Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Orang Bertubuh Besar Juga Bisa Senam Lantai, Ini Tipsnya!

Orang Bertubuh Besar Juga Bisa Senam Lantai, Ini Tipsnya!

Sering kali, sulit bagi orang yang gendut untuk melakukan senam lantai. Mari ketahui tipsnya dengan baik agar bisa melakukannya dengan benar!

Biasanya, orang yang bertubuh besar cenderung kesulitan melakukan senam lantai. Tak heran bila olahraga ini tidak terlalu diminati karena kurang terasa nyaman pada tubuh saat melakukannya.

Padahal, senam lantai adalah salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak sekali manfaat. Lantas, adakah tips yang bisa dilakukan agar orang gendut bisa senam lantai dengan nyaman?

Tips Senam Lantai untuk Orang Bertubuh Gemuk

Sebenarnya, senam lantai adalah salah satu olahraga yang cukup mudah dilakukan dan persiapannya pun sederhana. Anda tidak butuh tempat yang luas, cukup di rumah saja, dan pakai matras.

Sayangnya, gerakannya agak sulit dilakukan orang gemuk. Akan tetapi, jangan khawatir karena ada beberapa tipsnya yang dapat memudahkan!

Menurut dr. Devia Irine Putri, hal pertama adalah semua harus dilakukan dengan konsisten.

Memang padai awal agak susah karena badan masih terasa kaku. Namun, apabila dilakukan rutin maka badan akan lebih lentur dan gerakan mudah dilakukan.

"Kedua, lakukan gerakan yang mudah dulu, misalnya sit up dan push up. Kalau sudah mulai menemukan ritme yang tepat dan tubuh sudah mulai terbiasa, bisa ditambahkan gerakan lainnya, misalnya sikap lilin," jelas dr. Devia.

Ketiga, Anda bisa meminta bantuan orang lain saat ingin senam lantai. Misalnya, punya instruktur pribadi, atau mengajak teman dan anggota keluarga untuk membantu memegangi Anda saat olahraga.

Tips-tips di atas perlu dilakukan dengan benar supaya memudahkan Anda dalam melakukan senam lantai. Jangan menyerah pada keadaan. Kalau niatnya baik dan mengikuti tips di atas, semoga bisa konsisten dan akhirnya membuat Anda sehat!

Artikel Lainnya: 5 Gerakan Senam Jantung Sehat di Kantor

1 dari 3 halaman

Manfaat Senam Lantai bagi Kesehatan Tubuh

Bila mengetahui manfaat-manfaat dari senam lantai, pasti membuat Anda semakin semangat dalam berlatih. Beragam keuntungan melakukan senam lantai, di antaranya:

1. Meningkatkan Fleksibilitas

Untuk memulai senam lantai, biasanya Anda membutuhkan tubuh yang fleksibel. Lalu, kalau tidak fleksibel bagaimana?

Tenang saja, pelatihan senam lantai yang rutin dilakukan akan membantu meningkatkan fleksibilitas Anda saat melakukannya.

Ini karena Anda melakukan berbagai latihan mobilitas selama latihan untuk membuat tubuh lebih lentur dan mengurangi risiko cedera secara bertahap hingga meningkatkan rentang gerakan Anda.

2. Mengembangkan Kekuatan Tubuh dan Otot

Senam lantai adalah cara yang luar biasa untuk meningkatkan kekuatan tubuh dan otot. Karena, Anda akan menggunakan latihan beban tubuh sebagai cara untuk melatih tubuh bagian atas dan bawah.

Artikel Lainnya: Mana yang Lebih Banyak Bakar Kalori, Aerobik atau Zumba?

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Olahraga secara umum melepaskan endorfin yang membuat Anda merasa bahagia. Tak hanya itu, olahraga pun bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Nah, senam lantai akan membantu Anda merasa lebih percaya diri dengan citra tubuh dan kemampuan.

Ini karena terdapat dampak positif pada tubuh secara estetika dan kebanggaan akan apa yang Anda capai.

Oleh karena itu, dorong diri Anda untuk terus melakukan gerakan-gerakan senam lantai agar lebih sehat, percaya diri, dan bahagia.

4. Mengajarkan untuk Menetapkan Tujuan

Saat berolahraga, biasanya Anda punya tujuan tertentu, entah ingin kurus atau sehat. Nah, senam lantai bisa membantu mengajarkan Anda untuk menetapkan tujuan.

Senam lantai tidak menghasilkan hasil yang instan. Kalau dilakukan dengan baik dan komitmen tinggi, ini bisa mengajarkan Anda untuk fokus pada kebugaran atau bentuk tubuh yang diinginkan.

5. Mengembangkan Keterampilan Olahraga Lainnya

Senam lantai meliputi latihan dan fleksibilitas tubuh. Artinya, keterampilan yang dipelajari dari olahraga ini bisa mudah dipraktikkan pada olahraga lain. Selain itu, tubuh pun bisa lebih kuat dan lincah dalam beraktivitas.

Artikel Lainnya: Gangguan Mental Tak Pernah Puas dengan Bentuk Tubuh

6. Membantu Mengembangkan Koordinasi

Tahukah Anda? Belajar senam bisa meningkatkan koordinasi, lho. Memiliki koordinasi yang baik tidak hanya akan membuat Anda lebih baik dalam senam. Namun, juga akan membantu meningkatkan keseimbangan saat berjalan, melompat, dan lainnya.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Senam Lantai

Ada baiknya Anda memerhatikan beberapa hal sebelum melakukan senam lantai. Soal ini, tidak ada yang berbeda antara orang gendut dan orang kurus.

Hal pertama yang harus diperhatikan menurut dr. Devia adalah sebaiknya sebelum olahraga hindari makan.

Ini karena makan bisa membuat perut tak nyaman, apalagi senam lantai biasanya melekukkan tubuh.

Jangan lupa melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga senam lantai. Sebenarnya, pemanasan penting sebelum melakukan olahraga apa pun. Tujuannya untuk menghindari cedera.

"Jangan lupa juga pakai pakaian yang nyaman. Jangan terlalu ketat karena membuat sesak dan jadi tak nyaman," pungkas dr. Devia.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, tidak ada keraguan lagi untuk mencoba senam lantai bagi Anda yang bertubuh gendut. Manfaatnya sangat baik untuk kesehatan!

Anda perlu informasi lebih seputar olahraga yang aman dan tepat? ikuti webinar KlikDokter di sini.

Tanya tips seputar olahraga yang benar kepada dokter lewat LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter, langsung lewat smartphone Anda.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar