Gigi Mulut

Pakai Behel Bisa Bikin Gigi Kuning, Ini Alasannya

drg. Wiena Manggala Putri, 03 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penggunaan behel tanpa perawatan tepat bisa menyebabkan gigi kuning. Agar tidak mengalaminya, terapkan cara merawat gigi behel agar tidak kuning berikut ini!

Pakai Behel Bisa Bikin Gigi Kuning, Ini Alasannya

Behel adalah suatu alat untuk meratakan gigi yang terlalu maju, mundur, atau tidak sejajar. Sayangnya, perawatan ini terkadang dapat membuat penampilan gigi menjadi kuning.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna behel untuk melakukan perawatan ekstra agar gigi tidak kuning. Namun, kenapa penggunaan behel membuat gigi menguning? 

Alasan Behel Menyebabkan Gigi Kuning

Pemakaian behel memang bisa menyebabkan gigi jadi kuning. Namun, bukan berarti behelnya yang menyebabkan gigi Anda menguning, melainkan cara membersihkan gigi berbehel yang jadi penyebab gigi kuning.

Plak-plak makanan yang bercampur dengan gula dan asam pada gigi juga bisa melunturkan mineral yang ada pada gigi.

Berkurangnya kadar mineral dalam gigi akan menyebabkan perubahan warna dan menimbulkan bercak putih gigi .

Jika dibiarkan dan tidak segera diatasi, maka bukan tidak mungkin secara perlahan masalah gigi akan muncul.

Lantas, harus bagaimana? Cara agar gigi tidak kuning saat memakai behel adalah dengan menyikat gigi secara teratur. Pemeriksaan dan pembersihan rutin di dokter gigi pun juga perlu dilakukan.

Tidak cukup hanya dengan itu saja. Ada pula cara lain yang perlu dilakukan dalam merawat gigi behel agar tidak kuning. Yuk, cari tahu selengkapnya!

Artikel Lainnya: Cara Atasi Gigi Sensitif pada Pengguna Behel

Tips Pakai Behel Tanpa Khawatir Gigi Kuning

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah perubahan warna pada gigi setelah memakai behel:

1. Sikat Gigi Secara Teratur

Menyikat gigi adalah cara paling efektif untuk mencegah gigi kuning setelah memakai behel. 

Sikatlah gigi 2 kali sehari secara teratur, dan gunakan odol mengandung fluoride. Anda pun dianjurkan untuk menyikat gigi 30 menit setelah makan guna memperkecil risiko makanan tersangkut di kawat behel.

Pastikan untuk memilih jenis sikat gigi yang didesain khusus untuk behel, ya. Dengan demikian, gigi Anda bisa bersih maksimal.

2. Bersihkan Sela-Sela Gigi

Selain menyikat, Anda pun perlu membersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss. Aktivitas ini dikenal dengan sebutan flossing.

Faktanya, flossing  cukup efektif membersihkan plak dan sisa makanan yang terjebak di area yang sulit dijangkau sikat gigi. 

Flossing dapat dilakukan setiap hari guna menghindari risiko gigi kuning setelah menggunakan kawat gigi.

3. Gunakan Obat Kumur

Bilas rongga mulut secara menyeluruh dengan air atau obat kumur mengandung fluoride setelah Anda makan atau menyikat gigi. Hal ini berguna membantu menjaga kekuatan gigi dan menghindari dekalsifikasi. 

Apa itu dekalsifikasi? dekalsifikasi adalah proses kerusakan email gigi yang diawali dengan timbulnya bercak putih, kemudian kuning atau kecokelatan. 

4. Hindari Makanan yang Manis dan Lengket

Asupan manis dan lengket, seperti permen karamel atau cokelat, serta teh maupun kopi dapat menyebabkan gigi kuning pada pengguna kawat gigi. 

Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi atau menghindari jenis asupan tersebut agar penampilan gigi bisa tetap putih sempurna. 

5. Hindari Makanan yang Bersifat Asam

Asupan yang bersifat asam, seperti santan, jeruk, soda, dan lainnya dapat mengikis lapisan pelindung gigi. 

Kondisi tersebut membuat gigi lebih rentan mengalami noda berwarna kekuningan, bahkan kecokelatan.

Artikel Lainnya: Ini Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami di Rumah

6. Hentikan Kebiasaan Merokok

Selain dapat memengaruhi kesehatan tubuh, merokok juga bisa membuat gigi menjadi kuning. 

Merokok dapat pula membuat gigi Anda lebih rentan terhadap plak. Mengisap produk tembakau tersebut juga mampu melemahkan dan menyebabkan kerusakan pada gusi serta tulang di mulut Anda. 

Penting diketahui bahwa gusi, tulang, atau gigi yang tidak sehat dapat memengaruhi hasil perawatan behel. Dengan kata lain, kebiasaan merokok saat menggunakan kawat gigi bisa membuat hasil perawatan Anda tak sesuai harapan.

7. Rajin Kontrol ke Dokter Gigi

Jangan lupa untuk menyempatkan diri kontrol ke dokter gigi. Pada saat kontrol, kawat dan karet behel biasanya akan dilepas. Hal ini memudahkan dokter untuk membersihkan gigi secara menyeluruh. 

Selain itu, karet dan kawat behel juga akan diganti agar kesehatan gigi semakin terjaga.

8. Memutihkan Gigi setelah Perawatan Behel

Anda tidak perlu khawatir jika gigi sudah telanjur berubah warna menjadi kuning setelah menggunakan kawat gigi. 

Anda dapat membicarakan masalah tersebut dengan dokter gigi yang merawat.

Dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk melakukan perawatan bleaching gigi, khususnya setelah perawatan behel selesai dilakukan.

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara mengatasi gigi kuning saat memakai behel, bukan? 

Apabila Anda menemukan masalah saat menerapkan cara merawat gigi behel agar tidak kuning, tak perlu ragu untuk konsultasi melalui fitur tanya dokter di Live Chat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Gigibehel

Konsultasi Dokter Terkait