Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Cek Dulu, 5 Kesalahan Saat Mencuci Rambut yang Buat Kusam dan Rapuh

Cek Dulu, 5 Kesalahan Saat Mencuci Rambut yang Buat Kusam dan Rapuh

Rambut rusak bukan berarti Anda merawatnya. Namun, ada kesalahan saat mencuci rambut atau keramas.

Punya rambut sehat, lebat, dan berkilau adalah impian banyak orang, khususnya wanita. Tak heran banyak wanita yang rela mengeluarkan kocek lebih dalam untuk perawatan rambut.

Namun, beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya, “Sudah perawatan dan pakai produk sampo yang cocok, kok, rambut masih saja terlihat kusam dan rusak, ya

Jika Anda memiliki pemikiran seperti ini, maka kondisi rusak dan kusam bisa terjadi akibat kesalahan saat keramas atau mencuci rambut.

1 dari 3 halaman

Saat Salah Cara Cuci Rambut atau Keramas, Apa Dampaknya?

Kerusakan rambut bisa terjadi akibat kebiasaan keramas yang salah. Hal ini rupanya sangat jarang disadari kebanyakan orang.

Menurut dr. Arina Heidyana, sering melakukan kesalahan dalam mencuci rambut bisa menyebabkan hilangnya kilau rambut hingga kerontokan parah.

“Rambut itu seperti kulit. Teksturnya bisa berubah seiring bertambahnya usia. Karena itu, menjaga kesehatan rambut tidak kalah penting dengan menjaga kesehatan kulit. Bukan hanya memilih produk rambut yang tepat, tapi mengetahui kesalahan saat cuci rambut juga harus dilakukan,” uhar dr. Arina.

Ia pun turut menambahkan, salah teknik atau cara keramas, tidak hanya menyebabkan kerontokan hebat, bahkan bisa memicu rambut berketombe!

Artikel Lainnya: 6 Tips Ampuh Merawat Rambut Diwarnai

2 dari 3 halaman

Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Keramas Atau Mencuci Rambut

Untuk lebih jelas lagi, berikut beberapa kesalahan saat mencuci rambut yang mungkin secara tidak sadar sering Anda lakukan:

  1. Suhu Air yang Digunakan Tidak Tepat

Mandi dengan air panas memang membuat tubuh terasa lebih relaks. Namun, tahukah Anda, keramas menggunakan air panas justru bisa buat rambut jadi bercabang dan kering?

“Sama seperti kulit, rambut yang terkena suhu panas terlalu sering juga bisa jadi mengering. Ketika keramas menggunakan air panas, maka produksi minyak dalam kepala akan hilang. Rambut pun bisa terlihat kering, dan kusam. Tidak sedikit juga rambut yang jadi kusut setelah keramas dengan air panas,” jelas dr. Arina.

Untuk meminimalisir dampak dari kesalahan mencuci rambut ini, Anda bisa menggabungkan pemakaian air hangat dan dingin.

Sebelum memakai sampo, bilas rambut pakai air hangat. Tujuannya untuk membuka kutikula rambut dan sampo bisa maksimal membersihkan kotoran di kulit kepala.

Setelah itu, bilas rambut dan kepala pakai air dingin. Perlu Anda tahu, air dingin membantu kutikula menutup kembali dan menimbulkan efek batang rambut yang lebih halus berkilau.

Artikel Lainnya: Ini Efek Buruk Dry Shampoo untuk Kesehatan Rambut

  1. Menggunakan Sampo ke Seluruh Bagian Kepala

Menurut Michon Kessles, ahli kosmetologi di Nevada, sampo sebenarnya hanya perlu digunakan pada bagian kulit kepala.

Sebab, kotoran, sebum, dan juga kulit mati hanya ada pada kulit kepala, tidak sampai ada di bagian ujung rambut.

Pastikan untuk tidak mengoleskan sampo ke batang rambut juga, ya. Jika tidak dibilas secara bersih menyeluruh, sisa sampo dikhawatirkan akan menyebabkan rambut terlihat kusam dan berketombe.

  1. Tidak Menggunakan Sampo Khusus pada Rambut yang Diwarnai

Kesalahan yang kerap terjadi saat mencuci rambut, terutama yang diwarnai, adalah menggunakan sampo biasa.

Jika Anda memiliki rambut pirang (blonde hair) maka sampo yang digunakan tidak boleh sembarangan, apalagi black hair shampoo.

Memakai sampo khusus rambut diwarnai berguna untuk mempertahankan warna rambut yang Anda miliki, dan mencegah warna rambut berubah jadi kekuning-kuningan (terutama yang rambutnya di-bleaching)

Tidak hanya rambut pirang, jika Anda memiliki rambut yang dicat abu atau silver, penggunaan sampo khusus juga wajib dilakukan.

Artikel Lainnya: Jangan Asal! Ini Cara Menyisir yang Benar untuk Mencegah Rambut Rusak

  1. Pakai Sampo yang Tidak Sesuai Tipe Rambut

Kesalahan mencuci rambut selanjutnya adalah tidak pakai sampo yang sesuai jenis atau tipe rambut.

Umumnya, akibat malas konsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan, Anda jadi tidak tahu tentang kondisi kesehatan rambut Anda.

Jangan terbuai pada iklan atau embel-embel kemasan ‘untuk semua jenis rambut’. Pasalnya, rambut setiap orang berbeda dan cara perawatannya tidak bisa menggunakan satu sampo yang sama untuk semua.

Mencuci rambut dengan sampo yang tepat bisa membantu meningkatkan kesehatan rambut dan mengatasi permasalahan yang sedang dialami.

  1. Tidak Menyisir Sebelum Keramas

Meski bukan kegiatan yang wajib, tapi menyisir sebelum keramas bisa mencegah rambut rontok dan rambut kusut, lho.

Dokter Arina mengungkapkan, apabila tidak menyisir sebelum keramas, maka rambut akan kusut saat dibasuh dengan air. Ketika rambut kusut, kemungkinan rambut akan rontok juga sangat tinggi.

Itulah beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang ketika mencuci rambut. Jika kebiasaan buruk tersebut masih dilakukan, tidak heran jika rambut Anda terlihat rusak, kering, kusam, dan tipis.

Untuk menambah kesehatan rambut, Anda diminta untuk tidak menggunakan alat hair style seperti catokan dan hair dryer.

Apabila terpaksa menggunakan kedua alat tersebut, pastikan Anda mengoleskan vitamin dan heat spray protectant ke rambut terlebih dahulu.

Untuk informasi kesehatan lain terkait tips mencuci rambut, jangan ragu tanyakan pada dokter lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter, ya!

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar