Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ragam Asupan Peluntur Lemak Setelah Banyak Makan Gorengan

Ragam Asupan Peluntur Lemak Setelah Banyak Makan Gorengan

Kalap saat makan gorengan? Agar lemak yang menumpuk tidak menyebabkan masalah kesehatan, coba konsumsi asupan sehat ini setelah makan gorengan.

Sesuatu yang digoreng dalam minyak panas alias gorengan memang sulit untuk ditolak. Sudah diberi predikat tidak sehat pun, orang-orang tetap saja susah meninggalkan makanan renyah dengan rasa gurih yang satu ini.

Apakah Anda termasuk salah satu yang sangat menyukai gorengan? Jika, ya, Anda mesti punya siasat agar makanan kesukaan tidak malah menyebabkan gangguan kesehatan di kemudian hari.

1 dari 3 halaman

Konsumsi Ini setelah Makan Banyak Gorengan

Telanjur kalap makan banyak goreng dan tak mau lemak di dalamnya memberi efek buruk buat tubuh? Di bawah ini adalah beberapa asupan yang bisa membantu menetralkan lemak sehabis makan gorengan.

1. Teh Hijau

Jika makanan yang Anda konsumsi adalah gorengan, pasangannya jangan lagi minuman bersoda atau minuman tinggi gula lainnya. Menurut saran dr. Devia Irine Putri, lebih baik Anda minum teh hijau hangat!

“Selain kaya antioksidan, teh hijau bisa membantu meningkatkan proses pembakaran lemak,” jelasnya.

Perlu diketahui, orang Jepang juga sering mengonsumsi gorengan (tempura). Namun, karena minum teh hijau sudah jadi kebiasaan sehari-hari mereka, Jepang pun tetap menjadi salah satu negara dengan tingkat obesitas terendah di dunia.

2. Air Lemon Hangat

Minuman untuk menetralkan lemak yang kedua adalah air lemon hangat. Anda bisa memeras sari buah lemon dan mencampurnya dengan air putih hangat.

Air lemon selama ini dianggap sebagai minuman detoks, karena bisa membantu menurunkan berat badan dan membersihkan tubuh dari racun.

Bonusnya lagi, Anda juga mendapatkan asupan vitamin C sehingga tubuh tak mudah sakit.

3. Air Putih Hangat

Tak terlalu suka cita rasa teh hijau atau asamnya lemon? Tenang, minuman untuk menetralkan lemak selanjutnya adalah air putih hangat tanpa campuran apa pun.

Anda bisa mengonsumsi air hangat setelah mengonsumsi makanan yang berlemak, seperti gorengan. Air hangat dipercaya bisa membantu mengaktifkan sistem pencernaan dan memecah lemak, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Selain itu, minum banyak air hangat juga mampu mencegah dehidrasi. Ini membuat usus tidak akan menyerap air dari makanan tersebut (gorengan), sehingga risiko sembelit atau susah BAB dapat dihindari.

Artikel Lainnya: Makanan Ini Ampuh Bakar Lemak dan Turunkan Berat Badan

4. Sayur dan Buah

Kalau bicara soal makanan untuk menetralkan lemak, sayur dan buah tidak mungkin luput untuk disebut.

Kaya akan vitamin dan mineral plus kandungan seratnya yang tinggi menjadikan sayur dan buah sebagai makanan tersehat yang bisa Anda konsumsi.

Hal itu pun disetujui oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD. Menurutnya, makanan tinggi serat seperti sayur dan buah memang baik untuk kesehatan jantung dan saluran cerna.

Tak mesti salad, Anda bisa membuat tumis sayur atau sup sayur bening. Untuk buahnya, Anda bisa jadikan sebagai rujak biar bisa disantap bersama-sama.

5. Asupan Mengandung Probiotik

Sehabis makan banyak gorengan, Anda juga bisa mengonsumsi sesuatu yang mengandung probiotik, seperti yoghurt atau kimchi.

Bakteri baik dalam makanan tersebut bisa menjaga kesehatan saluran cerna, memperkuat struktur dinding mukosa usus, sekaligus menurunkan kolesterol tinggi dan berat badan.

Untuk manfaat yang lebih optimal, makanan mengandung probiotik dapat Anda konsumsi secara rutin dan teratur.

Artikel Lainnya: Makanan yang Mengandung Lemak Baik

6. Teh Jahe

Dalam Annals of New York Academy of Science, jahe bisa mencegah obesitas dan menurunkan kolesterol setelah Anda mengonsumsi makanan berlemak.

Bonusnya, jahe juga mampu mengurangi risiko aterosklerosis alias penumpukkan lemak di pembuluh darah arteri yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

 

7. Air Kelapa

Air kelapa sangat bagus untuk menjaga metabolisme tubuh, karena dapat memengaruhi kadar leptin yang merupakan hormon pengatur berat badan, metabolisme, dan reproduksi.

Ketika Anda minum air kelapa setelah makan gorengan dalam jumlah banyak, ini bisa membantu metabolisme tubuh tetap berjalan baik.

Dengan demikian, lemak tidak akan menumpuk di perut dan risiko peradangan kronis juga menjadi lebih rendah.

Artikel Lainnya: Pentingnya Lemak pada Makanan Balita Anda

2 dari 3 halaman

Lakukan Aktivitas Ini Setelah Makan Banyak Gorengan

Minuman untuk menetralkan lemak dan makanan untuk menurunkan lemak memang wajib Anda ketahui. Namun, ada satu lagi yang tak boleh dilupakan, yaitu aktivitas fisik.

Berdasarkan penuturan dr. Devia, Anda sebaiknya tidak langsung rebahan setelah makan banyak gorengan.

“Setelah makan banyak seperti itu, akan lebih baik jika Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan santai. Intinya, jangan langsung tiduran, karena hal tersebut justru bisa menimbulkan penyakit lain seperti GERD,” tutur dr. Devia.

Tidak cukup dengan itu, Anda yang telah mengonsumsi banyak gorengan juga mesti menghindari makanan berlemak di waktu makan berikutnya.

Apabila perut masih terasa penuh, tak perlu memaksakan diri untuk makan dalam porsi biasa. Istirahatkan perut sejenak, agar Anda tidak mual.

Sebisa mungkin, batasi porsi gorengan yang Anda konsumsi. Jika terlanjur makan gorengan terlalu banyak, pastikan untuk mengiringinya dengan makanan dan aktivitas sehat agar tubuh Anda terhindar dari masalah.

Bila masih ada pertanyaan terkait makan gorengan, pola makan sehat, atau masalah kesehatan lain, langsung saja konsultasi pada dokter lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar