Sukses

Manfaat Tomat yang Baik untuk Kesehatan Bayi

Bila bayi sudah menginjak usia delapan bulan ke atas, tak ada salahnya memberikan tomat. Yuk, ketahui manfaat tomat untuk bayi di sini!

Pemenuhan gizi bayi melalui MPASI sangatlah penting. Banyak sekali bahan makanan yang dapat diolah menjadi asupan pendamping tersebut, mulai dari buah-buahan hingga sayur-sayuran.

Sudahkah Anda memberikan tomat untuk si kecil? Nyatanya, tomat sangat bermanfaat untuk kesehatan bayi.

Menurut dr. Arina Heidyana, tomat bisa mulai Anda berikan saat bayi memasuki usia delapan bulan ke atas.

“Bila kurang dari usia tersebut, berisiko menimbulkan ruam di sekitar mulut bayi akibat kandungan asamnya, apalagi kulit bayi memang masih sensitif. Kandungan asamnya juga mungkin masih susah dicerna oleh usus bayi,” jelas dr. Arina.

Artikel Lainnya: Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk MPASI

1 dari 4 halaman

Manfaat Sehat Tomat untuk Bayi

Jangan sia-siakan kandungan nutrisi penting dalam tomat dan kenalkan superfood berwarna merah terang ini kepada sang buah hati!

1. Sumber Vitamin A

Tomat bisa menjadi salah satu sumber vitamin A yang sangat bermanfaat untuk bayi. Pasti Anda sudah tahu, kecukupan vitamin A penting untuk kesehatan mata.

2. Kaya Antioksidan

Selain vitamin A, tomat segar juga mengandung kadar antioksidan yang tinggi. Agar bayi selalu sehat, antioksidan dapat melindunginya dari radikal bebas yang dapat menyebabkan dampak buruk bagi tubuhnya.

3. Memperkuat Tulang

Vitamin K yang penting untuk kekuatan dan kesehatan tulang dapat ditemukan dalam tomat. Mengonsumsi tomat bagi bayi dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulangnya.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Imunitas tubuh jelas sangat penting untuk kesehatan bayi. Oleh karena itu, penuhi asupan gizi bayi dengan tomat dan makanan lainnya serta ASI agar ia tidak gampang terkena penyakit.

5. Mencegah Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang bisa dialami bayi, sehingga Anda perlu berhati-hati. Untuk menghindarinya, konsumsi tomat dapat membantu berkat kandungan folat di dalamnya.

Artikel Lainnya: 7 Kesalahan Menyiapkan MPASI yang Sering Tidak Disadari

2 dari 4 halaman

Bagaimana Saran Penyajian Tomat untuk Bayi?

Dokter Arina menyarankan tomat sebaiknya dibuat dalam bentuk pure dulu untuk pengenalan pertama.

“Jadi, tomat harus dihaluskan dan dimasak. Nanti seiring bertambahnya usia dan sudah bisa konsumsi makanan utuh, baru boleh diberi dalam potongan-potongan kecil,” ujarnya.

Untuk menambah rasanya, ia menyarankan bisa diberi unsalted butter, keju, ASI atau susu formula (tergantung bayi minumnya apa), bawang bombay, bawang putih, atau bubuk kayu manis yang masih cukup aman. Namun, tentunya dengan jumlah yang disesuaikan dan cocok dengan kondisi bayi.

Artikel Lainnya: Banana Bread, Camilan Sehat Bergizi untuk Bayi

3 dari 4 halaman

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memberi Tomat pada Bayi

Agar konsumsi tomat tetap aman dan bermanfaat untuk bayi, ada beberapa hal yang harus Anda ingat.

Menurut dr. Arina, yang perlu diperhatikan adalah tomat harus dimasak dan teksturnya harus disesuaikan dengan umur bayi. Porsinya juga mesti sedikit dulu.

“Lalu, jangan langsung diberi berbagai macam campuran, misalnya tomat campur buah lain. Jadi, kalau misalnya nanti timbul reaksi alergi, Anda tidak bingung bahan apa yang membuat alergi,” pesannya.

Hal yang tak kalah penting, tentu saja harus memastikan tomat dalam keadaan segar dan bersih.

Yuk, mulai ajak si kecil makan tomat biar sehat dan tumbuh kembangnya lebih optimal! Bila ingin tahu lebih lanjut seputar konsumsi tomat untuk bayi, konsultasi dengan dokter spesialis lewat Chat Premium di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar