Sukses

Variasi Bentuk Vagina yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Setiap wanita ternyata memiliki bentuk vagina yang berbeda-beda. Ada yang punya bentuk Miss V seperti jengger ayam, ada juga bentuk lainnya. Yuk, kenali bedanya!

Setiap wanita terlahir dengan kondisi yang unik. Bahkan, untuk anak kembar sekalipun, kondisi mereka tidak akan sepenuhnya sama. Tak hanya dari kondisi wajah dan postur tubuh, tapi juga bentuk vagina.

Ya, setiap wanita memiliki bentuk vagina yang bervariasi, baik dari segi ukuran, warna, bahkan aroma.

Bentuk vagina yang dimaksud di sini adalah labia mayora (bibir vagina luar) dan labia minora (bibir vagina dalam).

1 dari 3 halaman

Mengenal Perbedaan Labia pada Vagina Wanita

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, setiap wanita memang memiliki bentuk dan ukuran labia yang berbeda-beda. Ada wanita dengan labia mayora dan minora sama panjang, ada juga labia minora pendek atau menggantung, tebal, bahkan tipis.

“Variasi labia pada wanita bisa dibilang sangat banyak. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh ras dan genetik, usia, hormon, dan aktivitas lainnya,” kata dr. Astrid.

Agar tidak salah kaprah, di bawah ini adalah perbedaan vagina pada setiap wanita yang mesti Anda ketahui lebih detail.

1. Bibir Vagina Tidak Simetris

Terdapat beberapa wanita yang memiliki bentuk bibir vagina tidak simetris. Dalam kondisi ini, salah satu bibir vagina bagian dalam bisa saja berukuran lebih panjang, berbentuk lebih tebal, atau lebih besar dari yang lainnya.

2. Bibir Vagina Dalam Menonjol

Kondisi bibir vagina dalam yang sedikit menonjol keluar tergolong sering ditemukan.

Dalam kondisi ini, bibir vagina bagian dalam akan terlihat lebih mendominasi karena memiliki ukuran yang lebih panjang daripada bibir vagina bagian luar.

3. Bibir Vagina Luar Melengkung

Beberapa wanita mungkin saja memiliki bentuk bibir vagina seperti tapal kuda terbalik. Kondisi ini memungkinkan bibir vagina bagian dalam memiliki bentuk yang sedikit terbuka.

4. Bibir Vagina Dalam Menjuntai

Bibir vagina dalam bisa berukuran sangat panjang, sehingga tampak menjuntai keluar. Dalam kondisi ini, bibir vagina bagian dalam mungkin saja akan menggantung dan bergesekan dengan celana dalam Anda.

Artikel Lainnya: Bentuk Vagina Bisa Dilihat dari Bentuk Bibir?

5. Bibir Vagina Luar Menonjol 

Wanita dengan kondisi ini akan memiliki bentuk bibir vagina bagian luar yang menonjol dan tampak agak mengerucut ke bawah. Bentuknya bisa tebal dan tampak tembam, tipis dan sedikit longgar, atau kombinasi keduanya.

6. Bibir Vagina Luar Lebih Panjang

Bentuk bibir luar vagina bisa saja menonjol, berukuran lebih besar, tampak tipis dan kendur. Pada bentuk miss V yang seperti ini, bibir vagina bagian dalam mungkin akan tampak sedikit terbuka.

7. Bibir Vagina Luar Berukuran Kecil

Wanita dengan bentuk miss V seperti ini akan memiliki bibir vagina bagian dalam yang datar dan tampak melekat di tulang pubis.

Karena memiliki bentuk luar yang kecil, bibir vagina bagian dalam akan tampak seperti “mengintip” alias terlihat dari luar.

8. Bibir Vagina Dalam Lebih Terbuka

Bentuk vagina yang seperti ini biasanya memiliki bibir berukuran sama. Hanya saja, bibir vagina bagian dalam tampak sedikit lebih terbuka dan tidak terlihat jelas lantaran bersembunyi di balik bibir vagina bagian luar.

9. Bibir Vagina Luar Tampak Menutup

Sebagian wanita memiliki bibir vagina luar yang menutupi bagian dalam sepenuhnya. Beberapa orang mungkin akan berpikir bahwa ini adalah kondisi vagina idaman, karena tampak lebih sempit.

Hal tersebut sebenarnya hanya mitos. Malahan, bentuk bibir vagina luar yang tampak menutup tergolong jarang ditemukan.

Artikel Lainnya: Keperawanan Bisa Dilihat dari Bentuk Tubuh? Ini Faktanya!

2 dari 3 halaman

Mengenal Ciri-ciri Vagina yang Tidak Normal

Berdasarkan penuturan dr. Devia Irine Putri, bentuk vagina dengan kondisi bibir (labia) yang berbeda-beda merupakan kondisi yang normal.

Dengan kata lain, apabila kondisi bentuk vagina sesuai dengan ciri-ciri di atas, Anda tidak perlu khawatir berlebihan.

“Bentuk vagina baru dikatakan tidak normal apabila terdapat benjolan, bengkak, kemerahan, luka, dan disertai keluhan lainnya. Misalnya, keputihan abnormal, nyeri saat berhubungan seks atau buang air kecil terasa panas di vagina, dan demam,” ungkap dr. Devia.

“Kondisi vagina yang tidak normal biasanya disebabkan oleh adanya kista, penyakit menular seksual, keganasan (kanker), dan tidak menjaga kebersihan alat genital dengan baik,” sambungnya.

Lebih lanjut, dr. Devia juga menyarankan agar Anda lebih waspada, khususnya jika mendapati adanya gerombolan daging yang membentuk seperti jengger ayam di vagina.

Bentuk miss V seperti jengger ayam dapat menjadi tanda dari adanya penyakit menular seksual.

Jika menemukan adanya kondisi-kondisi yang tidak normal di vagina, jangan tunda untuk segera berobat ke dokter. Semakin cepat diobati, semakin besar pula kemungkinan untuk sembuh dan kembali normal.

Curiga punya bentuk miss V seperti jengger ayam atau Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai bentuk vagina normal menurut medis?

Konsultasikan hal tersebut pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar