Sukses

Berbagai Manfaat Air Lemon untuk Ibu Menyusui

Mitos mengatakan, air lemon bisa memengaruhi rasa ASI ibu jadi asam. Sayangnya hal itu tidak benar. Air lemon malah bermanfaat bagi ibu menyusui

Manfaat air lemon bukan hanya bisa didapat bagi orang yang sedang menjalani pola makan sehat atau ingin melakukan detoks saja. Nyatanya, ibu menyusui yang baru melahirkan juga dapat minum air lemon dan mendapatkan manfaat kesehatannya. 

Akan tetapi, apakah air lemon bisa memengaruhi rasa ASI dan kesehatan bayi? Untuk tahu fakta sehatnya, simak penjelasan dokter mengenai manfaat air lemon bagi ibu menyusui berikut ini.

1 dari 4 halaman

Apa Ibu Menyusui Boleh Mengonsumsi Air Lemon?

Ibu menyusui mungkin ragu-ragu ketika ingin mengonsumsi air buah lemon. Ini karena ada mitos yang mengatakan buah lemon bikin ASI asam. Bahkan, kabarnya bisa bikin bayi jadi sakit perut. 

Mitos tersebut tidak benar dan ditepis oleh dr. Sepriani Limbong, “Pada prinsipnya, ibu menyusui boleh saja minum air lemon. Bahkan, vitamin C dalam buah lemon membantu jaga daya tahan tubuh ibu menyusui yang relatif rentan sakit.”“Tidak ada efek spesifik air lemon terhadap bayi. Bayinya nggak akan sakit perut, mungkin fesesnya saja lebih lembek. Tapi, overall tidak ada pengaruh yang signifikan,” kata dr. Sepriani menambahkan. 

Jika khawatir minum air lemon dapat memengaruhi ASI, Anda bisa mengawasi efek samping yang terjadi pada bayi. 

Apabila setelah minum air lemon dan menyusui bayi jadi tidak nyaman atau diare, coba hentikan asupan air buah tersebut. 

Jika setelah berhenti minum air lemon kondisi bayi membaik, kemungkinan Anda harus mengganti asupan buah asam tersebut dengan yang lain. 

Sumber makanan lain, seperti sayuran hijau seperti brokoli, buah kiwi, dan stroberi juga mengandung vitamin C terbaik. 

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Payudara Sakit Saat Menyusui

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Lemon Bagi Ibu Menyusui

Air buah lemon umumnya terkenal dengan manfaat vitamin C yang mengandung zat antioksidan melimpah. Antioksidan pada buah lemon terbukti membantu melindungi sel-sel tubuh dari peradangan akibat radikal bebas. 

Tak hanya itu saja, ada beberapa manfaat air lemon lain yang bisa didapatkan ibu menyusui. Berikut daftarnya yang perlu diketahui.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Berat badan ibu menyusui yang baru melahirkan biasanya bertambah. Kondisi ini berisiko menyebabkan kadar gula dalam darah ibu jadi tinggi.  

Beberapa penelitian mengatakan konsumsi air buah lemon yang mengandung senyawa naringenin terbukti dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah. 

2. Menyehatkan Kulit Ibu dan Bayi

Minum air buah lemon dapat membuat kulit ibu menyusui terhidrasi dengan baik. Hasilnya, tekstur kulit ibu mau pun bayi terlihat lebih lembut dan sehat. 

Selain itu, zat antioksidan lemon dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, mengurangi kerusakan kulit, dan mencegah penuaan dini pada ibu menyusui. 

Artikel Lainnya: Perlukah Ibu Menyusui Minum Suplemen Penambah ASI?

3. Memperkuat Pembuluh Darah 

Ibu menyusui atau baru melahirkan umumnya mengalami masalah pembuluh darah seperti varises.  Nah, dengan kandungan zat flavonoid-nya, buah lemon dipercaya bisa mengatasi kondisi kesehatan pembuluh darah ini.

“Banyak penelitian yang mengatakan flavonoid punya efek protektif terhadap pembuluh darah, khususnya vena. Tidak terbatas varises saja sebenarnya, banyak lagi seperti atherosklerosis dan kondisi pembuluh darah lain,” kata dr. Sepriani. 

Kendati demikian, dr. Sepriani mengatakan, efek kesehatan air buah lemon untuk mengatasi atau mencegah varises masih butuh dilakukan penelitian lebih lanjut. Jika ingin mengatasi varises, ibu menyusui disarankan untuk berkonsultasi ke dokter.

4. Meningkatkan Produksi ASI 

Manfaat air lemon dipercaya bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan meningkatkan produksi ASI ibu. 

“Kandungan vitamin C dalam air lemon bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Jadi ASI-nya bisa lebih banyak, tapi dikombinasikan dengan menyusui langsung dan makan makanan sehat lainnya,” ungkap dr. Sepriani.   

Artikel Lainnya: Bolehkah Ibu Menyusui Makan Sushi?

3 dari 4 halaman

Perhatikan Hal Ini Saat Busui Mau Minum Air Lemon

Dokter Sepriani menyarankan, jika mau mendapatkan manfaat air lemon untuk ibu hamil, pilih tingkat keasaman buah yang pas. 

Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mengonsumsi air lemon. Antara lain sebagai berikut ini. 

  • Hindari mencampur air panas dengan air lemon karena dapat menghancurkan dan mengurangi total kandungan vitamin C dari minuman. Sebaiknya, campur air lemon dengan air hangat (suam-suam kuku) atau air dingin.
  • Jangan menyimpan buah lemon yang sudah dipotong ke dalam kulkas. Hal ini karena buah lemon yang terbuka dapat terkontaminasi mikroba berbahaya. 
  • Agar manfaat kesehatannya maksimal, gunakan irisan buah lemon, mentimun, dan daun mint seperti infused water. Air ini dapat disimpan dan dikonsumsi seharian. 
  • Jangan menyimpan air perasan buah lemon dalam botol atau gelas tembaga. Pasalnya, asam sitrat buah lemon akan bereaksi dengan tembaga. Reaksi ini dapat membentuk senyawa racun dan menyebabkan muntah-muntah. 

Nah, berikut adalah manfaat dan mitos yang dipatahkan mengenai manfaat air lemon untuk ibu menyusui. 

Apabila masih ada pertanyaan seputar masalah menyusui dan mitosnya, Yuk langsung bertanya ke dokter lewat LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter. 

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar