Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tips Mudah Hidup Sehat untuk Anak Kost yang Jauh dari Orang Tua

Tips Mudah Hidup Sehat untuk Anak Kost yang Jauh dari Orang Tua

Hidup mandiri dan jauh dari orang tua bukan berarti kesehatan jadi terbengkalai, ketahui tips hidup sehat untuk anak kost yang gampang di sini!

Senang dan susah dalam hidup mandiri pasti sudah dirasakan bagi Anda yang jauh dari keluarga dan tinggal di kost, khususnya saat pandemi COVID-19 seperti sekarang. Rasanya sepi sekali. Apalagi kalau sedang sakit, pasti jadi kangen orang rumah!

Karena kesibukan dan mengurus segala sesuatunya sendiri, kesehatan tubuh terkadang dilupakan. Lantas, bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat tapi tidak ribet? Anak kost, yuk, simak tipsnya!

1 dari 3 halaman

Tips Hidup Sehat yang Mudah untuk Anak Kost

Dengan cara-cara yang mudah, anak kost tetap bisa, kok, hidup sehat walaupun sendirian. Kuatkan niat dan coba hal-hal berikut ini:

  1. Sediakan P3K dan Obat-Obatan Pribadi

Sebagai persiapan awal, kotak P3K harus ada di kamar kost Anda. Lengkapi juga dengan obat-obatan pribadi yang mungkin belum tentu tersedia di apotek dekat area kost.

Menurut dr. Atika, menyiapkan obat sejak awal sangat penting. Ketika terjadi gejala penyakit atau luka ringan, obat bisa langsung dikonsumsi saat dibutuhkan dengan segera. 

“Apalagi kalau nge-kost, biasanya tinggal sendirian dan sulit mencari orang untuk membelikan obat saat mendadak,” ujarnya. Mempersiapkan obat juga akan menghemat waktu dan tenaga.

  1. Jangan Lupakan Olahraga

Stop jadi anak kost mager yang suka rebahan terus! Sudah banyak video tutorial olahraga di YouTube yang mudah untuk dipraktikkan. Aktivitasnya juga bisa dilakukan di dalam kamar atau di halaman kost. 

Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan Anda. Jangan memaksakan melakukan yang berat atau belum familiar dengan gerakannya untuk menghindari risiko cedera.

Artikel Lainnya: Anak Kos Rentan Kena Tifus, Baca Ini untuk Mencegahnya

  1. Utamakan Makanan Sehat

Bagi anak kost, rasanya sulit untuk benar-benar menghindari makanan cepat saji misalnya mi instan. 

Namun, jangan sampai kebanyakan karena nantinya akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Usahakan untuk selalu pilih makanan yang bergizi dan bersih sehingga tidak mudah sakit.

Dokter Atika mengatakan, “Siapkan stok bahan makanan yang mudah dimasak, misalnya ikan, telur, dan sayuran hijau segar atau sayuran beku. Selain itu, masak olahan sumber protein (daging sapi atau ayam) dalam jumlah banyak. Kemudian, sebagian dibekukan untuk sewaktu-waktu dihangatkan kembali.” 

“Kalau tidak punya waktu banyak untuk memasak, jangan jadikan mi instan sebagai 'jalan keluar'. Lebih baik cari warung makan di sekitar kost untuk membeli nasi, lauk pauk, dan sayur. Jangan lupa perhatikan kebersihan lingkungan warung makan untuk menghindari risiko penyakit infeksi lewat makanan,” tambahnya.

  1. Tidur yang Cukup

Rasanya memang menyenangkan ketika menonton film atau serial TV favorit hingga larut malam. Kalau kebiasaan ini terus dilakukan, tubuh akan kekurangan waktu istirahat. Jadinya mudah lemas dan imun tubuh bisa menurun.

Bukan hanya jumlah waktu tidurnya, tapi kualitasnya juga harus diperhatikan. Bila Anda tidur delapan jam sehari tapi tidak nyenyak, tubuh tetap saja jadi kurang fit.

Artikel Lainnya: Tinggal Sendirian Tingkatkan Risiko Gangguan Mental?

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Memenuhi kebutuhan air putih harian juga merupakan salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Lebih baik, batasi atau kurangi konsumsi minuman manis seperti soda, bubble tea, dan lain-lain.

  1. Simpan Nomor-Nomor Darurat

Anda harus menyimpan berbagai nomor penting semisal ada keadaan darurat. Contohnya nomor anggota keluarga, fasilitas klinik atau rumah sakit terdekat, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda tidak terlalu panik dalam menghadapi situasi tertentu.

“Sebaiknya cari satu orang teman yang dipercaya yang tinggal berdekatan untuk jadi emergency contact Anda. Misalnya, saat terjadi sesuatu pada Anda, bisa meminta tolong padanya. Sebaliknya, saat keluarga tidak bisa menghubungi, teman ini bisa diandalkan. Sebelumnya, minta izin dulu kepada teman untuk membagi kontaknya kepada keluarga Anda,” tutur dr. Atika.

  1. Buatlah Jadwal Rutinitas

Demi bisa terus menjaga kesehatan, dr. Atika menyarankan untuk membuat jadwal harian. Masukkan jadwal untuk makan, berolahraga, minum obat atau suplemen bila ada, dan istirahat.

Dengan memiliki jadwal seperti itu, Anda akan terbiasa dan mempermudah untuk lebih konsisten dalam menjalani pola hidup sehat selama di kost.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Bila Merasa Stres dan Homesick?

Dokter Atika menyarankan, salah satu cara untuk mengurangi stres dan homesick bisa dengan menghubungi keluarga lewat video call, lalu bertukar kabar terkini. 

“Kalau Anda tipe yang justru semakin sedih bila ingat keluarga, coba sibukkan diri dengan aktivitas menyenangkan, misalnya melakukan hobi atau berolahraga biar tubuh makin sehat,” ujarnya.

Bila memiliki teman di kost, ajak mengobrol dan saling bertukar cerita, namun tetap memerhatikan protokol kesehatan, ya. Dokter Atika mengatakan, mencurahkan perasaan akan membuat diri lebih lega. 

Gampang, kan, untuk menjaga kesehatan tubuh walau mandiri jadi anak kost? Konsultasi ke dokter bisa dilakukan dengan praktis lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar