Sukses

Tak Semua Olahraga Cocok untuk Anda, Ini Tandanya!

Cari olahraga yang tepat itu tak mudah! Olahraga yang dijalani orang lain, belum tentu pas buat Anda. Ini tanda Anda terjebak di olahraga yang salah.

Melihat orang lain tampak keren saat melakukan olahraga tertentu, bikin Anda penasaran untuk ikut mencoba. Entah itu yoga, bersepeda, angkat beban, zumba. Tidak salah memang. Namun, tak semua olahraga yang tepat buat orang lain cocok untuk Anda.

1 dari 3 halaman

Tak Cocok dengan Olahraga yang Dilakukan, Apa Tandanya?

Bagi yang belum tahu, mencari olahraga yang tepat buat diri sendiri itu susah-susah gampang. 

Butuh trial and error supaya bisa tahu, mana olahraga yang tepat dan mana olahraga yang kurang pas.

Agar tak berlama-lama terjebak di olahraga yang salah, berikut tanda-tanda bahwa Anda belum menemukan olahraga yang tepat menurut dr. Devia Irine Putri.

  1. Tidak Ada Perubahan Positif pada Tubuh

Misalnya, target Anda untuk melakukan olahraga jenis A adalah untuk menurunkan berat badan sampai angka tertentu.

Namun, setelah melakukan olahraga A selama beberapa pekan, Anda tidak juga merasakan dampak nyata dari aktivitas fisik tersebut. 

Hal itu bisa menandakan Anda tidak cocok dengan olahraga yang dilakukan. 

  1. Tidak Ada Peningkatan Detak Jantung 

Olahraga yang tepat akan membuat detak jantung Anda meningkat, tetapi tidak berlebihan, ya.

“Jika tidak ada peningkatan detak jantung, berarti olahraga yang dilakukan tidak efektif. Kalau sudah begitu, lebih baik coba olahraga yang lain,” kata dr. Devia. 

Artikel Lainnya: Lakukan Aktivitas Sehat Ini sebagai Pengganti Olahraga

  1. Selalu Mengeluh Tiap Olahraga 

Pernah dengar soal olahraga merupakan salah satu cara ampuh untuk menghilangkan stres? Ya, itu bukan isapan jempol belaka. Olahraga yang tepat akan membuat Anda happy!

“Kalau Anda mengeluh terus setiap melakukan olahraga B, misalnya, tidak happy dan tidak enjoy saat memulai atau melakukannya, itu berarti Anda belum bertemu dengan olahraga yang tepat,” tambahnya. 

  1. Bagian Tubuh Tertentu Justru Tambah Sakit

Sebagai contoh, jika Anda memiliki keluhan nyeri di sendi lutut, aktivitas fisik yang disarankan adalah jenis olahraga non-weight bearing, seperti berenang. 

“Kalau Anda memilih jenis olahraga lari, ini justru akan memperburuk kondisi lutut. Pemilihan jenis olahraga harus diperhatikan betul sesuai kondisi. Anda harus memilih olahraga yang pas dengan masalah kesehatan yang dimiliki,” tutur dr. Devia. 

  1. Super Lelah Meski Olahraga Sudah Selesai

Capek saat melakukan olahraga memang wajar, tapi sesudahnya, tubuh menjadi segar. 

Saat pemilihan olahraga Anda tidak tepat, tubuh justru akan merasa benar-benar kelelahan. Ini dirasakan meski Anda sudah menyetop aktivitas tersebut.

Meski bisa diartikan juga sebagai overtraining, tetap ada kemungkinan bahwa Anda telah memilih jenis olahraga yang salah. 

Untuk mengetes apakah ini karena overtraining atau salah pilih, coba kurangi intensitasnya dan ubah jadwal olahraga. Jika Anda tetap merasa lelah, lebih baik tinggalkan olahraga tersebut. 

Artikel Lainnya: Manfaat Olahraga Pagi dan Olahraga Malam Ternyata Berbeda, Lo!

  1. Terlalu Mudah untuk Dilakukan 

Olahraga yang tadinya sulit, sekarang mudah sekali dilakukan? Itu berarti, tubuh Anda sudah “terlalu” beradaptasi dengan olahraga yang dipilih dan sudah tak cocok lagi untuk terus dilakukan.

Jika tetap ingin melakukan jenis olahraga yang sama, setidaknya tingkatkan intensitas dan kreasinya, ya!

  1. Sering Cedera

Jessica Matthews, asisten dosen ilmu olahraga di Miramar College San Diego, Amerika Serikat, mengatakan, terlalu sering cedera menandakan bahwa Anda memilih jenis olahraga yang salah.

Cedera dapat berarti sinyal dari tubuh untuk mengatakan “Setop! Segeralah cari alternatif lain dari aktivitas ini!”

2 dari 3 halaman

Efek yang Timbul Jika Anda Salah Pilih Olahraga

Melakukan olahraga yang tidak ada hasil memang menyebalkan. Namun, salah pilih olahraga hingga Anda terluka secara fisik dan mental tentu lebih jadi persoalan. Bukan cuma fisik yang bisa sakit, mental pun bisa berpengaruh! 

Ada ikut campur rasa trauma di sini. Punya pengalaman buruk dengan jenis olahraga tertentu bisa membuat Anda trauma dengan hal-hal yang berhubungan dengan olahraga. 

Padahal, olahraga pada dasarnya baik buat kesehatan, selama jenisnya cocok dan tekniknya benar.

Selain itu, terus memaksakan jenis olahraga yang terlalu berat juga bisa meningkatkan risiko cedera. 

Awalnya tidak bermasalah, sekarang justru harus mendapat tindakan medis dari dokter dan bahkan tidak bisa digunakan seperti awal lagi. 

Itu dia tanda-tanda bahwa Anda memilih jenis olahraga yang salah. Bila Anda masih memiliki pertanyaan terkait olahraga, konsultasikan langsung dengan dokter kami lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar