Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Populer dalam SkinCare, Ini Manfaat Niacinamide untuk Kulit

Populer dalam SkinCare, Ini Manfaat Niacinamide untuk Kulit

Niacinamide sangat populer sebagai kandungan penting dalam serum wajah dan produk kecantikan lainnya. Apa manfaat niacinamide untuk keremajaan kulit?

Punya masalah kulit membandel, seperti jerawat, noda hitam, atau garis halus memang mengganggu. Untuk mengatasinya, perlu produk skincare yang efektif mengatasinya. Dari sekian banyak kandungan dalam produk, niacinamide adalah salah satu yang populer.

Sering ditemukan dalam produk serum wajah dan obat jerawat, niacinamide sering jadi andalan para wanita untuk pulih dari masalah kulit. Sebenarnya, apa saja manfaat kandungan ini bagi kulit?

1 dari 4 halaman

Manfaat Niacinamide bagi Kulit

Bagi Anda penggemar produk kecantikan, pasti sudah tak asing lagi dengan manfaatnya. Namun, untuk lebih jelasnya simak rincian manfaat niacinamide berikut ini.

  1. Mengurangi Kemerahan 

Niacinamide dapat berperan untuk mengurangi peradangan di kulit. Jadi, bila Anda memiliki kemerahan akibat eksim, jerawat, dan kondisi kulit lainnya, kandungan ini dapat membantu meringankan.

  1. Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori kulit yang tampak besar terkadang cukup mengganggu, misalnya dalam mengaplikasikan makeup

Nah, dengan memakai produk skin care berbahan niacinamide, tampilan pori-pori dapat diperkecil. Kulit pun jadi lebih halus dan lembap.

  1. Mengurangi Minyak Berlebih

Produksi minyak berlebih memang menjadi masalah klasik yang sering dikeluhkan banyak wanita. Ini karena kondisi tersebut menjadi salah satu pemicu jerawat dan wajah kusam. 

Niacinamide dapat mengendalikan kelebihan minyak di kulit dan mencegahnya untuk diproduksi secara berlebihan.

Artikel Lainnya: Tak Cocok untuk Wajah? Ubah Saja Skincare Jadi Body Care!

  1. Melindungi dari Efek Buruk Matahari

Meski bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sinar matahari juga bisa berdampak buruk bagi kulit. Untuk itu, jangan sampai lewatkan proteksi kulit wajah setiap hari!

Selain sunscreen, produk dengan kandungan niacinamide mampu membantu kulit membangun kembali sel-sel baru yang sehat, sembari melindunginya dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

  1. Mencerahkan Noda Hitam

Menurut dr. Devia Irine Putri, konsentrasi niacinamide yang sesuai dan pemakaian yang rutin dapat membantu menghilangkan noda atau bercak hitam pada wajah. Hal ini biasanya disebabkan oleh bekas jerawat atau luka.

Niacinamide bisa bantu mencerahkan wajah karena merangsang kolagen membentuk sel-sel kulit baru. Jadi, kalau ada bekas jerawat atau flek hitam, bisa membantu memudarkannya,” jelas dr. Devia.

  1. Mengurangi Tampilan Garis Halus dan Kerutan

Selain memudarkan noda hitam, niacinamide bisa mengurangi dan mencegah tanda-tanda penuaan dini, contohnya garis halus dan kerutan. 

Agar wajah tak cepat tua dan berkerut, hindari paparan sinar matahari secara langsung ke wajah agar produk niacinamide bisa lebih terasa manfaatnya.

  1. Mengatasi Jerawat

Bila Anda rajin menggunakan produk yang mengandung kadar niacinamide, masalah jerawat yang dialami dapat teratasi. Tentunya, pemakaian produk harus berdasarkan instruksi di kemasan atau saran dokter kulit.

Artikel Lainnya: Bolehkah Menggunakan Skincare yang Sama untuk Pagi dan Malam Hari?

2 dari 4 halaman

Tips Memakai Produk Niacinamide

Untuk hasil maksimal, penggunaan produk mengandung niacinamide harus sesuai. Anda bisa memilih niacinamide dalam produk serum, pembersih wajah, krim, atau masker wajah, tergantung pada kondisi kulit dan kebutuhan.

Bila menggunakan produk serum wajah niacinamide, pakai setelah toner. Lalu, bisa dilanjutkan dengan pelembap. Agar lebih paham, bacalah petunjuk penggunaan produk yang tercetak di kemasan terlebih dahulu.

Menurut dr. Devia, sebaiknya hindari memakai niacinamide berbarengan dengan produk lain misalnya produk mengandung vitamin C. Karena, malah bisa mengurangi efektivitas keduanya dan akhirnya sia-sia.

“Lalu, jangan gunakan niacinamide bersama produk eksfoliasi seperti AHA/BHA, karena keduanya berlawanan cara kerjanya. Hindari pula memakai produk lactic acid atau glycolic acid, karena malah meningkatkan pH wajah. Akibatnya, bisa muncul iritasi pada wajah,” jelasnya.

Dokter Devia merekomendasikan, gunakan niacinamide 1-2 kali sehari. Bisa digunakan sendiri atau digabung dengan skincare lain yang tidak mengandung beberapa kandungan tadi. Misalnya, pakai niacinamide saat pagi, lalu vitamin C pada malam hari.

“Untuk hasil optimal, biasanya membutuhkan waktu 8-12 minggu. Tapi, hasilnya bergantung pada kondisi kulit masing-masing orang,” tambahnya.

3 dari 4 halaman

Adakah Kondisi Kulit yang Tak Boleh Pakai Niacinamide?

Sebelum Anda membeli produk berbahan niacinamide, kenali dulu kondisi kulit. Menurut dr. Devia, bila Anda memiliki luka terbuka pada wajah, sebaiknya jangan memakai produk niacinamide agar tidak memperparah luka.

Selain itu, bila Anda memiliki kulit sensitif atau alergi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kulit kalau mau pakai niacinamide. Efek sampingnya yang paling sering muncul ialah ruam merah, rasa panas atau gatal, dan beruntusan di wajah.

Produk mengandung niacinamide banyak dijual di pasaran. Pilih produk yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Teliti sebelum membeli produk itu penting!

Jadi, jangan sedih kalau masalah kulit tak kunjung hilang, coba andalkan niacinamide agar kulit mulus dan glowing. Ingin konsultasi seputar kulit dan kecantikan dengan dokter? Pakai fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar