Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Populer dalam Skincare, Ini Manfaat Niacinamide untuk Kulit

Populer dalam Skincare, Ini Manfaat Niacinamide untuk Kulit

Niacinamide adalah salah satu kandungan skincare yang populer. Sebenarnya, apa manfaat niacinamide untuk wajah? Mari simak kegunaannya di sini.

Punya masalah kulit membandel, seperti jerawat, noda hitam, atau garis halus memang mengganggu. Untuk mengatasinya, perlu produk skincare yang efektif mengatasinya. 

Dari sekian banyak kandungan dalam produk, niacinamide adalah salah satu yang populer. Sering ditemukan dalam produk serum wajah dan obat jerawat, niacinamide sering jadi andalan para wanita untuk pulih dari masalah kulit. 

Sebenarnya, apa saja manfaat kandungan ini bagi kulit? Bagi Anda penggemar produk kecantikan, pasti sudah tak asing lagi dengan manfaatnya. Namun, untuk lebih jelasnya simak rincian manfaat niacinamide berikut ini.

1. Mengurangi Kemerahan 

Niacinamide dapat berperan untuk mengurangi peradangan di kulit. Jadi, bila Anda memiliki kemerahan akibat eksim, jerawat, dan kondisi kulit lainnya, kandungan ini dapat membantu meringankan.

Artikel Lainnya: Mudah Terpengaruh Influencer, Ini Efek Terlalu Banyak Pakai Skin Care

1 dari 4 halaman

2. Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori kulit yang tampak besar terkadang cukup mengganggu, misalnya dalam mengaplikasikan makeup. 

Nah, dengan memakai produk skin care berbahan niacinamide, tampilan pori-pori dapat diperkecil. Kulit pun jadi lebih halus dan lembap.

3. Mengurangi Minyak Berlebih

Produksi minyak berlebih memang menjadi masalah klasik yang sering dikeluhkan banyak wanita. Ini karena kondisi tersebut menjadi salah satu pemicu jerawat dan wajah kusam. 

Niacinamide dapat mengendalikan kelebihan minyak di kulit dan mencegahnya untuk diproduksi secara berlebihan.

4. Melindungi dari Efek Buruk Matahari

Meski bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sinar matahari juga bisa berdampak buruk bagi kulit. Untuk itu, jangan sampai lewatkan proteksi kulit wajah setiap hari!

Selain sunscreen, produk dengan kandungan niacinamide mampu membantu kulit membangun kembali sel-sel baru yang sehat, sembari melindunginya dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

5. Mencerahkan Noda Hitam

Konsentrasi niacinamide yang sesuai dan pemakaian yang rutin dapat membantu menghilangkan noda atau bercak hitam pada wajah. Hal ini biasanya disebabkan oleh bekas jerawat atau luka.

Niacinamide bekerja mencerahkan wajah dengan cara merangsang kolagen membentuk sel-sel kulit baru. Jadi, jika ada bekas jerawat atau flek hitam, niacinamide dalam skincare bisa membantu memudarkannya.

6. Mengurangi Tampilan Garis Halus dan Kerutan

Selain memudarkan noda hitam, niacinamide bisa mengurangi dan mencegah tanda-tanda penuaan dini, contohnya garis halus dan kerutan. 

Agar wajah tak cepat tua dan berkerut, hindari paparan sinar matahari secara langsung ke wajah agar produk niacinamide bisa lebih terasa manfaatnya.

Artikel Lainnya: Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Skincare

2 dari 4 halaman

7. Mengatasi Jerawat

Bila Anda rajin menggunakan produk yang mengandung kadar niacinamide, masalah jerawat yang dialami dapat teratasi. Tentunya, pemakaian produk harus berdasarkan instruksi di kemasan atau saran dokter kulit.

8. Melembapkan Kulit

Fungsi niacinamide yang sangat populer juga yaitu mampu melembapkan kulit. Hal ini dapat terjadi karena niacinamide dapat membantu meningkatkan produksi alami kategori lipid yang disebut ceramide, yaitu pelembab alami kulit.

9. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Kesehatan dan imunitas kulit juga sangat penting untuk dijaga. Manfaat niacinamide lainnya adalah dapat menjaga kulit tetap sehat dengan cara membantu membangun keratin, sejenis protein yang menjaga kulit Anda tetap kencang dan sehat.

10. Melindungi dari Radikal Bebas

Kulit kita setiap hari terpapar dengan radikal bebas, seperti debu, asap rokok, asap kendaraan, dan sebagainya. Nah, radikal bebas ini dapat menyebabkan kerusakan pada sel kulit. Untuk mencegahnya Anda dapat mengoleskan niacinamide.

Ketika dioleskan, niacinamide dalam skincare berubah menjadi nicotinamide adenine dinucleotide (NAD), yang memiliki sifat antioksidan penangkal radikal bebas yang kuat. 

11. Menurunkan Risiko Terkena Kanker Kulit

Kegunaan niacinamide yang tak kalah penting juga yaitu menurunkan risiko kanker kulit. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal Of Medicine menunjukkan bahwa niacinamide efektif dalam mengurangi risiko terkena kanker kulit, seperti karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa sebesar 23%.

12. Membantu Mengurangi Gejala Eksim

Penelitian awal menunjukkan bahwa mengoleskan krim yang mengandung niacinamide 2 persen mengurangi kehilangan air dan meningkatkan hidrasi. Hal ini penting pada penderita eksim karena kulit kering dapat memperparah gejalanya. 

Selain itu, niacinamide juga dapat mengurangi kemerahan, kulit bersisik, dan pecah-pecah pada orang dengan eksim.

Artikel Lainnya: Daftar Bahan Skincare yang Aman untuk Dicampur

3 dari 4 halaman

13. Meningkatkan Tekstur Kulit

Anda memiliki masalah tekstur kulit yang tidak rata? Niacinamide juga dapat mengatasinya dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang tidak hanya berperan dalam mencegah penuaan dini, tapi juga dapat memperbaiki tekstur kulit Anda yang tidak rata.

14. Meremajakan Kulit Area Mata

Kulit di sekitar mata Anda sangat halus dan di sinilah biasanya tanda-tanda pertama penuaan kulit muncul. 

Niacinamide dapat membantu mengatasi masalah kulit ini dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan untuk mata yang tampak lebih muda.

15. Mengatasi Masalah Hiperpigmentasi

Niacinamide telah terbukti dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi, yaitu masalah kulit akibat produksi melanin yang berlebihan.

Dengan menggunakan produk kecantikan yang mengandung niacinamide dapat memperlambat proses perpindahan melanin pada lapisan kulit, sehingga hiperpigmentasi pun akan berkurang.

Ada cukup beragam manfaat niacinamide untuk kulit yang perlu diketahui. Untuk memperoleh manfaatnya tersebut, Anda dapat menggunakannya 1-2 kali sehari secara rutin. 

Perlu diketahui, penggunaannya juga sebaiknya tidak dicampurkan dengan produk skincare lain yang mengandung vitamin C, AHA, dan BHA. Karena, cara kerja dari masing-masing kandungan tersebut berlawanan.

Bila Anda sedang memiliki luka terbuka pada kulit, sebaiknya hindari dulu penggunaan niacinamide. Begitu juga bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan gampang alergi. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kulit kalau mau pakai niacinamide.

Untuk mengetahui lebih jauh terkait penggunaan niacinamide, konsultasikan langsung dengan dokter lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

Referensi: 

  • WebMD. Diakses 2021. Niacinamide - Uses, Side Effects, and More.
  • Verywell Health. Diakses 2021.  What Is Niacinamide?
  • MedicineNet. Diakses 2021. What Does Niacinamide Do for Skin?
  • Healthline. Diakses 2021. Everything You Should Know About Niacinamide.

0 Komentar

Belum ada komentar