Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Selain Bercinta, Ini Cara Menambah Keintiman dengan Pasangan

Selain Bercinta, Ini Cara Menambah Keintiman dengan Pasangan

Ada hal-hal sederhana yang bisa meningkatkan keintiman pasangan selain berhubungan seksual. Apa saja itu? Simak informasinya di sini.

Bagi pasangan, berhubungan seksual bukan sekadar aktivitas untuk menyalurkan hawa nafsu semata. Berhubungan seksual sejatinya dapat meningkatkan keintiman dan ikatan batin satu sama lain. 

Sayangnya, hubungan seks tak selalu dapat dilakukan. Sedang haid, baru melahirkan, atau bahkan memiliki kondisi kesehatan seperti disfungsi ereksi, kadang bisa menghambat aktivitas yang dapat meningkatkan hormon oksitosin ini. 

Namun tak usah khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pasangan supaya tetap mesra, sayang, dan jatuh cinta setiap hari tanpa harus berhubungan seks. Mau tahu caranya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa, Sih, yang Dimaksud dengan Keintiman?

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog menjelaskan keintiman bukanlah sesuatu yang ditimbulkan karena berhubungan seks atau penetrasi alat kelamin saja. 

Keintiman adalah tentang kedekatan, kebersamaan, tentang menciptakan serta memelihara hubungan asmara.  

“Intimasi itu suatu perasaan akan kedekatan, saling terhubung dan punya ikatan antara pasangan. Pada dasarnya, pengalaman yang terjadi pada pasangan menimbulkan kehangatan dalam hubungan mereka. Jadi, keintiman itu bukan hanya dapat dari seks saja. Namun, bisa dengan melakukan kegiatan bersama, saling share cerita atau feeling mereka,” ujar Ikhsan. 

1 dari 2 halaman

Cara untuk Meningkatkan Keintiman dengan Pasangan

Keintiman merupakan hal penting dalam hubungan asmara yang harmonis. Agar bahagia, langgeng, dan selalu rindu satu sama lain, berikut cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keintiman dengan pasangan. 

1. Saling Menyentuh Satu Sama Lain 

 

Biasanya, sentuh menyentuh sering diartikan sebagai bagian dari foreplay yang mengarah ke hubungan intim. Namun, tidak semua sentuhan itu artinya mengarah ke hubungan seksual, ya

Menyentuh dengan cara berciuman, berpelukan, membelai wajah, atau cuddle sebelum tidur, nyatanya bisa meningkatkan perasaan sayang dan keintiman berdua. 

Lalu, sentuhan yang terjadi dengan tulus dan sering, seperti saling memijat sehabis pulang kerja. Kegiatan bisa membawa Anda mengeksplorasi tubuh pasangan lebih dekat. 

Nantinya, sentuhan ini akan menimbulkan rasa bahagia dan Anda jadi tahu bagian tubuh yang disukai pasangan untuk disentuh dan mana yang tidak. 

Dengan begini, Anda semakin tahu bagaimana harus memuaskan pasangan saat berhubungan seksual nanti. 

Artikel Lainnya: Kenali Tanda-Tanda Anda Terjebak dalam Hubungan Toksik

2. Berpegangan Tangan

Berpegangan tangan itu tidak hanya untuk dilakukan di awal-awal kencan saja, lho. Kebiasaan ini juga dapat menjadi cara untuk menjaga kedekatan dan keintiman antar pasangan yang sudah berhubungan lama sekali pun.  

Menurut sebuah penelitian di DePauw University di Indiana, Amerika Serikat, berpegangan tangan bermanfaat untuk menurunkan hormon kortisol yang berkaitan dengan stres. 

Selain menenangkan dan mengurangi stres, sentuhan sayang ini juga meningkatkan pelepasan hormon oksitosin dan menguatkan rasa percaya antar pasangan. 

Fakta studi dari Journal of Behavioral Medicine pun mengatakan di samping terhindar dari stres, saling berpegangan tangan dengan pasangan dapat menurunkan tekanan darah. 

Tekanan darah yang normal ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Jadi, tidak hanya kesehatan mental saja yang terjaga, berpegangan tangan pun bikin fisik seseorang jadi lebih sehat!

3. Eksplor Hal Baru 

Kalau sehari-harinya hanya bangun, pergi kerja, pulang, ngobrol seadanya, lalu pergi tidur, hidup dengan pasangan tak dimungkiri akan membosankan.

Untuk memicu lagi percikan api asmara yang dulu pernah membara, mengapa tidak mencoba hal-hal baru? 

Melakukan hal baru, seperti ikut kelas memasak, melukis, atau berolahraga bersama, dapat membawa Anda dan pasangan menemukan sesuatu yang menyenangkan. 

“Ketika kita mencoba hal baru bersama pasangan, di situ ada pengalaman baru dan juga ada waktu bersama yang dihabiskan. Dengan pengalaman baru, ini bisa menjadikan pasangan memiliki momen-momen yang dapat dikenang,” jelas Ikhsan. 

“Saat melakukan sesuatu bersama orang yang kita sayang, itu bisa mengaktifkan hormon yang membuat kita merasa senang. Makanya, diusahakan punya quality time bareng, meski pun nggak sering tapi kalau bisa sekali-kali ada dan memang fokus untuk pasangan,” kata Ikhsan menambahi. 

Artikel Lainnya: 5 Kesalahan Kecil yang Sering Dilakukan dalam Hubungan Seks

4. Sharing dan Ngobrol Setiap Hari

Diam-diaman dengan pasangan (bukan karena bertengkar), bisa menjadi tanda bahwa Anda berdua tidak punya apa-apa lagi untuk diceritakan. Jika sering terjadi hal demikian, sebaiknya dihindari. 

Saling share cerita apa pun ke pasangan, menurut Ikhsan, menambah rasa percaya dan menandakan Anda berdua saling ada menyemangati.

“Ketika saling share atau terbuka dengan pasangan, kita bisa meningkatkan intimasi antara keduanya. Saling share juga menandakan kita selalu ada untuknya. Pasangan merasa nyaman dan tenang ketika didengarkan,” jelasnya.

Sebaiknya, tidak hanya sekedar sharing seperti melaporkan kegiatan sehari-hari. Sharing yang dilakukan sambil makan bersama atau menonton film terus tertawa. Kebiasaan itu juga bisa meningkatkan keintiman, menurut Ikhsan. 

“Ada penelitian yang mengatakan ketika saling sharing, kan, ada kontak mata. Kontak mata yang berlangsung itu bisa memfasilitasi rasa intim pada pasangan Ini karena jadi fokus satu sama lain” jelas Ikhsan. 

Usahakan tak hanya cerita tentang kejadian sehari-hari. Ngobrol tentang pikiran dan impian masa depan, atau mengatakan bahagianya Anda hidup dengan pasangan pun dapat meningkatkan intimasi berdua. 

Untuk tahu hal apa lagi yang bisa meningkatkan keintiman serta kualitas hubungan asmara Anda, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter. Mau konsultasi online dengan psikolog? Ajukan pertanyaan langsung di fitur LiveChat 24 jam!

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar