Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Catat, Makanan Ini Tingkatkan Kemungkinan Hamil Anak Perempuan!

Catat, Makanan Ini Tingkatkan Kemungkinan Hamil Anak Perempuan!

Anda ingin memiliki bayi perempuan? Coba pertimbangkan konsumsi makanan-makanan berikut ini agar impian hamil anak perempuan dapat terwujud.

Wajar bila seorang ibu berharap mengandung bayi dengan jenis kelamin tertentu. Misalnya ingin hamil anak perempuan, tentu Anda akan mencari berbagai macam informasi terkait hal tersebut.

Meski tidak ada cara pasti yang bisa membuat Anda hamil anak perempuan, tapi mengonsumsi jenis makanan tertentu rupanya bisa bantu meningkatkan terjadinya kehamilan anak perempuan. Benarkah?

 

1 dari 3 halaman

Makanan Ini Bisa Bantu Hamil Anak Perempuan

Sebuah penelitian yang dilakukan di Maastricht University, Belanda, menyebutkan seorang ibu bisa menentukan gender kehamilannya dengan makan makanan tertentu.

Dalam penelitian itu, penulis mengatakan seorang ibu yang ingin hamil anak perempuan harus banyak mengonsumsi makanan kaya kalsium dan magnesium.

Pola makan ini juga harus diimbangi dengan kegiatan seks secara rutin dengan pasangan agar kehamilan bisa dengan cepat didapatkan.

Selain itu, sebuah studi pada tahun 2010 yang dipublikasikan dalam jurnal Reproductive Biomedicine mengatakan ibu yang ingin hamil anak perempuan wajib mengubah pola makannya dengan makan buah dan sayuran tertentu.

Peneliti menemukan, dari 172 pasangan yang diteliti, 80 persennya berhasil hamil anak perempuan dengan mengonsumsi makanan kaya kalsium dan magnesium.

Para calon ibu tersebut juga diminta untuk menghindari makanan kaya potasium dan sodium, seperti kentang, pisang, dan garam.

Artikel Lainnya: 5 Cara Jitu agar Hamil Anak Perempuan

Menanggapi hal ini, dr. Devia Irine Putri setuju dengan hasil dari dua penelitian tadi. Menurutnya, makanan kaya magnesium dan kalsium memang bisa meningkatkan pH (keasaman vagina) yang membantu kromosom X bertahan lebih lama.

“Makanan, seperti produk susu, daging, ikan salmon, kacang-kacangan, serta sayuran hijau kaya kalsium dan magnesium bisa membantu meningkatkan pH. Kromosom X cenderung lebih bisa hidup di kondisi asam,” ujar dr. Devia.

“Namun, ini tidak menjamin 100 persen. Karena, meski kita berusaha demikian, kadang ada gagalnya juga,” tambahnya.

Meski makanan yang mengandung asam memang bisa membuat kromosom X bertahan lebih lama, tapi pastikan Anda tidak secara terus-menerus makan makanan mengandung asam, ya!

Ini dikarenakan, makanan asam juga bisa mengganggu sistem pencernaan dan membuat perut Anda jadi lebih sering terasa nyeri.

Artikel Lainnya: 3 Mitos dan Fakta dalam Menentukan Jenis Kelamin Bayi

2 dari 3 halaman

Coba Ikut Program Bayi Tabung

Nah, bila Anda memang ingin hamil bayi dengan gender tertentu, dr. Devia menyarankan untuk mengikuti program bayi tabung.

Program bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF) merupakan sebuah prosedur medis sel telur wanita akan dibuahi oleh sperma di luar rahim.

Proses bayi tabung bertujuan untuk membentuk embrio, yang nantinya dibekukan ke dalam rahim dengan harapan bisa berbuah jadi janin.

Program IVF sebenarnya diperuntukkan bagi pasangan yang sulit mendapatkan momongan dari kehamilan biasa.

Namun, bayi tabung juga bisa dilakukan bagi pasangan yang ingin punya gender anak tertentu seperti perempuan atau laki-laki, maupun kehamilan kembar.

“Agar lebih pasti, orang tua bisa melakukan program bayi tabung. Saat proses bayi tabung, dokter akan screening embrio, mau kromosom X atau Y, yang nantinya ditanamkan dalam rahim ibu,” ujar dr. Devia.

Program bayi tabung memang bisa jadi solusi untuk pasangan yang ingin punya bayi dengan jenis kelamin tertentu. Tapi, program ini tidak semudah kelihatannya.

Ada banyak persiapan yang harus dilakukan oleh setiap pasangan. Selain itu, biayanya juga tidak murah sehingga butuh persiapan finansial yang matang untuk melakukan proses bayi tabung.

Bila ingin punya anak perempuan, tak ada salahnya mengikuti tips asupan makanan dari dokter seperti di atas. Namun, tetap utamakan pola makan sehat secara keseluruhan agar program hamil dapat berjalan lancar.

Ingin konsultasi seputar kehamilan lebih cepat? Pakai fitur LiveChat 24 jam dengan dokter di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar