Sukses

Sering Batuk saat Olahraga, Apa Penyebabnya?

Heran, saat sedang berolahraga, sering banget mengalami batuk. Padahal sebelum olahraga, kondisi tubuh baik-baik saja. Kenapa, ya?

Pernahkah Anda mengalami batuk-batuk saat olahraga padahal sebelumnya baik-baik saja? Jika pernah, berarti Anda tak sendirian!

Beberapa orang memang kerap batuk saat berolahraga meskipun sebelumnya dalam keadaan sehat. Untuk tahu penyebab pastinya, simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Utama Batuk saat Olahraga

Menurut dr. Devia Irine Putri, penyebab batuk saat olahraga adalah exercise induced bronchoconstriction (EIB).

“Ini terjadi akibat saluran napas di dalam paru-paru yang menyempit untuk sementara waktu karena respons dari aktivitas fisik apa pun yang menyebabkan peningkatan denyut jantung,” jelasnya.

Dokter Devia menambahkan, “Mirip dengan asma sebenarnya. Namun, asma, kan, penyempitan saluran napasnya dipicu oleh adanya alergen, seperti debu, serbuk sari, dan lain sebagainya. Kalau jenis batuk ini bukan. Ini dipicu oleh aktivitas fisik.”

Artikel Lainnya: 6 Alasan Mengapa Anda Batuk Terus-menerus

1 dari 3 halaman

Adakah Penyebab Lain dari Batuk saat Berolahraga?

Meski kondisi EIB merupakan faktor utama penyebab batuk saat olahraga, tetapi masih ada faktor lain bisa menyebabkan hal itu terjadi. Misalnya saja:

  • Alergi

Jika Anda berlari di luar ruangan dan area tersebut memiliki banyak tanaman terutama bunga, penderita alergi serbuk bunga mungkin bisa batuk, bersin, dan sesak napas. Pasalnya, serbuk sari merupakan alergen yang cukup kuat.

  • Tetesan Postnasal

Adanya tetesan lendir dari bagian belakang sinus membuat tenggorokan teriritasi dan berakhir dengan batuk.

Saat Anda berlari atau melakukan olahraga lainnya, ini dapat membuat tetesan postnasal menjadi tambah banyak. Alhasil, batuk jadi sulit dihindari.

  • Refluks Asam

Ketika asam lambung merambat ke tenggorokan, Anda akan mengalami batuk. Jika ini penyebabnya, batuk tak cuma berlangsung saat olahraga. Namun, seterusnya (jika lambung tak diobati dan pola hidup tak diubah jadi lebih sehat).

  • Disfungsi Pita Suara

Ketika pita suara tidak terbuka dengan benar, dokter dapat mendiagnosis batuk-batuk yang Anda alami dengan kondisi disfungsi pita suara.

Menurut American College of Allergy, Asthma, and Immunology (ACAAI), kondisi ini dapat menyebabkan gejala, seperti batuk, mengi, kesulitan bernapas saat istirahat, dan kesulitan bernapas saat berlari.

  • Berolahraga di Cuaca Dingin

Batuk saat olahraga dapat terjadi ketika Anda beraktivitas di udara yang dingin dan kering. Udara yang dingin dan kering dapat mengganggu fungsi paru sehingga Anda akan mengalami batuk.

Artikel Lainnya: Manfaat Olahraga Jalan Kaki untuk Penderita Gangguan Pernapasan

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi dan Mencegah Batuk saat Olahraga

Cara mengatasi batuk saat olahraga umumnya tak sulit. Anda dianjurkan berhenti sesaat dari aktivitas olahraga yang tengah dilakukan.

Lalu, istirahat sejenak. Ambil napas secara perlahan dan teratur, sambil buat tubuh relaks sebisa mungkin.

Jika batuk masih belum reda, Anda bisa memakai inhaler. Alat pelancar pernapasan ini bisa membuat napas lebih baik dan membuka saluran udara yang menuju ke paru-paru Anda.

Sedangkan untuk mencegah batuk saat olahraga, beberapa hal yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Hindari berlari di udara dingin. Minimal, Anda harus menggunakan syal atau masker untuk menutupi mulut dan hidung Anda.
  • Berolahraga di dalam ruangan sepertinya bisa menjadi opsi bagi Anda yang sering batuk saat berolahraga. Pasalnya, ini menurunkan risiko untuk berkontak dengan alergen.

Tak lupa, dr. Alvin menyarankan Anda untuk berhenti merokok. Perokok umumnya memiliki risiko yang lebih tinggi untuk batuk saat olahraga.

  • Untuk meningkatkan imunitas tubuh, lakukan olahraga intensitas ringan dan sedang saja, jangan yang berat.

Olahraga dengan intensitas berat akan meningkatkan risiko batuk dan juga tidak terlalu bermanfaat untuk memelihara daya tahan tubuh.

  • Tidak usah memaksakan diri untuk berolahraga saat tubuh tidak dalam keadaan fit. Rasa lelah justru akan membuat kondisi tubuh semakin buruk.

Itu dia informasi tentang penyebab dan pemicu batuk saat olahraga. Jika batuk disertai dengan demam dan terus-menerus terjadi, segera bawa diri Anda ke rumah sakit terdekat.

Apabila masih ada pertanyaan tentang cara mengatasi batuk saat olahraga ataupun kondisi medis lainnya, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kami lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar