Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Catat, Makanan Ini Tingkatkan Kemungkinan Hamil Anak Perempuan

Catat, Makanan Ini Tingkatkan Kemungkinan Hamil Anak Perempuan

Anda ingin memiliki bayi perempuan? Coba pertimbangkan konsumsi makanan-makanan berikut ini agar impian hamil anak perempuan dapat terwujud.

Wajar bila seorang ibu berharap mengandung bayi dengan jenis kelamin tertentu. Misalnya ingin hamil anak perempuan.

Seorang ibu akan mengandung bayi perempuan apabila sel telur dibuahi oleh sperma yang membawa kromosom X, dan akan mengandung bayi laki-laki apabila dibuahi oleh sperma yang membawa kromosom Y.

Meski tidak ada cara pasti yang bisa membuat Anda hamil anak perempuan, mengonsumsi jenis makanan tertentu katanya bisa bantu meningkatkan terjadinya kehamilan anak perempuan. Benarkah?

Sebuah penelitian menemukan bahwa ibu yang mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan magnesium serta rendah garam dan kalium, memiliki anak perempuan lebih dari tiga dan tidak memiliki anak laki-laki.

Jika menginginkan anak perempuan, ibu dapat mengonsumsi beberapa makanan berikut agar hamil anak perempuan. Di bawah ini merupakan daftar makanan untuk program hamil anak perempuan:

1 dari 5 halaman

1. Susu

Susu adalah sumber kalsium yang mudah didapat dan harganya relatif murah. Selain itu, kalsium yang terdapat dalam susu juga mudah diserap karena minuman ini tidak mengandung anti-nutrien yang menghambat penyerapan kalsium.

Susu juga merupakan sumber protein, vitamin A dan D yang tentunya baik untuk ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan.

2. Keju

Keju adalah salah satu produk turunan susu yang juga menjadi sumber kalsium. Sama dengan susu, kalsium dalam keju lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan kalsium yang berasal dari tanaman.

Semakin keras kejunya, kadar kalsiumnya lebih banyak, contohnya keju parmesan. Sementara, keju yang lunak memiliki kadar kalsium yang lebih rendah.

Artikel Lainnya: Cara Hamil Anak Perempuan dengan Kalender Masa Subur

3. Yoghurt

Bersaudara dengan keju, yoghurt adalah sumber kalsium yang juga bisa membantu ibu agar hamil anak perempuan. Yoghurt biasa memiliki kadar kalsium yang lebih tinggi dibandingkan yoghurt Greek.

Yoghurt pun memiliki probiotik yang bermanfaat bagi pencernaan dan kekebalan tubuh ibu.

2 dari 5 halaman

4. Mentega Tanpa Garam

Salah satu makanan yang bisa bantu ibu untuk mendapatkan bayi perempuan adalah mentega. Mentega ini merupakan produk turunan susu.

Pilihlah mentega yang rendah garam, karena pola makan rendah garam diketahui memperbesar kemungkinan hamil anak perempuan.

5. Kacang Almond

Jika ibu alergi dengan susu, jangan sedih. Susu kacang almond atau keju vegan dari kacang almond bisa menjadi alternatif sumber kalsium untuk Ibu.

Kacang almond memiliki kadar kalsium paling banyak dibandingkan dengan kacang-kacangan yang lain.

Tak hanya dalam bentuk susu dan keju, kacang almond dapat diolah menjadi berbagai snack yang enak atau dimakan utuh.

Kacang almond juga mengandung magnesium, sehingga menjadi makanan yang dapat membantu ibu agar hamil anak perempuan.

6. Kacang Kedelai, Tahu, dan Tempe

Kacang kedelai adalah salah satu makanan yang bisa ibu konsumsi saat program hamil anak perempuan. Jenis kacang ini mengandung protein serta kalsium. 

Produk olahannya, yaitu tahu, bisa mengandung lebih banyak kalsium apabila produsen menggunakan kalsium sebagai bahan pembuatnya.

Artikel Lainnya: Benarkah Ada Ciri-Ciri Khusus Hamil Anak Laki-Laki?

Susu kacang kedelai kerap dijadikan alternatif susu sapi pada orang yang alergi karena mengandung kalsium walaupun tidak setinggi susu sapi. Walaupun mengandung anti-nutrien, nyatanya kalsium dari kacang kedelai dapat diserap dengan cukup baik.

