Sukses

Benarkah Tidak Boleh Tidur Setelah Operasi Caesar?

Setelah operasi caesar, biasanya banyak pantangan bagi ibu yang baru melahirkan. Benarkah salah satunya adalah tak boleh langsung tidur?

Pantangan bagi ibu yang baru saja selesai menjalani persalinan dengan proses caesar biasanya sangat banyak. Sebenarnya, hal ini memang wajar karena kondisinya masih rentan. 

Setelah melahirkan dengan operasi caesar, tubuh memerlukan waktu untuk pulih. Karena operasi caesar termasuk prosedur yang besar, biasanya sangat disarankan untuk menjaga kondisi setelahnya supaya tidak bermasalah. 

Salah satu hal yang masih menjadi pro dan kontra adalah ibu yang melahirkan dengan operasi caesar tidak boleh langsung tidur. Benarkah demikian?

1 dari 3 halaman

Bolehkah Tidur Setelah Operasi Caesar?

Menurut dr. Devia Irine Putri, tidur setelah operasi caesar adalah hal yang sangat boleh. Tidak ada larangan dalam hal ini karena wajar bila ibu sangat kelelahan.

Lelah setelah operasi umum dirasakan, dan tidur adalah panggilan alami yang tidak bisa ditolak. Kalau memang lelah dan tidak bisa dipaksa, sebaiknya memang langsung istirahat saja.

Bahkan, tidur adalah salah satu hal yang disarankan setelah melakukan operasi caesar. Selain tidur, meluangkan waktu untuk duduk dan menjalin ikatan dengan bayi juga disarankan.

Namun, memang ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan para ibu setelah melahirkan caesar. Berikut beberapa di antaranya:

  • Mengangkat apa pun yang lebih berat dari bayi Anda.
  • Menggunakan tampon atau douche, sampai Anda mendapat izin dokter.
  • Mandi, tunggu sampai sayatan sembuh dan pendarahan pasca persalinan berhenti.
  • Berpartisipasi dalam aktivitas berat atau latihan otot.
  • Berhubungan seks.
  • Naik tangga berulang kali. 

Beberapa hal di atas tidak boleh dilakukan ibu pasca melahirkan caesar. Perhatikan baik-baik supaya pemulihan berjalan dengan baik.

Untuk kegiatan fisik atau hubungan seks, disarankan menunggu saran dari dokter sebelum melakukannya.

Jangan takut untuk meminta bantuan. Bila Anda ingin beristirahat, mintalah bantuan teman dan keluarga terdekat untuk menjaga bayi. 

Hal-hal seperti mencuci pakaian juga bisa dibantu, sebab kondisi sehabis lahiran caesar memang harus dijaga.

Artikel Lainnya: Waktu Menyusui yang Tepat Usai Melahirkan Lewat Operasi Caesar

2 dari 3 halaman

Posisi Tidur yang Dianjurkan Setelah Operasi Caesar

Jangan tahan rasa kantuk Anda bila ingin tidur pasca operasi caesar. Akan tetapi, posisinya tidurnya perlu diperhatikan supaya tidak menghambat pemulihan.

Terlentang adalah posisi terbaik, karena luka sayatan di perut membuat Anda tidak bisa tengkurap. Menurut dr. Devia Irine, posisi paling nyaman pasti telentang, mengingat ada bekas operasi yang masih nyeri. 

Selain telentang, ada beberapa posisi tidur yang disarankan setelah operasi caesar:

1. Setengah Duduk

Dalam kondisi normal, biasanya posisi ini yang harus dihindari. Tapi setelah operasi caesar, bisa juga melakukan tidur dengan posisi ini.

"Selain telentang, bisa diposisikan kepala lebih tinggi, jadi seperti setengah duduk," jelas dr. Devia Irine.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan National Library of Medicine, Amerika Serikat, tidur dalam posisi tegak meningkatkan pernapasan dan mengurangi risiko pasca persalinan yaitu obstructive sleep apnea (OSA).

Studi tersebut menemukan, tidur dengan posisi tubuh bagian atas yang ditinggikan 45 derajat adalah cara terbaik bagi ibu pasca melahirkan untuk tidur dan bernapas dengan mudah. Posisi tersebut tampaknya tidak mengganggu kualitas atau waktu tidur.

Artikel Lainnya: Pantangan yang Perlu Diperhatikan Setelah Operasi Caesar

2. Miring ke Kanan atau Kiri

"Setelah bisa bergerak pelan-pelan dan miring kanan kiri, bisa bertahap tidur miring. Bisa diganjal dengan bantal juga di area sekitar pinggang agar lebih nyaman," jelas dr. Devia Irine.

Agak aneh mungkin mendengar ibu yang setelah melahirkan caesar bisa tidur miring ke kanan dan kiri. Tapi, kenyataannya memang bisa dilakukan.

Bila Anda tidur miring setelah operasi caesar, penting untuk menggunakan bantal demi menopang lutut dan pergelangan kaki, serta menjaga pinggul tetap sejajar. 

Posisi berbaring miring sering kali menjadi posisi menyusui yang paling nyaman bagi ibu baru yang baru pulih dari operasi caesar.

Artikel Lainnya: Berapa Lama Pemulihan Luka Bekas Operasi Caesar?

3. Perhatikan Penggunaan Bantal

Apapun posisi tidur yang dipilih, Anda tetap perlu bantal. Penggunaan ini direkomendasikan agar merasa lebih nyaman dan menopang tulang belakang.

Kalau tidur telentang, bisa menggunakan bantal di bawah bahu, punggung bawah, lutut, atau pergelangan kaki. 

Jika Anda tidur miring, maka bantal dapat digunakan di antara pergelangan kaki dan lutut untuk menjaga pinggul dan panggul tetap stabil. 

Pilihan lainnya adalah dengan benar-benar memeluk bantal atau guling dan meletakkannya di antara kaki sebagai penyangga saat Anda tidur. 

Nah, itulah beberapa posisi tidur yang disarankan setelah operasi caesar. Pastikan posisinya tepat agar tidak membahayakan proses penyembuhan luka pasca operasi.

Konsultasi ke dokter seputar pemulihan pasca operasi caesar lebih praktis lewat smartphone Anda dengan fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

1 Komentar

  • Kemuning Ligar

    Selamat malam dok.. Saya udah opera Selamat malam dok.. Saya melahir kan anak yang ke 3, lewat operasi sesar.. Apa benar kalau udah operasi sesar suka sakit pinggang.. Dan itu dirasakan saya.. Terima kasih banyak dokter atas jawaban nya... 🙏🙏🙏