Sukses

Kaya Antioksidan, Ini Manfaat Sehat Buah Sawo

Buah dengan rasa manis yang memanjakan lidah ini ternyata punya beragam kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, simak di sini!

Buah sawo sudah cukup umum dikenal di masyarakat Indonesia. Buah ini kerap dijadikan makanan pencuci mulut karena rasanya yang manis, enak, dan segar. Siapa sangka, sawo memiliki manfaat sehat untuk kebugaran tubuh Anda.

Dalam studi yang dipublikasikan oleh American Journal of Biomedical Science & Research, disebutkan bahwa buah sawo mengandung karbohidrat, vitamin C, dan vitamin A. Ada juga kandungan yang berperan sebagai antioksidan yaitu polifenol.

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Sawo

Berikut beberapa manfaat buah sawo bagi kesehatan:

1. Mengatasi Anemia

Buah sawo dapat membantu mengatasi gangguan anemia. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, sawo mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga dapat bermanfaat untuk penderita anemia.

“Makan buah sawo aman bagi penderita anemia dan dapat dikonsumsi setiap hari. Tapi, jangan berlebihan, ya,” ujar dr. Dyah Novita

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik, makanan kaya antioksidan menjadi salah satu kebutuhan penting.

Karena sawo mengandung antioksidan yang tinggi, maka cocok dikonsumsi untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh Anda.

Sudah jelas, imunitas tubuh yang baik sangat penting agar terhindar dari berbagai penyakit.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Dokter Dyah Novita mengatakan, “Buah sawo baik untuk melindungi kesehatan mata karena mengandung vitamin A.”

Bagi Anda yang ingin memiliki mata yang sehat dan jernih, makan buah sawo dapat menjadi pilihan tepat.

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

4. Mengatasi Gangguan Wasir

Keluhan yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari ini juga dapat diringankan dengan rutin mengonsumsi sawo.

“Buah sawo dapat membantu mengatasi gangguan wasir karena tinggi serat dan mengandung tanin yang sifatnya sebagai anti-peradangan,” tutur dr. Dyah Novita.

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain bagus untuk pencernaan, ternyata buah sawo pun bermanfaat untuk kesehatan gigi dan tulang, lho. Hal ini berkat kandungan kalsium dan fosfor yang ada di dalam sawo.

Menurut drg. Callista Argentina, kalsium dan fosfor penting agar gigi lebih kuat. “Kalsium dan fosfor seperti mineral yang ada di dalam gigi, jadi perannya bisa untuk memperkuat lapisan gigi. Kalau gigi kuat, jadi tahan terhadap serangan asam penyebab gigi berlubang,” ujarnya.

6. Mengatasi Radang Mulut dan Sariawan

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah sawo dapat Anda andalkan untuk bantu mengatasi radang mulut dan sariawan.

“Selain untuk gigi, vitamin C juga sangat baik untuk menyehatkan gusi,” lanjut drg. Callista. Jadi, bila Anda tidak ingin mengalami keluhan pada gusi, coba makan buah sawo.

Sungguh hebat, bukan, manfaat dari buah sawo ini? Anda bisa mengonsumsinya sehabis makan sebagai makanan penutup. Selain sehat, rasa manisnya pas untuk dinikmati setelah menyantap hidangan utama.

Artikel Lainnya: Makanan Penangkal Radikal Bebas yang Kaya Antioksidan

2 dari 3 halaman

Adakah Golongan Tertentu yang Tak Boleh Makan Sawo?

Terlepas dari manfaatnya yang begitu beragam dan baik untuk kesehatan tubuh, nyatanya tidak semua orang bisa mengonsumsi buah sawo.

Menurut dr. Dyah Novita, pengidap diabetes tidak boleh mengonsumsi buah yang satu ini. “Buah sawo mengandung kalori yang tinggi, sehingga tidak disarankan bagi Anda yang mengidap diabetes untuk mengonsumsi buah ini,” jelasnya.

Anda yang tidak sakit diabetes juga jangan makan sawo secara berlebihan. Terdapat beberapa risiko kesehatan yang bisa terjadi bila mengonsumsinya dalam jumlah terlalu banyak.

Beberapa dampak buruk konsumsi buah sawo berlebihan ialah risiko diabetes yang akan meningkat, kenaikan berat badan, nyeri perut, dan gangguan pencernaan.

Jadi, jangan sampai keuntungan makan buah sawo jadi hilang akibat konsumsi yang tidak terkendali. Tetap atur porsi buah sawo yang akan dikonsumsi agar manfaatnya dapat dirasakan oleh tubuh.

Itulah beragam manfaat buah sawo yang perlu Anda ketahui. Imbangi dengan pola makan sehat bergizi seimbang, olahraga, dan istirahat yang cukup, tubuh pun akan lebih fit!

Bila ingin konsultasi seputar asupan buah harian dengan dokter, pakai fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar