Sukses

Pakai Behel Bisa Bikin Gigi Kuning, Ini Alasannya

Pakai behel butuh perhatian ekstra soal kebersihan pada gigi, bila diabaikan maka gigi bisa menjadi kuning. Simak kata dokter gigi di sini!

Punya gigi kuning memang meresahkan. Bagaimana tidak, gigi kuning bisa membuat seseorang jadi tidak percaya diri dan insecure bila harus bertemu banyak orang.

Salah satu hal yang disebut menjadi penyebab gigi kuning adalah pemakaian behel atau kawat gigi. Benarkah hal ini bisa terjadi?

1 dari 3 halaman

Alasan Behel Menyebabkan Gigi Kuning

Benar saja, menurut drg. Callista Argentina, pemakaian behel memang bisa menyebabkan gigi jadi kuning.

Namun, bukan berarti behelnya yang jadi penyebab gigi Anda jadi kuning, melainkan cara membersihkan gigi yang berbehelnya yang bisa jadi penyebab gigi kuning.

“Bukan salah behelnya, tapi salah cara membersihkan gigi yang menggunakan behel. Para pengguna behel dituntut untuk lebih menjaga kesehatan dan kebersihan giginya. Karena, sisa makanan lebih mudah menempel pada sela-sela kawat dan bracket behel,” ujar drg. Callista.

Plak-plak makanan yang bercampur dengan gula dan asam pada gigi juga bisa melunturkan mineral yang ada pada gigi.

Ketika kadar mineral dalam gigi sudah berkurang, akan memengaruhi perubahan warna dan membuat gigi jadi timbul bercak putih.

Jika dibiarkan dan tidak segera diatasi, maka bukan tidak mungkin secara perlahan masalah gigi akan muncul.

“Plak yang tidak dibersihkan dengan menyeluruh bisa berubah menjadi karang gigi. Karang ini yang nantinya juga bisa pengaruhi warna gigi pemakai behel. Untuk membersihkan karang gigi, pemakai behel perlu datang ke dokter gigi,” lanjut drg. Callista.

Artikel Lainnya: Makanan dan Minuman Ini Sebabkan Gigi Kuning

2 dari 3 halaman

Tips Pakai Behel Tanpa Khawatir Gigi Kuning

Apabila Anda tidak mau khawatir gigi kuning karena penggunaan behel, berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghindarinya:

1. Bersihkan Gigi dengan Cara yang Benar

Berbeda dengan teknik membersihkan gigi tanpa behel, perawatan gigi pakai behel memang lebih rumit. Sikat gigi yang digunakan pun tidak bisa sembarangan, perlu sikat gigi khusus untuk gigi berkawat.

Anda bisa sikat gigi saat pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. Tapi, bila Anda ingin menyikat gigi pada waktu-waktu tertentu misalnya setelah makan, boleh-boleh saja.

2. Gunakan Alat Dental Lainnya

Selain menyikat gigi, Anda juga bisa menggunakan alat bantu lainnya untuk membersihkan gigi seperti dental floss.

Kebiasaan flossing bisa membersihkan plak dan sisa makanan yang terjebak di sela gigi yang sulit dijangkau sikat gigi.

Jika penggunaan dental floss dilakukan tanpa menyikat gigi terlebih dahulu, maka efektivitasnya juga bisa berkurang.

Dokter gigi Callista mengingatkan, jangan sembarang membeli dental floss. Belilah di apotek atau swalayan terpercaya. Perlu dipahami, benang jahit tidak bisa menggantikan benang khusus gigi, ya.

Artikel Lainnya: Ini Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami di Rumah

3. Hindari Makanan yang Menyebabkan Gigi Kuning

“Gigi kuning bisa disebabkan karena dua faktor, yaitu faktor intrinsik (dari dalam tubuh) dan faktor ekstrinsik (faktor dari luar). Makanan dan minuman seperti kopi, teh, wine, dan kebiasaan merokok bisa membuat gigi Anda jadi kuning,” kata drg. Callista.

Karenanya, coba kurangi asupan makanan atau minuman yang memang bisa memengaruhi warna gigi.

4. Rajin Kontrol ke Dokter Gigi

Usahakan 2-3 minggu sekali untuk menyempatkan diri kontrol ke dokter gigi. Biasanya pada saat kontrol, kawat dan karet behel akan dilepas, lalu dokter bisa membersihkan gigi dengan menyeluruh. Selain itu, karet dan kawat behel juga akan diganti agar kesehatan gigi semakin terjaga.

Nah, itulah beberapa informasi terkait mencegah gigi kuning saat menggunakan behel. Untuk artikel kesehatan gigi lainnya, unduh aplikasi Klikdokter di ponsel pintar Anda.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar