Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ini Bahan Kombinasi Madu yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Anda

Ini Bahan Kombinasi Madu yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Anda

Khasiat madu bagi tubuh sudah tak perlu diragukan lagi. Kalau dikombinasikan dengan bahan-bahan berikut ini, manfaat campuran madu akan semakin oke!

Sudah sejak lama madu dianggap sebagai obat alami yang menyehatkan tubuh. Namun, siapa sangka saat madu dicampur dengan bahan lain, khasiatnya akan berlipat ganda! 

Ya, ternyata madu bisa “dikawinkan” dengan beberapa bahan alami lainnya dan memberi efek yang berbeda-beda. Penasaran apa saja kombinasi madu yang dimaksud? Cek di bawah ini, ya. 

1 dari 3 halaman

Bahan yang Boleh Dicampur dengan Madu

Tenang saja, bahan kombinasi madu tidak sulit, kok. Selain tak sulit dicari, harganya pun terbilang murah. Sederet bahan campuran madu yang bisa Anda gunakan beserta manfaatnya buat tubuh, yaitu:

  1. Madu dan Lemon 

Ketika dicampurkan, keduanya menjadi solusi terbaik yang memegang peran penting untuk menangani masalah kesehatan, khususnya pencernaan dan kulit. 

Lemon mengandung antioksidan tinggi, sehingga mampu mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh. Sedangkan, madu dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri di usus dan melancarkan proses pencernaan. 

Untuk takarannya, Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan air lemon dengan 5 tetes madu lalu diminum. Lakukan setiap pagi untuk hasil yang lebih baik. 

Apabila kulit sedang kering dan kasar, coba juga oleskan 1 sdm madu dan ½ sendok makan air lemon di area yang bermasalah. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

  1. Madu dan Cuka Apel

Kombinasi madu dengan cuka apel bisa menangani beberapa masalah, mulai dari asam urat hingga ketombe.

Mengonsumsi kedua bahan alami kaya antioksidan tersebut dapat membantu meredakan gejala asam urat sekaligus meningkatkan ekskresi asam urat dari dalam tubuh. 

Sedangkan untuk ketombe, Anda tinggal mengoleskan kulit kepala dengan kapas yang sudah dilumuri campuran madu dan cuka apel. 

Bungkus kepala dengan handuk hangat supaya meresap ke kulit, lalu bilas sampai bersih (keramas). 

Artikel Lainnya: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Madu Asli dan Palsu

  1. Madu dan Kayu Manis

Campuran madu yang satu ini sangat ampuh untuk menangkal bakteri dan menenangkan tubuh. 

Pertama, mengonsumsi madu dan kayu manis secukupnya dapat menyehatkan jantung. Karena, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga jantung dan pembuluh darah terlindungi. 

Untuk Anda yang ingin merasakan manfaat jangka panjang terutama untuk mencegah kanker, kombinasi keduanya juga oke, lho

Sebab, kayu manis sendiri memiliki komponen antikanker sehingga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah penyebaran ke organ lain. 

  1. Madu dan Cengkih 

Cengkih bersifat antibakteri dan antiinflamasi. Saat dikombinasikan dengan madu, bisa menjadi obat alami untuk mengatasi sakit tenggorokan dan sariawan

Kehadiran senyawa antibakteri dalam cengkih mengurangi rasa sakit dan infeksi pada tenggorokan. 

Caranya, tambahkan 2-3 cengkih ke dalam 1 sendok makan madu dan diamkan selama 4-5 jam. Kalau sudah, buang cengkihnya dan minum madunya. Bila ada sariawan, tinggal oleskan di bagian tersebut dan lakukan secara teratur. 

  1. Madu dan Jahe

Campuran madu dan jahe tentu sudah tak asing lagi. Jahe dapat menghambat produksi gas di saluran cerna dan membantu memecah protein yang ada dalam makanan. 

Madu juga bisa menenangkan lapisan tenggorokan yang teriritasi, sedangkan jahe dapat meningkatkan air liur dan sekresi lendir. Keduanya dapat meredakan batuk.

Hal yang tak kalah penting, jahe termasuk makanan afrodisiak, lho. Herbal yang satu ini bisa membantu menurunkan risiko impotensi dan ejakulasi dini

Bahkan, kandungan mineral yang disebut boron dalam madu bisa meningkatkan produksi testosteron.

Artikel Lainnya: Manfaat Madu bagi Wanita Hamil

  1. Madu dan Lidah Buaya 

Selain untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, ada juga kombinasi madu dengan bahan alami lainnya yang baik untuk kesehatan kulit. 

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, campuran madu dan lidah buaya dapat membantu mengatasi sunburn (kulit terbakar kemerahan akibat paparan sinar matahari). 

  1. Madu dan Baking Soda

Mau coba membersihkan pori-pori wajah dengan lebih efektif, tetapi bahan yang dipakai harus bahan alami? Anda bisa mengombinasikan madu dan baking soda

Sebab, menurut dr. Devia keduanya dapat membantu membersihkan pori-pori, sehingga risiko berjerawat menjadi lebih rendah. 

  1. Madu dan Gula

Satu lagi kombinasi madu yang bisa mempercantik penampilan Anda, yaitu madu dan gula. 

Dokter Devia mengatakan, “Campuran madu dan gula dapat menjadi scrub bibir, sehingga sel-sel kulit mati di bibir terangkat tetapi tetap bisa menghidrasi.” Apabila dilakukan secara teratur, bibir akan lebih cerah dan lembut.

Artikel Lainnya: Inilah Cara Paling Sehat Konsumsi Madu

2 dari 3 halaman

Jangan Asal Mencampur Madu dengan Bahan Lain!

Meski ada banyak kombinasi madu untuk kesehatan, tetapi Anda tetap harus berhati-hati. Ini karena tak semua bahan aman untuk dicampurkan bersama bahan manis tersebut. 

Misalnya, menggabungkan lobak dengan madu. Menurut dr. Thulasidas, seorang praktisi medis Ayurveda bersertifikat, kombinasi keduanya berbahaya bagi kesehatan tubuh karena dapat menghasilkan pembentukan senyawa beracun. 

Madu juga akan lebih sehat apabila tidak dimasak dalam suhu tinggi. Buat Anda yang memiliki masalah gula darah, sebaiknya juga berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi madu dan campuran-campuran di atas. 

Semoga kombinasi madu dan bahan alami yang sudah dijelaskan tadi bisa bermanfaat. Lakukan secara rutin, tetapi tidak perlu berlebihan. 

Pertanyaan seputar madu untuk kesehatan dapat Anda sampaikan kepada dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar