Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Cuci Strawberry Dengan Air Garam sebelum Dimakan, Perlu Tidak?

Cuci Strawberry Dengan Air Garam sebelum Dimakan, Perlu Tidak?

Agar serangga dan ulat keluar dan tak tertelan, katanya, kita harus mencuci strawberry dengan air garam. Perlu tidaknya hal itu, cek pendapat dokter berikut ini.

Bagaimana perasaan Anda saat mengetahui buah yang Anda beli ternyata mengeluarkan binatang-binatang kecil? Hal itu mungkin membuat Anda jijik. 

Lewat video-video yang beredar di internet, ketika kita mencuci strawberry dengan air garam, binatang kecil keluar dari pori-pori buah berwarna merah tersebut! Misalnya, ulat dan serangga lainnya.

Lantas, apakah setiap membeli stroberi, buah-buahan, serta sayur lainnya, kita wajib mencuci dan merendamnya dulu di dalam air garam? Daripada berlama-lama bingung, simak penjelasan dokter di bawah ini. 

1 dari 5 halaman

Kok, Bisa Ada Binatang Kecil Keluar dari Buah Strawberry?

Sebelum menjawab pertanyaan soal perlu tidaknya buah direndam air garam, sebaiknya Anda pahami dulu penjelasan berikut ini.

Hampir semua buah dan sayur sebenarnya berpotensi dihinggapi serta dimasuki oleh binatang kecil. Ini karena pohon buah, tanaman sayur, dan berbagai binatang kecil memang hidup di dalam satu ekosistem. 

Jika Anda melihat ada video orang sedang mencuci stroberi dengan air garam, lalu tak lama kemudian binatang kecil keluar dari pori-pori buah tersebut, itu adalah hewan spotted wing drosophila.

Ya, itu bukanlah anak kecoa ataupun serangga berbahaya yang perlu Anda khawatirkan secara berlebih. 

Serangga spotted wing drosophila memang menyukai buah-buahan matang dan manis. Apabila serangga tersebut tak sengaja termakan karena Anda lupa mencucinya, itu tidak membuat Anda keracunan. Pada dasarnya, serangga ini tidak berbahaya atau tidak beracun. 

Lalu, bagaimana dengan ulat? Ya, ulat pun ternyata memang bisa di dalam stroberi. Bahkan, sebelum video strawberry ini populer, video ulat dalam sayur brokoli sudah lebih dulu viral. 

Jadi, ulat memang bisa Anda temukan di berbagai buah dan sayur, apalagi jika yang Anda beli merupakan produk organik (tanpa pestisida sama sekali). 

Artikel Lainnya: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Stroberi

2 dari 5 halaman

Perlukah Mencuci Strawberry dengan Air Garam?

Menanggapi pertanyaan di atas, begini penjelasan dr. Devia Irine Putri. “Sebenarnya, kalau kita mau makan langsung buah apa saja, termasuk strawberry, kita harus tetap mencucinya dengan air mengalir setidaknya selama 20 detik. Selain air mengalir, kita juga bisa mencucinya dengan sabun khusus buah dan sayur,” jelasnya.

Kalau Anda mau, stroberi direndam dalam air garam juga boleh dilakukan. Dokter Devia menambahkan, “Penggunaan garam sebenarnya tujuannya sama saja untuk membantu membersihkan pestisida, serangga, dan ulat beserta telurnya yang ada di situ. Jadi boleh-boleh saja dilakukan.”

Di sisi lain, kita kerap membeli buah stroberi beku (frozen strawberry) untuk dibuat jus. Buah seperti itu tak mungkin kita cuci karena bisa menurunkan kualitas buah. 

Lalu, bagaimana saran dokter agar kita tidak menelan hewan kecil yang terperangkap di dalam buah tersebut? 

“Kalau frozen strawberry yang dijual itu sebenarnya tidak perlu dicuci lagi. Sebab, biasanya, dia sudah di-pack dari pabrik, ya. Jadi, pasti sudah dicuci sebelum di-packing dan cara membersihkan stroberi dengan air garam tidak perlu dilakukan,” dr. Devia menenangkan. 

Artikel Lainnya: Stroberi, Si Merah Pencegah Diabetes

3 dari 5 halaman

Direndam dalam Air Garam tapi Tidak Keluar Binatang, Apa Artinya?

Jika sudah mencuci strawberry dengan air garam, sudah didiamkan selama beberapa menit, tetapi tidak keluar binatang kecil apa pun, jangan bingung! Kondisi seperti itu memang bisa terjadi. 

Ada dua penyebabnya. Kemungkinan pertama, stroberi Anda memang sudah bersih dan terbebas dari binatang-binatang kecil, seperti ulat dan spotted wing drosophila. Sedangkan kemungkinan kedua menurut dr. Devia, bisa jadi masih ada sisa pestisida yang menempel. 

“Pestisida berfungsi untuk membunuh hama. Jadi, kalau pas kita cuci atau rendam dalam air garam lalu tidak keluar ulat dan serangganya, ada kemungkinan masih ada pestisida dalam buah Anda,” tuturnya. 

Artikel Lainnya: Perlukah Buah dan Sayur Dicuci dengan Sabun?

4 dari 5 halaman

Cara Mencuci Strawberry yang Disarankan Dokter

Seperti yang sudah sempat disinggung di atas, dr. Devia menyarankan kita untuk mencucinya dengan air mengalir setidaknya selama 20 detik. Anda juga bisa menggunakan sabun khusus buah dan sayur. 

Jika ingin mempraktikkan cara membersihkan strawberry dengan air garam, maka begini caranya:

  • Buat campuran dengan perbandingan garam dan air 1: 1. Untuk setiap cangkir air hangat yang Anda tuang ke dalam mangkuk, tambahkan 1 sendok teh garam. 
  • Biarkan campuran mendingin dan agak larut sebelum Anda memasukkan stroberi.
  • Masukkan strawberry dan diamkan selama 5 menit. 
  • Tak usah khawatir rasanya akan berubah.  Ini karena Anda bisa membilasnya lagi dengan air mengalir untuk menghilangkan rasa asin dan menghilangkan sisa kotoran. 
  • Keringkan stroberi dengan serbet bersih atau paper towel (tisu yang agak tebal).

Itu dia penjelasan soal fakta mencuci strawberry dengan air garam. Apabila Anda masih ada pertanyaan seputar cara mencuci, menyimpan, dan mengolah makanan yang tepat dan lebih sehat, langsung saja konsultasi dengan dokter kami lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar