Sukses

Anak Main di Luar saat New Normal? Ini Tips Amannya!

Anak-anak pasti sudah jenuh di rumah saja dan ingin main keluar selama pandemi COVID-19. Mari ketahui tips aman bermain di luar saat new normal.

Pada masa pandemi COVID-19, anak-anak sudah stres karena semua aktivitas dilakukan di rumah. Pasti mereka sudah tidak sabar banget ingin main di luar lagi. Bagaimana supaya mereka bisa melepas penat dengan main di luar tapi tetap aman?

Pasalnya, gara-gara semua dilakukan di rumah, tidak sedikit anak-anak yang jadi pemarah atau rewel. Keseharian mereka memang harus dilengkapi juga dengan bermain di luar ruangan. Untuk merayakan Hari Anak Nasional, yuk, terapkan cara aman bagi anak untuk main di luar saat new normal!

 

1 dari 4 halaman

Mengapa Anak Tetap Perlu Main di Luar saat New Normal?

Jadi orang tua pada masa new normal seperti sekarang ini memang serba salah. Bermain di luar takut terpapar virus corona, tapi kalau tetap hanya di rumah saja, anak pasti bosan.

Nyatanya, bermain di luar sebenarnya bisa meningkatkan fungsi otak anak. Hal ini diungkapkan oleh Sarah Milligan Toffler, direktur eksekutif Children and Nature Network.

Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa lingkungan alam yang sehat membantu mengurangi gejala gangguan hiperaktif.

Bermain di luar pun dapat bantu melindungi dari depresi dan kecemasan, mencegah atau mengurangi obesitas dan miopia, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Satu hal yang juga penting, bermain di luar bisa membantu anak meningkatkan keterampilan motorik.

Untuk menulis dan menggambar, anak-anak perlu mengembangkan otot tangan kecil. Hal ini bisa didukung lewat aktivitas outdoor yang anak lakukan.

Di sisi lain, Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog mengakui kalau anak-anak memang butuh bersosialisasi karena sedang dalam tahap perkembangan. Hanya saja, karena masih dalam masa new normal, anak harus diawasi dengan ketat.

"Anak-anak itu butuh bersosialisasi, karena mereka sedang dalam tahap perkembangan sosial. Tentu kalau di dalam rumah terus pasti jenuh, apalagi mainannya itu-itu saja, atau orang tua pun sibuk," ujar Ikhsan,

"Lalu, aktivitas di luar rumah bisa jadi hal yang menyenangkan untuk anak setelah sekian lama di dalam rumah, sehingga ini bisa mengurangi rasa jenuh dan stres anak," sambungnya.

Artikel lainnya: Wajib Dipatuhi, Jangan Bawa Anak ke Mal saat New Normal!

2 dari 4 halaman

Kapan Waktu Terbaiknya?

Namun, mengizinkan anak bermain di luar tetap tidak boleh sembarangan. Ada waktu-waktu terbaik untuk membolehkan anak bermain di luar ruangan saat new normal.

Menurut dr. Devia Irine Putri, pada pagi hari sambil berjemur adalah salah satu waktu yang tepat. Tapi, pastikan keadaannya tidak terlalu ramai di sekitar anak.

"Boleh, sih, main di luar rumah misalnya di taman. Boleh saat pagi sambil berjemur atau sore hari. Tapi, pastikan keadaan tempat bermainnya tidak ramai," saran dr. Devia.

Kalau mau sekalian benar-benar mengedukasi anak, ajak saja ke kebun binatang. Di sana, Anda bisa melihat beragam hewan dari dalam mobil.

"Boleh juga mengajak ke kebun binatang, di mobil jadi lebih aman. Tapi kalau bawa ke tempat yang lebih ramai, misalnya mall, belum disarankan, ya," tegas dr. Devia.

Salah satu cara terbaik adalah jangan membawa anak ke tempat ramai. Hindari tempat-tempat padat pengunjung karena sangat berpotensi menyebarkan virus corona.

Artikel lainnya: Ibu, Siapkan Ini untuk Mencegah Anak Sakit Saat New Normal

3 dari 4 halaman

Tips agar Anak Bisa Main di Luar dengan Aman saat New Normal

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengajak anak bermain di luar, yaitu:

  1. Pilih Tempat Aman dan Jaga Jarak

"Disarankan memilih tempat bermain yang tidak ramai. Kalau misalnya ada beberapa anak, awasi dan pastikan anak menjaga jarak dengan yang lain," kata dr. Devia. Tetap pantau anak, jangan sampai ditinggal begitu saja.

  1. Selalu Sedia Hand Sanitizer dan Tisu Basah

Sebaiknya selalu bawa hand sanitizer dan tisu basah. Ini untuk berjaga-jaga kalau tidak ada tempat cuci tangan.

  1. Pakai Masker

Pakai masker untuk anak-anak usia di atas 2 tahun, terutama mereka yang sudah masuk usia sekolah.

  1. Bawa Bekal Minuman dan Makanan Sendiri

Bawa bekal minuman atau makanan sendiri dari rumah karena lebih aman dan terjamin kebersihannya. Hindari jajan sembarangan yang bisa membuat anak memegang benda-benda atau makan kudapan yang tidak bersih.

  1. Jangan Sembarang Menyentuh Benda

Ajari anak untuk tidak sembarangan menyentuh apa pun di ruang terbuka. Terus ingatkan untuk sering mencuci tangan agar kebersihannya terjaga.

Mengajak anak bermain di luar dalam masa new normal memang perlu berhati-hati. Tips-tips di atas bisa Anda ikuti agar anak tetap terjaga tumbuh kembangnya.

Mau tahu tips dan ide aktivitas seru bersama anak di masa normal baru? Download aplikasi KlikDokter!

(FR)

0 Komentar

Belum ada komentar