Selain mengandung kalsium, kacang kedelai juga mengandung zat besi yang dibutuhkan ibu selama kehamilan.

Kendati demikian, zat besi dari kacang kedelai sulit diserap oleh tubuh. Konsumsi bersamaan dengan makanan yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan penyerapannya.

Produk olahan kacang kedelai yang difermentasi, misalnya tempe memiliki zat besi yang lebih mudah diserap.

3 dari 5 halaman

7. Kacang Tanah dan Selai Kacang Tanpa Garam

Kacang tanah adalah sumber magnesium yang baik. Oleh sebab itu, kacang tanah merupakan salah satu makanan yang bisa bantu ibu agar hamil anak perempuan.

Selain dimakan utuh, kacang tanah juga bisa dimakan dalam bentuk selai kacang. Pilihlah selai kacang rendah garam atau tanpa garam untuk memenuhi pola makan rendah garam.

Kacang tanah juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah ibu yang pastinya penting selama kehamilan.

8. Biji-bijian: Biji Chia, Biji Bunga Matahari, Biji Wijen, Biji Labu

Biji-bijian adalah makanan sumber kalsium sekaligus magnesium, sehingga bisa ibu konsumsi untuk mendapatkan bayi perempuan.

Tak hanya itu, biji-bijian juga mengandung antioksidan, serat, lemak baik serta protein yang penting untuk kesehatan ibu.

Artikel Lainnya: Posisi Hubungan Intim Bisa Pengaruhi Jenis Kelamin Anak?

9. Sarden dan Salmon Kalengan

Ikan sarden dan salmon kalengan mengandung kadar kalsium yang tinggi. Tulang dari ikan sarden juga bisa dikonsumsi, lho!

Selain mengandung kalsium yang mudah diserap, ikan merupakan sumber omega-3 yang penting bagi perkembangan otak janin nantinya.

Omega-3 dalam ikan lebih mudah diserap ketimbang yang bersumber dari biji-bijian atau kacang-kacangan.

4 dari 5 halaman

10. Sayur-sayuran: Sawi, Selada, Kale, Bayam

Sayur-sayuran ini adalah sayuran yang mengandung kalsium. Walau tidak banyak, tapi tetap bisa menambah asupan kalsium harian ibu.

Sayangnya, sayuran juga mengandung anti-nutrien yang menghambat penyerapan kalsium, terutama bayam. Namun, bayam juga mengandung magnesium yang tak kalah bermanfaat.

Bila ingin mendapatkan asupan kalsium yang baik dari sayuran, Anda bisa memilih sawi dan kale. 

Selain bisa bantu ibu agar hamil anak perempuan, sayuran hijau juga merupakan makanan yang penting dalam masa persiapan kehamilan karena kandungan folatnya.

11. Edamame

Sebagai sumber kalsium dan magnesium, edamame boleh dimasukkan dalam daftar makanan ibu agar dapat hamil anak perempuan. Ibu akan memperoleh manfaat dari kandungan folat, serat, dan proteinnya.

12. Semua Buah Kecuali Pisang, Anggur, Semangka, Jeruk, Pir, dan Buah-buahan Kering

Buah-buahan adalah sumber kalsium dan magnesium, sehingga bisa menjadi makanan untuk program hamil anak perempuan.

Namun, buah-buahan seperti pisang, anggur, semangka, jeruk, pir, dan buah-buahan kering mengandung kadar kalium yang tinggi sehingga meningkatkan kemungkinan hamil anak laki-laki.

Berbagai makanan di atas dapat membantu ibu agar hamil anak perempuan. Namun, makanan tersebut bukanlah satu-satunya faktor yang memengaruhi kemungkinan hamil anak perempuan. Ada faktor-faktor lain yang ikut terlibat, salah satunya adalah waktu berhubungan seksual.

Penelitian menunjukkan, kemungkinan hamil anak perempuan lebih tinggi jika hubungan seksual dilakukan 3 atau 4 hari sebelum ibu mengalami ovulasi. Oleh karena itu, mengetahui kapan ibu ovulasi juga merupakan langkah yang penting.

Lengkapi program kehamilan Anda dengan Kalender Kesuburan agar tahu waktu yang tepat untuk berhubungan seks dengan pasangan.

Punya pertanyaan seputar topik terkait? Tanyakan saja kepada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar