi salah satu penyebab kematian paling utama di dunia. Untuk menghindarinya, berbagai cara bisa dilakukan, mulai dari beraktivitas fisik sampai mengonsumsi asupan yang baik bagi jantung.

Ya, memerhatikan konsumsi makanan dan minuman yang sehat bagi jantung penting untuk dilakukan setiap hari. Ini dia beragam jenis minuman yang bisa Anda coba untuk bantu memelihara kesehatan jantung.

1 dari 3 halaman

Sejumlah Minuman untuk Jantung Sehat

Menurut dr. Devia Irine Putri, beberapa minuman bisa membantu jantung tetap sehat, misalnya teh hijau, susu kedelai, kopi, minuman cokelat hitam.

Mari kita ulas lebih lanjut mengenai beragam pilihan minuman yang dapat menyehatkan jantung!

1. Matcha Tea

Teh matcha mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) yang tinggi. Kandungan ini adalah senyawa polifenol yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.

Minum teh matcha bisa meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan, kandungan EGCG dapat mencegah aterosklerosis, menumpuknya lemak pada dinding arteri, serta mengurangi kerusakan sel dan peradangan.

Karena manfaat tersebut, tak heran bila teh hijau berhubungan dengan menurunnya risiko stroke dan penyakit jantung dalam banyak studi ilmiah.

2. Kopi

Tidak hanya bisa membuat Anda bersemangat di pagi hari, ternyata kopi juga berkaitan dengan manfaat sehat bagi jantung.

Terdapat penelitian yang menunjukkan minum kopi dengan teratur memiliki kaitan dengan risiko penyakit jantung yang menurun secara signifikan.

Nyatanya, satu review lengkap berdasarkan 218 penelitian menyatakan, seseorang yang minum kopi tiga cangkir setiap hari mempunyai risiko kematian yang menurun 19 persen karena penyakit jantung, ketimbang dengan yang bukan peminum kopi.

Dibanding minum kopi yang banyak gulanya, sebaiknya cobalah kopi hitam yang agak pahit. Karena, konsumsi gula berlebih sudah jelas dapat berbahaya bagi kesehatan.

3. Cacao Hot Chocolate

Bubuk kakao ialah produk cokelat murni yang biasanya tidak terlalu banyak diproses dan lebih padat nutrisi dibandingkan kebanyakan produk cocoa.

Kakao memiliki antioksidan dan mineral yang bagus untuk jantung. Bahan minuman ini kaya akan flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular.

Menurut penelitian, menikmati asupan kakao dapat menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki fungsi atau peran pembuluh darah.

Untuk membuat minuman cokelat panas bergizi, sebaiknya tanpa tambahan gula dalam jumlah banyak. Saran penyajiannya yaitu tambahkan 1 sdm bubuk kakao ke cangkir susu panas.

Artikel Lainnya: Hindari Obat-obatan Ini Jika Anda Punya Penyakit Jantung

4. Hibiscus Tea

Sesuai namanya, teh hibiscus atau kembang sepatu memang dibuat dari kembang sepatu yang bernama Latin Hibiscus sabdariffa.

Bunga tersebut kaya akan antioksidan polifenol. Ekstraknya telah terbukti dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Sebuah penelitian pada 25 pria menemukan, minum 250 ml teh dengan ekstrak kembang sepatu tiap hari dapat melancarkan aliran darah, serta menurunkan tekanan darah dan peradangan secara signifikan, dibandingkan dengan minum air putih.

5. Air dengan Buah Citrus

Memasukkan potongan buah citrus segar ke air minum bisa bantu memelihara kesehatan jantung. Contohnya, jeruk dan lemon kaya akan nutrisi penting, meliputi juga minyak esensial dan flavonoid.

Banyak penelitian menemukan, asupan jus buah citrus tiap hari dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini menjadi faktor risiko pada penyakit jantung.

Lalu, mencampurkan buah citrus dalam air minum bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan harian.

Hidrasi tubuh yang baik menjadi salah satu faktor penting bagi fungsi jantung yang sehat. Sebab, kekurangan cairan bisa memperparah risiko kardiovaskular.

Artikel Lainnya: Benarkah Sering Minum Air Es Picu Penyakit Jantung?

6. Smoothie Sayuran

Tambahkan beberapa bahan yang menyehatkan jantung seperti sayuran berdaun hijau cerah, alpukat, dan biji rami (flax seed) atau chia yang kaya serat ke dalam smoothie Anda.

Sayuran hijau seperti bayam dan kale mengandung nutrisi yang mencegah penumpukan plak di pembuluh darah.

Sementara, alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) untuk mengurangi kolesterol jahat. Biji-bijian berserat tinggi seperti rami dan chia mengandung asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung dan meningkatkan kolesterol baik.

7. Jus Anggur Murni

Jus anggur yang 100 persen murni mengandung polifenol yang meningkatkan kelancaran sirkulasi darah. Penuhi asupan buah harian Anda dengan segelas jus anggur murni (sekitar 4 ons), yang setara dengan 1/2 cangkir buah anggur.

Untuk variasi, pertimbangkan juga jus delima, ceri, atau cranberry. Anda bisa langsung menikmati jus segar kaya nutrisi tersebut atau mencampurnya dengan resep-resep lain, misalnya salad.

Artikel Lainnya: Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Jantung

2 dari 3 halaman

Barengi Konsumsi Minuman Sehat dengan Aktivitas Ini

Nah, sudah tahu, kan, deretan minuman yang baik untuk jantung. Tapi, percuma kalau cuma mengandalkan minuman di atas tanpa melakukan aktivitas fisik.

Cobalah dibarengi dengan aktivitas lainnya, bisa dengan kegiatan yang mudah misalnya jalan kaki. Jalan kaki selama 30 menit per hari sudah lebih dari cukup.

Jalan kaki adalah aktivitas fisik untuk mengurangi kelebihan berat badan. Nyatanya, kelebihan berat badan berperan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Bila jalan kaki kurang menantang, cobalah berolahraga lari. Kurang lebih sama dengan jalan kaki, cuma memang intensitasnya lebih tinggi. Sama dengan jalan kaki, cukup 30 menit saja.

Selain itu, bisa juga aktivitas fisik yang lagi hits sekarang ini yakni bersepeda. Jenis olahraga ini adalah olahraga ritmik yang baik untuk kesehatan jantung Anda.

Itulah beberapa opsi minuman sehat dan aktivitas fisik sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga jantung Anda tetap sehat. Bila ingin konsultasi dengan dokter lebih mudah, pakai fitur LiveChat dari Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar