Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatCovid-19Kembali Dibuka Akhir Juli, Ini Aturan Nonton Bioskop saat New Normal
Covid-19

Kembali Dibuka Akhir Juli, Ini Aturan Nonton Bioskop saat New Normal

Ayu Maharani, 12 Jul 2020

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tempat untuk nonton film bersama akhirnya dibuka kembali. Demi mencegah penularan virus corona di area tersebut, berikut aturan nonton bioskop saat pandemi!

Kembali Dibuka Akhir Juli, Ini Aturan Nonton Bioskop saat New Normal

Indonesia khususnya Jakarta telah menerapkan aturan new normal atau normal baru sejak beberapa waktu silam. Aturan ini memperbolehkan mal untuk kembali beroperasi, sambil menerapkan protokol kesehatan yang telah disepakati.

Aturan tersebut terus berkembang seiring bergulirnya waktu. Kini, giliran bioskop yang akan kembali dibuka per tanggal 29 Juli 2020.

Apakah Anda termasuk orang yang gembira dengan dibuka bioskop saat new normal? Bisa jadi Anda orang yang was-was karena menganggap bahwa tempat itu tinggi risiko penularan COVID-19?

Aturan Baru Nonton di Bioskop saat New Normal

Aturan dibukanya bioskop tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Nomor 140 Tahun 2020.

Izin operasional bioskop saat new normal lengkap dengan panduan protokol kesehatan yang dibuat Dinas Parekraf DKI Jakarta. Adapun aturan baru nonton bioskop saat pandemi yang mesti dipatuhi pihak penyelenggara dan konsumen, yaitu:

Umum

  • Wajib melaksanakan/mentaati protokol umum.

Pemesanan Tiket Bioskop

  • Disarankan pembelian tiket secara online.
  • Diimbau pembayaran non tunai/cashless.

Manajemen dan Karyawan

  • Semua karyawan diwajibkan menggunakan masker, sarung tangan, dan face shield.
  • Menyediakan hand sanitizer di sudut dan meja
  • Menyediakan informasi fasilitas kesehatan yang bisa diakses.
  • Tidak melayani pengunjung yang tidak pakai masker.
  • Menyediakan ruang isolasi sementara jika ditemukan pengunjung dengan suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celcius untuk ditindaklanjuti ke petugas medis.
  • Wajib membatasi jumlah pengunjung dan menetapkan jarak aman.
  • Menggunakan disposable/washable arm cover atau pegangan tangan di bangku penonton yang harus diganti setiap pemutaran film selesai/pergantian penonton.

Ruang Teater

  • Menandai area antrean dengan jarak antar pengunjung minimal 1 meter.
  • Petugas pintu masuk ruang teater agar menghindari kontak fisik dalam bentuk apa pun dengan pengunjung.
  • Kursi diatur selang-seling, yaitu kursi yang terisi diselingi dengan 1 kursi kosong.
  • Memutar film/iklan terkait dengan kesadaran kebersihan/pencegahan penularan COVID-19 dan kesehatan serta kesadaran buang sampah sendiri.

Makanan dan Minuman

  • Penjualan makanan dan minuman harus mengacu pada protokol tambahan.
  • Dilarang menjual makanan dan minuman di ruang teater. Hanya boleh melakukan hantaran yang dipesan sebelum masuk ruang teater.

Toilet

  • Jaga jarak di toilet, baik di pintu masuk maupun di antrean dalam toilet.
  • Menempatkan stiker cuci tangan di tiap wastafel.
  • Penggunaan urinoir dan kubikel secara selang-seling.

Artikel Lainnya: Wajib Dipatuhi, Jangan Bawa Anak ke Mal saat New Normal!

Penonton yang Satu Keluarga Masih Bisa Duduk Berdekatan

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, pemerintah meminta pengusaha bioskop membatasi jumlah pengunjung (50 persen) setelah diperbolehkan beroperasi kembali.

Hal yang perlu diingat, pengelola bioskop tidak diperkenankan menerima penonton yang masih berusia di bawah 9 tahun dan orang lanjut usia di atas 60 tahun. Petugas yang boleh bekerja di area tersebut pun harus berusia di bawah 45 tahun.

Jarak antar kursi penonton diatur berselang-seling dengan jeda satu kursi kosong. Namun, untuk penonton keluarga, akan diperbolehkan berdekatan tanpa ketentuan selang-seling.

Nonton di Bioskop saat New Normal, Apakah Aman?

Menganggap kembali dibukanya bioskop saat new normal, dr. Alvin Nursalim, SpPD mengatakan, berada di dalam ruangan tertutup dan nonton berjam-jam bersama orang asing terlalu berisiko untuk tertular atau menularkan COVID-19.

“Terlebih dengan masih ada kemungkinan bahwa virus ini airborne. Saran saya, coba cari alternatif rekreasi lain yang lebih sehat dan tidak berisiko tinggi. Nonton di bioskop saat pandemi juga pasti terasa akan berbeda,” tegas dr. Alvin.

Memang, setiap orang memiliki hak masing-masing untuk mendapatkan hiburan, termasuk nonton di bioskop saat new normal. Namun, pikirkan kembali risiko yang mungkin terjadi.

Ruangan teater bioskop sangat gelap, dingin, dan tertutup. Saat ada orang yang bersin atau batuk, Anda akan sangat sulit untuk menghindar. Mau keluar dari ruangan pun sulit.

Meski jaraknya jauh, mikrodroplet yang keluar dari orang yang batuk atau bersin mungkin saja masih berada di dalam ruangan tersebut.

Jika memang Anda sangat ingin nonton di bioskop saat new normal, jangan pernah lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, jaga juga daya tahan tubuh Anda agar tak mudah terserang penyakit.

Bila Anda masih ada pertanyaan seputar bahaya nonton bioskop saat pandemi COVID-19 ataupun masalah kesehatan lainnya, langsung saja konsultasikan hal tersebut kepada dokter lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

virus coronaNew Normal

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter