Sukses

Mata Suka Buram Sebelah, Apa yang Salah?

Bukan karena mata minus atau silinder, mata buram sebelah bisa disebabkan karena beberapa gangguan kesehatan berikut ini.

Penglihatan yang buram identik dengan kondisi mata minus atau silinder. Padahal, mata buram tidak selamanya menandakan mata Anda mengalami gangguan tersebut.

Terlebih, jika mata Anda hanya buram sebelah dan frekuensi terjadinya cukup sering. Kondisi mata buram sebelah bisa juga disebut dengan Central Serous Chorioretinopathy (CSCR).

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Mata Buram Sebelah

Tidak melulu terjadi akibat dari CSCR, tapi CSCR memang jadi penyebab umum mata Anda mengalami buram sebelah.

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan CSCR adalah gangguan penglihatan akibat adanya kebocoran cairan pada lapisan jaringan bawah retina mata (koroid).

Ketika terjadi kebocoran pada jaringan koroid, maka cairan akan menumpuk pada lapisan retina dan menyebabkan mata jadi lebih buram dari biasanya.

Jika mengalami CSCR, maka ada beberapa gejala yang mungkin Anda rasakan, antara lain seperti:

  • Pandangan kabur ketika melihat garis lurus. Dengan kata lain, garis lurus akan terlihat lebih bengkok dari biasanya.
  • Benda di sekeliling Anda jadi terlihat lebih jauh dari jarak yang sebenarnya.
  • Barang di sekeliling Anda juga jadi terlihat lebih kecil ketimbang ukuran yang sebenarnya.
  • Benda apapun yang berwarna putih jadi terlihat lebih kuning atau putih pudar.

Selain CSCR, adapun beberapa gangguan kesehatan lainnya yang buat pandangan Anda jadi buram sebelah. Dijelaskan oleh dr. Devia, berikut beberapa penyebabnya:

1. Katarak

Katarak merupakan kondisi terjadinya pengeruhan pada organ mata, yaitu lensa mata. Tidak hanya buat mata jadi buram, tapi katarak juga bisa menyebabkan kebutaan pada penderitanya.

Katarak sendiri lebih sering menyerang orang tua ketimbang dewasa muda. Selain itu, katarak juga dipengaruhi oleh gangguan-gangguan kesehatan lainnya seperti diabetes, hipokalsemia, steroid, dan sebagainya.

Artikel Lainnya: 12 Penyebab Penglihatan Buram Ini akan Mengejutkan Anda!

2. Peradangan Saraf Mata (Neuritis Optik)

Selain katarak, neuritis optik atau peradangan saraf mata juga jadi alasan lain mengapa mata buram sebelah.

Neuritis optik adalah kondisi peradangan pada saraf mata yang berfungsi untuk mengirim informasi dari mata ke otak.

Belum diketahui pasti apa penyebab neuritis optik, tapi kondisi ini dipercaya dipengaruhi oleh lemahnya sistem imun tubuh, sehingga ada saja virus yang menyerang saraf bagian mata.

3. Retinitis (Infeksi pada Mata)

Retinitis merupakan kumpulan penyakit yang menyerang retina mata hingga menimbulkan infeksi. Tidak main-main, infeksi yang ditimbulkan bisa buat seseorang jadi buta jika tidak diobati dengan benar.

4. Degenerasi Makula

Penyebab terakhir yang buat mata jadi rabun sebelah adalah degenerasi makula. Ini adalah kondisi yang umum dialami oleh lansia.

Degenerasi makula sendiri merupakan gangguan penglihatan pada orang tua, dan belum diketahui pasti apa penyebabnya. Namun, faktor genetik, riwayat kesehatan, dan pola hidup disebut jadi penyebab degenerasi makula.

Artikel Lainnya: Penglihatan Kabur saat Hamil, Kenali 5 Penyebabnya

2 dari 3 halaman

Bagaimana Mencegah dan Mengobatinya mata buram sebelah?

Menurut dr. Devia, penanganan mata buram sebelah harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya.

Misalnya, jika mata buram disebabkan karena neuritis optik, maka cara pengobatannya adalah dengan menyuntikan obat kortikosteroid lewat pembuluh darah vena.

“Kesimpulannya, mata buram harus diobati sesuai dengan penyebabnya. Kalau memang disebabkan karena mata katarak, maka harus segera dioperasi. Tapi, apabila terjadi karena kondisi lainnya, berarti harus disesuaikan dengan penyebabnya,” ujar dr. Devia.

“Untuk mencegah mata buram, Anda bisa menggunakan kacamata hitam saat pergi ke luar rumah, makan makanan yang mengandung vitamin A tinggi, hindari membaca di tempat yang gelap, batasi melihat layar handphone atau laptop. Gunakan kacamata jika mata Anda mengalami minus atau silinder dan kompres mata dengan air hangat,” tambahnya.

Jika Anda sering mengalami mata buram sebelah, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Semakin cepat Anda memeriksa ke dokter, semakin cepat juga pengobatan yang didapatkan.

Agar lebih praktis, Anda bisa ajukan pertanyaan secara online lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar