Sukses

Jangan Makan Durian dengan Makanan Ini Bersamaan!

Terdapat beberapa makanan yang tidak boleh dimakan bersama durian. Kalau Anda tetap memaksakannya, kondisi tubuh malah jadi tak baik.

Durian merupakan salah satu buah yang punya banyak fans fanatik. Anda salah satunya? Jika ya, pastikan untuk tetap ingat membatasi porsi durian yang dikonsumsi agar tidak berlebihan.

Tidak cuma itu, durian tidak boleh dimakan dengan beberapa asupan tertentu. Karena, ternyata konsumsi durian bersamaan dengan beberapa makanan lain dapat mencetuskan gangguan kesehatan.

Jika Anda tetap melakukannya, kandungan nutrisi durian juga berisiko menjadi tidak terasa maksimal.

Berikut beberapa makanan yang tidak boleh dimakan bersama durian:

1 dari 9 halaman

1. Manggis

Durian tidak boleh dimakan dengan manggis. Makan durian dan manggis bersamaan dapat menyebabkan susah buang air besar alias sembelit.

Pasalnya, durian dan manggis mengandung selulosa, yaitu unsur yang menyerap air dan bisa membesar di usus.

Artikel Lainnya: Tak Disangka, Ini Manfaat Durian bagi Kesehatan

2 dari 9 halaman

2. Makanan Manis

Orang yang punya masalah diabetes sebenarnya mungkin masih bisa mengonsumsi durian 1-2 potong sehabis makan. Hal ini pun perlu disesuaikan dengan kondisi penderita.

Namun, jika ditambah dengan asupan manis lainnya atau makan satu buah durian sekaligus, lonjakan gula darah yang tinggi akan terjadi dan itu berbahaya. Maka dari itu, durian tidak boleh dimakan bersama makanan manis, ya.

3 dari 9 halaman

3. Seafood

Durian termasuk buah yang mengandung banyak lemak. Seafood khususnya kepiting juga termasuk makanan yang mengandung banyak lemak.

Makanan yang berlemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Ketika Anda mengonsumsi makanan berlemak sekaligus, perut bisa bermasalah.

Anda bisa merasakan mual dan rasa tak nyaman pada perut, karena proses pencernaan yang membutuhkan waktu lebih lama.

Artikel Lainnya: Durian Picu Kolesterol Tinggi, Mitos atau Fakta?

4 dari 9 halaman

4. Kopi

Buat Anda yang sedari awal sudah memiliki masalah jantung, hindari makan durian sambil minum kopi.

Durian bisa meningkatkan metabolisme dan membuat detak jantung meningkat. Nah, kandungan kafein di dalam kopi juga dapat memberikan efek serupa.

Kombinasi keduanya dapat menyebabkan akibat fatal, khususnya untuk orang-orang yang sedari awal sudah punya penyakit jantung.

5 dari 9 halaman

5. Minuman Beralkohol

Pantangan setelah makan durian berikutnya ialah minuman beralkohol. Anda tidak boleh makan durian sambil mengonsumsi minuman ini. 

Makan durian sambil minum minuman beralkohol bisa bikin perut begah, penuh gas, dan sangat perih. Ketika keduanya dimakan bersamaan, apalagi dalam jumlah banyak, gejalanya bisa sangat parah.

6 dari 9 halaman

6. Susu

Hati-hati jika Anda ingin memesan milkshake durian, terutama bila punya masalah tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Faktanya, mengonsumsi durian bersamaan dengan susu dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

Artikel Lainnya: Ibu Menyusui Mau Makan Durian, Ini Saran Dokter

7 dari 9 halaman

7. Daging Kambing

Daging kambing juga menjadi makanan yang tidak boleh dimakan setelah makan durian. 

Daging kambing termasuk punya termogenik tinggi. Saat diproses di dalam tubuh, daging tersebut dapat memunculkan sensasi panas.

Begitu pula dengan durian, buah ini juga dianggap dapat memicu sensasi panas di dalam tubuh jika dikonsumsi. 

8 dari 9 halaman

8. Minuman Bersoda

Sebisa mungkin jangan makan durian bersamaan atau setelah minum minuman bersoda. 

Kenapa? Kedua jenis asupan tersebut mengandung gas. Jika dikonsumsi bersamaan, maka akan menyebabkan kembung dan rasa tidak nyaman di perut.

Itulah deretan makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan durian. Jika terlanjur mengonsumsinya berbarengan, hal pertama yang mesti dilakukan adalah memantau reaksi yang muncul.

Beruntung jika tubuh Anda tidak memberikan reaksi negatif. Bila sudah timbul gejala tidak enak pada tubuh, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter sebelum terlambat.

Anda juga bisa meredakan perut kembung, begah, dan mual dengan teh jahe ataupun obat antasida. Hindari mengonsumsi durian untuk sementara waktu sampai kondisi benar-benar membaik.

Supaya tidak kena penyakit dan tetap dapat optimal dalam melakukan aktivitas sehari-hari, pastikan tidak konsumsi durian bersamaan dengan makanan-makanan yang telah disebutkan.

Dapatkan info kesehatan lengkap hanya di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi kepada dokter via Live Chat.

(FR)

0 Komentar

Belum ada komentar