Sukses

Bahaya Terlalu Percaya Zodiak bagi Kesehatan

Sering menghubung-hubungkan satu zodiak dengan yang lainnya? Waspada, terlalu percaya ramalan tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan!

Kalau Anda disuruh menjabarkan kriteria pasangan, hal apa saja, sih, yang biasanya disebutkan? Dari segi fisiknya, sifatnya, atau justru zodiaknya?

Bila Anda adalah salah satu orang yang masih bergantung dengan zodiak untuk menentukan pasangan hidup atau lingkungan pertemanan, waspada! Terlalu percaya ramalan zodiak punya dampak buruk bagi kesehatan mental.

Kenapa Banyak Orang Percaya dengan Zodiak?

Tidak hanya satu atau dua orang, tapi ada puluhan bahkan mungkin ratusan ribu orang yang masih percaya dengan ramalan zodiak.

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, umumnya orang yang percaya dengan zodiak ingin selalu tahu apa kata ramalan bintangnya di hari ini maupun hari-hari selanjutnya.

“Mungkin karena ramalannya pernah tepat, jadi ada saja orang yang terus percaya dengan zodiak. Bisa juga misalnya ketika seseorang punya pasangan dengan zodiak tertentu lalu ia membaca sifat-sifat zodiak tersebut dan benar. Ini juga bisa jadi alasan kenapa seseorang percaya zodiak, dari pengalaman pribadi,” ujar Ikhsan.

Tren percaya zodiak rupanya lebih banyak dialami oleh mereka yang masuk dalam generasi milenial.

Menurut data dari American Psychological Association, milenial jadi generasi yang paling mudah alami kecemasan dan stres ketimbang generasi lainnya sejak 2014.

Dalam kondisi ini, ada kecenderungan-kecenderungan untuk melihat ramalan zodiak sebagai alternatif penyembuhan stres maupun untuk menghibur diri.

“Sebenarnya percaya dengan zodiak tidak selalu buruk. Jika orang tersebut hanya mengambil yang positifnya, maka tidak apa. Ini bisa dijadikan sebagai motivasi juga. Tapi kalau sampai percaya dan mengiyakan semua ramalan zodiak, bisa berdampak negatif bagi diri sendiri,” ujar Ikhsan.

Baik atau buruknya percaya dengan ramalan zodiak sebenarnya kembali kepada pembacanya. Lebih baik ambil makna positifnya untuk dijadikan motivasi.

Artikel Lainnya: Percaya Ramalan Zodiak, Mungkin Kamu Kena Efek Barnum!

1 dari 3 halaman

Bahaya Terlalu Percaya Horoskop

Meski beberapa ramalan zodiak berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, ada baiknya bila Anda tidak menelan mentah-mentah ramalan zodiak.

Pasalnya, ramalan tidak jelas sumbernya dari mana dan bisa ditulis oleh siapa saja. Lantas, apa dampak buruknya bila terlalu percaya zodiak? Dijelaskan oleh Ikhsan, berikut uraiannya:

1. Tidak Percaya dengan Diri Sendiri

Orang yang terlalu percaya dengan ramalan zodiak biasanya jadi tidak percaya dengan diri sendiri.

Misalnya, ramalan zodiak A mengatakan peluang karier hari ini tidak sebagus hari-hari kemarin. Bisa saja orang dengan zodiak A jadi percaya dan minder saat mengerjakan suatu hal. Dampaknya, benar saja performa kerja pada hari itu jadi menurun.

2. Sulit Ambil Keputusan

Karena terlalu bergantung dengan ramalan zodiak, Anda jadi sulit mengambil keputusan. Baik dalam masalah keuangan, pertemanan, percintaan, maupun kehidupan sehari-hari.

3. Membatasi Diri dari Hal Luar

“Kalau sampai ketergantungan zodiak, seseorang jadi pribadi yang tidak percaya diri dan selalu butuh penguatan dari lingkungan sekitar,” ujar Ikhsan.

“Terus, bisa membuatnya jadi membatasi diri dengan hal-hal yang sebenarnya memberikan keuntungan untuknya. Misalnya di ramalan bilang, ‘Jangan buru-buru dekati dia, nanti dia nggak mau.’ Padahal, pasangannya sudah berharap didekati,” lanjutnya.

4. Merusak Hubungan Percintaan dan Persahabatan

Karena merasa zodiak tidak cocok dengan zodiak pasangan, Anda jadi sengaja memutuskan hubungan.

Padahal, tidak ada masalah besar yang membuat Anda harus putus dengan pasangan.

Hal ini juga bisa berlaku dalam lingkungan persahabatan, ketika Anda memutuskan untuk menjauhi teman-teman karena zodiak yang mereka miliki.

Artikel Lainnya: Beda Kepribadian dengan Pasangan: Tidak Cocok?

2 dari 3 halaman

Bagaimana Batasan Normal untuk Percaya Zodiak?

“Percaya dengan zodiak masih dianggap normal apabila Anda tidak menyangkutkan semua kehidupan pribadi dengan ramalan zodiak. Misalnya, Anda hanya mengambil hal yang positif dan mengabaikan ramalan negatifnya, ini masih dianggap normal,” jelas Ikhsan.

“Jika sudah berdampak sampai kehidupan sehari-hari dan membuat diri jadi takut untuk melangkah atau melakukan suatu kegiatan,ini sudah masuk dalam batas tidak normal,” tegasnya.

Jadi, bila Anda merasa ramalan zodiak sudah benar-benar menguasai kehidupan sehari-hari, ada baiknya untuk menjauhi ramalan zodiak secara perlahan.

Usahakan untuk melihat segala sesuatu dengan objektif dan sesuai realita. Dengan menerapkan hal ini, kebiasaan percaya dengan zodiak pun akan berkurang. Selamat mencoba!

Download aplikasi Klikdokter untuk tahu beragam informasi seputar kesehatan mental yang menarik lainnya.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar