Sukses

Pencinta Kue, Ini Lho Fakta Sehat Carrot Cake!

Sudah lama populer dan dinilai lebih bernutrisi, apa tanggapan dokter bila ada yang bilang bahwa carrot cake adalah kue tersehat?

Sejak lama, kue wortel atau carrot cake kerap dikonsumsi saat ada acara-acara besar di Inggris dan Amerika Serikat. Namun kini, kue berwarna kecokelatan dan di luarnya diberi lapisan krim putih ini dapat dikonsumsi kapan saja.

Karena ada kandungan wortelnya, tak sedikit orang yang menganggap, kue tersebut jauh lebih sehat daripada kue lainnya. Penambahan wortel di dalam kue pada awalnya ditujukan sebagai alternatif pengganti gula kala itu.

Wortel yang berwarna oranye cerah memang memiliki zat pemanis alami yang pas untuk diolah sebagai dessert. Alhasil, orang yang sedang diet cenderung memilih menyantap kue wortel ketimbang red velvet atau black forest, misalnya. 

Agar status sehatnya si kue wortel alias carrot cake tak cuma berdasarkan dari anggapan, di bawah ini akan dibahas mengenai fakta sehat carrot cake menurut pandangan medis. Anda pecinta dessert, khususnya kue-kuean, wajib tahu soal ini!

1 dari 4 halaman

Kandungan Nutrisi Carrot Cake

Dalam satu slice kue wortel yang Anda beli dari toko kue atau pastry shop, ternyata menyimpan 185 kalori. Sementara itu, nilai gizi lain yang terdapat dalam satu slice kue tersebut, antara lain:

  • Lemak = 4,2 gram (6 persen dari kebutuhan harian).
  • Kolesterol = 11,3 mg (4 persen dari kebutuhan harian).
  • Sodium = 324,8 mg (14 persen dari kebutuhan harian).
  • Karbohidrat = 27,5 gram (9 persen dari kebutuhan harian).
  • Serat = 3,7 gram (15 persen dari kebutuhan harian).
  • Protein = 9,7 gram (19 persen dari kebutuhan harian).

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh Anda

2 dari 4 halaman

Jadi, Bisakah Carrot Cake Dianggap Kue yang Sehat?

Jadi, dengan nilai nutrisi tersebut, bisakah carrot cake dianggap kue yang paling sehat?

Menjawab itu, menurut dr. Devia Irine Putri, kue wortel sebenarnya tak bisa langsung dilabeli sebagai kue paling sehat dibanding kue-kue lain meski mengandung wortel. 

“Pada dasarnya, carrot cake sama seperti kebanyakan kue. Kue ini masih tergolong manis dan mengandung banyak gula. Apalagi kalau di-frosting pakai cream cheese, jadi tidak sehat, kalorinya pun bertambah banyak,” jelasnya.

Itu artinya, menganggap manfaat carrot cake sebagai kue diet sepertinya perlu Anda koreksi kembali. 

“Tapi di sisi lain, dibandingkan dengan kue lainnya, adanya wortel pada bahan utama menjadikan kue ini mengandung serat dan nutrisi tambahan. Misalnya saja, beta karoten, vitamin C, polifenol, dan sebagainya,” dr. Devia menambahkan.

Dengan kandungan itu, manfaat wortel yang bisa dirasakan adalah terhindar dari radikal bebas, meningkatkan sistem imun, menghambat penyakit jantung dan pembuluh darah, mencegah katarak, hingga menyehatkan saluran cerna. 

Sayangnya, dengan adanya penambahan bahan-bahan lain, manfaat dari nutrisi tersebut menjadi berkurang.

“Karena itulah tidak bisa langsung dibilang ‘sehat. Ya, bisalah dikatakan agak sehat. Akan lebih baik, kita membuat kue wortel versi sendiri sehingga bahan-bahannya bisa kita takar sendiri dan diganti dengan yang lebih oke untuk tubuh,” sarannya. 

Artikel Lainnya: Kenali Manfaat Wortel untuk Kulit Anda

3 dari 4 halaman

Membuat Carrot Cake yang Lebih Sehat dengan Cara Ini

Karena dr. Devia menyarankan Anda untuk membuat carrot cake sendiri agar lebih sehat, di bawah ini ada tips-tips yang bisa diterapkan:

  • Ganti Gula Tambahan dengan Buah

Kurangi jumlah keseluruhan gula tambahan dengan penggunaan nanas kalengan yang dihancurkan. 

Selain menambah serat dan antioksidan, ada sensasi rasa yang tidak Anda dapatkan dari gula biasa. Kismis atau saus apel juga dapat digunakan untuk mempermanis kue wortel secara alami dengan sedikit tambahan gula. 

  • Gunakan Tepung Gandum 

Untuk memberi tambahan serat dan membuatnya tetap empuk, gunakan tepung gandum. Selain lebih berserat, ini juga menambah rasa kacang yang akan membuat kue semakin lezat.

  • Pilih Cream Cheese Rendah Lemak dan Yoghurt untuk Frosting

Menghilangkan frosting pada carrot cake itu tidak mungkin! Tanpa frosting, kita akan seret dan rasanya juga kurang lezat. 

Tetap pakai krim frosting untuk isian dan luarannya, tetapi ganti dengan cream cheese yang rendah lemak dan tambahan yoghurt.

Pilih yoghurt yang teksturnya krim, ya, bukan cair. Biar rasanya seimbang, tambahkan sedikit saja gula halus. 

  • Tambahkan Kacang-kacangan 

Menambah kacang almond panggang atau kacang pecan juga bisa Anda lakukan. Selain menambah asupan serat, itu bisa menambah protein dalam kue. 

Untuk topik makanan sehat dan makanan diet lainnya, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar