Kanker

Perlu Tahu, Ini Harapan Hidup Penderita Kanker Kolon Stadium 3

Klikdokter, 03 Sep 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada yang bisa bertahan lama, ada juga yang tidak. Lalu, bagaimana sebenarnya harapan hidup bagi penderita kanker kolon stadium 3?

Perlu Tahu, Ini Harapan Hidup Penderita Kanker Kolon Stadium 3

Kanker kolon adalah kanker yang menyerang usus besar manusia. Penyebab terjadinya jenis kanker ini belum diketahui secara pasti.

Namun, ada beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kolon. Misalnya, usia lanjut, riwayat kanker kolorektal atau polip, riwayat dalam keluarga, gaya hidup sedenter, merokok, dan lainnya. 

Gejala dari kanker kolon bergantung dari stadium penyakit ini. Pada tahap awal, kanker kolon bisa tidak bergejala. 

Sementara pada stadium lanjut, kanker kolon bisa menyebabkan gejala seperti perdarahan saluran cerna dan sumbatan usus.

Lalu, jika terkena kanker kolon stadium 3 pasien dapat bertahan hidup berapa lama? Apakah kanker ini bisa benar-benar disembuhkan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Berapa Lama Harapan Hidup Pasien Kanker Kolon Stadium 3?


Waspadai 5 Gejala Kanker Kolon Ini (Sebastian-Kaulitzki/Shutterstockjpg)

Perlu diketahui, kanker kolon merupakan penyebab kematian oleh kanker nomor dua di Amerika Serikat. Dilansir New York Times, kasus kanker kolon di usia muda bahkan terus mengalami peningkatan.

Dampak kanker usus besar stadium 3 (3A, 3B, 3C) ternyata juga bisa sampai menyerang kelenjar getah bening di sekitar tumor. 

Artikel Lainnya: Awas, Kanker Kolon Kini Juga Mengincar Remaja

Terdapat istilah five years survival rate, yang artinya berapa persen orang dengan kondisi tersebut bisa bertahan dalam kurun waktu 5 tahun sejak kanker didiagnosis atau sejak terapinya dimulai. 

Pada pasien keganasan kolorektal stadium 3, five years survival rate miliknya adalah sekitar 70 persen. 

Hal tersebut tentu tergantung dari pengobatan, respons tubuh pasien terhadap pengobatan, nutrisi pasien, hingga jenis sel kankernya.

Faktor yang Mempengaruhi Harapan Hidup Pasien Kanker Kolon Stadium 3

Ilustrasi Kanker Kolon pada Remaja

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi angka harapan hidup seseorang dengan kanker kolon. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Beban Tumor 

Semakin besar beban tumor, baik dari segi ukuran dan penyebaran, maka angka harapan hidup menjadi semakin kecil.

  • Kondisi Gizi 

Gizi merupakan satu aspek yang perlu diperhatikan pada pasien dengan kanker kolon. Gizi yang baik diperlukan untuk menunjang kesehatan pasien kanker.

Artikel Lainnya: Kanker Usus Besar Bisa Disebabkan Faktor Genetik, Ini Faktanya

  • Penyakit Komorbid Lain 

Penyakit lain yang dimiliki pasien juga memengaruhi kondisi kesehatan. Pasien dengan kondisi komorbid lain yang bervariasi tentu berdampak pada harapan hidupnya. 

  • Keteraturan Pengobatan 

Keteraturan pengobatan merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Seorang pasien kanker yang mengikuti pengobatan dengan teratur, tentu memiliki persentase harapan hidup yang lebih baik.

Bila memang kondisi psikis menurun, pasien kanker bisa mendapatkan terapi pendukung dari psikolog.

Terlebih, pasien kanker biasanya memiliki rasa putus asa terkait makna dan tujuan hidupnya. Ini bisa dibangun lagi dengan terapi, agar kualitas hidupnya meningkat. Dukungan dari keluarga juga sangat diperlukan.

Ingatlah bahwa kanker kolon stadium 3 mempunyai peluang untuk sembuh asalkan pasien menjalani pengobatan dengan benar. Selain itu, peluang kesembuhan akan makin tinggi jika penyakit terdeteksi sejak dini. 

Dampak kanker usus besar cukup signifikan dalam kehidupan manusia. 

Karenanya, lakukan tindakan pencegahan sejak dini agar risiko kamu mengalami penyakit tersebut bisa lebih diminimalkan. 

Selalu #JagaSehatmu dengan menghindari makanan tinggi lemak, perbanyak makan buah-buahan, hindari rokok, dan aktif berolahraga.

Jika kamu punya pertanyaan mengenai kanker atau masalah kesehatan lainnya, jangan sungkan untuk berkonsultasi langsung kepada dokter lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

[RS]

kanker usus besar

Konsultasi Dokter Terkait