Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Berkumur Minyak Kelapa

Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Berkumur Minyak Kelapa

Mouthwash dengan rasa mint memang kerap diandalkan untuk berkumur. Namun, ternyata minyak kelapa juga bermanfaat untuk kumur-kumur, simak di sini!

Sehabis sikat gigi, berkumur dengan mouthwash biasanya jadi kebiasaan agar gigi dan rongga mulut lebih bersih maksimal. Sensasi dingin yang ditinggalkan oleh mouthwash pun membuat mulut dan napas terasa lebih segar.

Cairan berkumur memang banyak yang ditambahkan kandungan herbal. Namun, ada opsi lainnya yang juga tak kalah alami untuk berkumur yaitu minyak kelapa. Jenis minyak ini juga bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut.

Menurut drg. Wiena Manggala Putri, berkumur dengan minyak kelapa cukup aman secara umum. “Manfaatnya bisa menghilangkan bakteri penyebab bau mulut dan gigi berlubang, serta mengatasi peradangan pada gusi,” ujarnya.

1 dari 4 halaman

Manfaat Berkumur dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung lauric acid yang tinggi. Kandungan inilah yang bermanfaat bagi gigi dan mulut. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan bila rutin berkumur dengan minyak kelapa.

  1. Membunuh Bakteri

Lauric acid dalam minyak kelapa bisa membasmi bakteri yang ada di mulut. Bakteri tersebut harus tuntas dibersihkan agar tidak menimbulkan bau mulut, kerusakan gigi, dan penyakit gusi.

Kandungan lauric acid tersebut cukup efektif dalam membunuh bakteri Streptococcus mutans yang bisa membuat gigi rusak.

  1. Mengurangi Plak pada Gigi

Plak yang menumpuk dapat menyebabkan penyakit gusi yaitu gingivitis. Plak ini dapat terbentuk akibat bakteri yang ada di mulut.

Menurut studi yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine, minyak kelapa dapat membantu mengurangi plak pada gigi dan melindungi dari penyakit gusi.

Sebanyak 60 partisipan yang berkumur dengan minyak kelapa dapat mengurangi plak di gigi mereka secara signifikan.

Artikel Lainnya: Inilah 10 Manfaat Minyak Kelapa yang Tak Pernah Anda Duga

  1. Mencegah Kerusakan Gigi 

Minyak kelapa dapat membantu melawan bakteri Streptococcus mutans dan Lactobacillus. Dua bakteri inilah yang biasanya menimbulkan kerusakan pada gigi.

Menurut studi Effect of oil gum massage therapy on common pathogenic oral microorganisms – A randomized controlled trial, minyak kelapa dapat mengurangi jumlah bakteri-bakteri tersebut di gigi.

Kemampuannya sama efektifnya dengan chlorhexidine, yaitu kandungan aktif yang biasa digunakan pada mouthwash.

Karena kemampuannya tersebut, kerusakan gigi dan gigi yang tanggal dapat dicegah.

2 dari 4 halaman

Cara Berkumur dengan Minyak Kelapa

Tak usah bingung, berkumur dengan minyak kelapa sama mudahnya seperti berkumur dengan mouthwash biasa. Yuk, simak tips di bawah ini!

  • Ambil 1 sdm minyak kelapa. 
  • Berkumurlah selama 15-20 menit, usahakan untuk menjangkau seluruh bagian gigi dan rongga mulut.
  • Setelah selesai, buang minyak kelapa dari mulut. Bilas dengan air bersih.
  • Jangan lupa sikat gigi Anda sesudahnya.

Menurut studi berjudul Oil pulling for maintaining oral hygiene – A review, berkumur dengan minyak kelapa bisa dilakukan pagi hari sebelum makan atau minum apa pun, dan sebelum menyikat gigi.

Dokter gigi Wiena berpesan, “Dari studi tersebut, kumur-kumur dengan minyak kelapa harus hati-hati. Jangan sampai minyak tertelan karena sudah mengandung bakteri dan racun.”

Artikel Lainnya: Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun?

3 dari 4 halaman

Anak di Bawah Usia 5 Tahun Tak Disarankan

Berkumur dengan minyak kelapa memang bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Namun, bukan berarti metode ini dapat dilakukan oleh anak-anak, khususnya yang belum berusia lima tahun ke atas.

Menurut drg. Wiena, anak-anak yang masih kecil dikhawatirkan belum bisa kumur-kumur. Risiko minyak kelapa akan tertelan mungkin bisa terjadi.

Bila anak Anda sudah cukup dewasa dan bisa berkumur, tetap perhatikan dan awasi agar tetap aman.

Meski berkumur pakai minyak kelapa banyak manfaatnya, metode ini tetap tidak bisa menggantikan penanganan medis dari dokter gigi atau dijadikan pengobatan utama untuk masalah gigi dan mulut.

“Bagaimana pun, kalau sakit gigi tetap harus diobati ke dokter gigi. Berkumur dengan minyak kelapa harus dilakukan sesuai aturan. Harus dibarengi juga dengan sikat gigi dan flossing secara teratur agar lebih maksimal,” ujar drg. Wiena

Jadi, minyak kelapa untuk berkumur hanya dimanfaatkan sebagai pendukung dalam rutinitas membersihkan gigi dan mulut, ya. Kalau mau konsultasi seputar gigi dan mulut, pakai Chat Premium di aplikasi Klikdokter dengan dokter gigi pilihan Anda.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar