Sukses

Susu Formula untuk Pertumbuhan Anak yang Alergi

Anak alergi? Jangan khawatir, dengan pemberian susu yang tepat, anak alergi pun dapat memiliki tumbuh kembang yang optimal seperti anak-anak lainnya.

Gizi lengkap dan seimbang sangat penting untuk anak, terutama selama 1,000 hari pertama kehidupannya. Masa tersebut adalah golden period di mana tumbuh kembang  anak terjadi paling pesat. Oleh karena itu, Bunda harus benar-benar memperhatikan kebutuhan nutrisi anak.

Namun, bagaimana jika anak mengalami alergi? Alergi yang terjadi pada anak memang membuat Bunda serba salah, terutama alergi susu sapi. Pasalnya, susu mengandung berbagai nutrisi yang sangat berguna untuk tumbuh kembang anak.

Susu mengandung tinggi protein dan kalsium. Selain itu, banyak juga susu yang ditambahkan berbagai nutrisi penting, seperti AA, DHA, alfa-laktalbumin, kolin, zat besi, omega-3, fosfolipid, dan vitamin D.

Lalu, bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak alergi? Adakah susu anak alergi yang dapat diberikan agar tumbuh kembang anak tetap terjaga?

1 dari 2 halaman

Perbedaan Susu Formula Biasa dan Susu Formula Soya

Alergi susu sapi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh anak memberi respons yang berlebihan pada protein yang terkandung di dalam produk susu sapi. Pada anak yang alergi, mengonsumsi susu sapi dapat menimbulkan gejala yang berdampak pada pencernaan, kulit, hingga pernapasan.

Gejala pencernaan, antara lain diare, kembung, sakit perut, BAB berdarah, dan kolik. Gejala di kulit dapat berupa ruam merah gatal atau biduran. Sementara gejala pernapasan bisa meliputi asma, batuk, pilek, dan sesak napas.

Bunda pasti khawatir jika nutrisi anak tidak dapat terpenuhi dengan optimal, karena masalah alergi susu sapi tersebut.

Tenang, Bun. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan bahwa untuk anak yang memiliki alergi susu sapi, dapat diberikan susu formula pertumbuhan yang berbasis soya atau isolate protein kedelai.

Lalu, apakah pertumbuhan anak yang mengonsumsi susu soya dapat sama dengan anak tanpa alergi yang mengonsumsi susu sapi? Banyak penelitian telah membuktikan bahwa tumbuh kembang anak yang mengonsumsi susu soya sama baiknya dengan anak yang minum susu sapi.

Salah satu susu soya di pasaran yang bisa Bunda berikan adalah adalah susu Morinaga Soya MoriCare Triple Bifidus.

Morinaga Soya merupakan satu-satunya formula pertumbuhan dengan protein soya di Indonesia yang mengandung nutrisi sinbiotik (probiotik dan prebiotik) dengan tiga strain Bifidobacteria, yaitu Bifidobacteria longum BB536, Bifidobacteria breve M-16V, dan Bifidobacteria infantis M-63.

Tak hanya itu, Morinaga Soya mengandung 100 persen isolate protein kedelai berkualitas tinggi bebas laktosa, mengandung DHA, AA, omega-3, omega-6, fosfolipid, kolin, dan zat besi. Difortifikasi juga dengan asam amino esensial, seperti metionin dan sistin, sehingga memiliki nutrisi protein yang setara dengan susu sapi.

Setelah membaca ulasan di atas, tentunya Bunda tidak perlu khawatir lagi. Pemenuhan nutrisi anak dapat dicukupi dengan konsumsi makanan bergizi dan seimbang, yang dapat dibantu dengan pemberian susu soya. Jenis susu ini memiliki kandungan gizi yang lengkap dan tak kalah sehat dari susu sapi.

Kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda, dan tumbuh kembang optimal? Pasti bisa!

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar