HomeGaya hidupDiet dan NutrisiCuci Strawberry Dengan Air Garam sebelum Dimakan, Perlu Tidak?
Diet dan Nutrisi

Cuci Strawberry Dengan Air Garam sebelum Dimakan, Perlu Tidak?

dr. Theresia Rina Yunita, 03 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Agar serangga dan ulat keluar serta tidak tertelan, katanya kita harus mencuci strawberry dengan air garam. Perlu tidaknya hal itu, cek penjelasan berikut ini.

Cuci Strawberry Dengan Air Garam sebelum Dimakan, Perlu Tidak?

Bagaimana perasaan Anda saat mengetahui buah yang Anda beli ternyata mengeluarkan binatang-binatang kecil? Hal itu mungkin membuat Anda jijik. 

Lewat video-video yang beredar di internet, ketika kita mencuci strawberry dengan air garam, binatang kecil keluar dari pori-pori buah berwarna merah tersebut. Misalnya, ulat dan serangga lainnya.

Lalu, apakah setiap membeli strawberry, buah-buahan lain, serta sayur, kita wajib mencuci dan merendamnya dulu di dalam air garam? 

Daripada berlama-lama bingung, simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mencuci strawberry. 

Perlukah Mencuci Strawberry dengan Air Garam?

Hampir semua buah dan sayur sebenarnya berpotensi dihinggapi serta dimasuki oleh binatang kecil. Ini karena pohon buah, tanaman sayur, dan berbagai binatang kecil memang hidup di dalam satu ekosistem. 

Jika Anda melihat ada video orang sedang mencuci strawberry dengan air garam, lalu tak lama kemudian binatang kecil keluar dari pori-pori buah tersebut, itu adalah serangga spotted wing drosophila.

Ya, itu bukanlah anak kecoa ataupun serangga berbahaya yang perlu Anda khawatirkan secara berlebih. 

Serangga spotted wing drosophila memang menyukai buah-buahan matang dan manis. 

Artikel lainnya: Cara Mencegah Keracunan Makanan yang Harus Anda Tahu

Apabila serangga tersebut tak sengaja termakan karena Anda lupa mencucinya, itu tidak membuat Anda keracunan. Pada dasarnya, serangga ini tidak berbahaya atau tidak beracun. 

Lalu, bagaimana dengan ulat? Ya, ulat memang bisa ada di dalam strawberry. Bahkan, sebelum video strawberrini populer, video ulat dalam sayur brokoli sudah lebih dulu viral. 

Jadi, ulat memang bisa Anda temukan di berbagai buah dan sayur, apalagi jika yang Anda beli merupakan produk organik (tanpa pestisida sama sekali). 

Penggunaan garam sebenarnya bertujuan untuk membantu membersihkan pestisida, serangga, dan ulat beserta telurnya yang ada di situ. 

Karena itu, boleh-boleh saja jika Anda ingin melakukan cara mencuci strawberry dengan air garam.

Selain dengan air garam, Anda pun dapat menggunakan air mengalir ataupun sabun khusus buah dan sayur. Ada baiknya memang sebelum mengonsumsi buah dan sayur, Anda mencucinya terlebih dulu. 

Artikel lainnya: Panduan Mencuci Buah Agar Bebas Pestisida

Cara Mencuci Buah Strawberry yang Dianjurkan Dokter

Apabila Anda ingin mempraktikkan cara mencuci atau membersihkan strawberry dengan air garam, begini langkahnya: 

  • Buat campuran dengan perbandingan garam dan air 1: 1. Untuk setiap cangkir air hangat yang Anda tuang ke dalam mangkuk, tambahkan 1 sendok teh garam. 
  • Biarkan campuran mendingin dan agak larut sebelum Anda memasukkan strawberry.
  • Masukkan strawberry dan diamkan selama 5 menit. 
  • Tak usah khawatir rasanya akan berubah.  Ini karena Anda bisa membilasnya lagi dengan air mengalir untuk menghilangkan rasa asin sekaligus sisa kotoran. 
  • Keringkan strawberry dengan serbet bersih atau paper towel (tisu yang agak tebal).

Selain air garam, Anda dapat menggunakan air mengalir saja ataupun sabun khusus sabun dan buah. Buah dan sayur dapat dicuci selama 20 detik. 

Demikian penjelasan soal cara mencuci strawberry dengan air garam. Apabila Anda masih ada pertanyaan seputar topik ini, langsung saja konsultasi dengan dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[RS]

buah

Konsultasi Dokter Terkait