Sukses

Tips Asah Kecerdasan Majemuk Anak saat Libur Sekolah

Meski sedang libur sekolah, kecerdasan majemuk pada anak harus terus diasah dengan baik. Berikut ini beberapa tips yang bisa Bunda dan Ayah terapkan.

Tahukah Bunda bahwa kecerdasan anak tidak hanya terbatas pada fungsi visual, auditori, dan kinestetik saja? Faktanya, saat ini telah ditemukan sebuah teori mengenai kecerdasan majemuk yang terbagi menjadi 9 tipe.

Adalah seorang pakar Pendidikan dari Amerika yang bernama professor Howard Gardner. Ia berhasil mengembangkan konsep kecerdasan menjadi 9 tipe, yang kemudian disebutnya sebagai kecerdasan majemuk.

Berikut ini adalah sembilan tipe kecerdasan majemuk yang wajib Bunda dan Ayah ketahui:

1. Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik berkaitan dengan bahasa. Tipe kecerdasan ini dimiliki oleh anak yang gemar membaca, menulis, dan berbicara.

Anak dengan kecerdasan linguistik yang menonjol dapat ditemukan saat dirinya menulis puisi, berpidato, membuat cerita, mendongeng, berdiskusi atau berdebat.

2. Kecerdasan Logika Matematika

Kecerdasan logika matematika berkaitan dengan hitung-hitungan. Tipe kecerdasan ini dimiliki oleh anak yang memahami kondisi dengan menggunakan perhitungan, mengolah angka, dan kemahiran menggunakan logika atau akal sehat.

Ciri anak dengan kecerdasan logika matematika yang baik akan menonjol pada pelajaran terkait hitung-hitungan, ilmu sains atau coding.

3. Kecerdasan Spasial

Kecerdasan spasial berkaitan dengan gambar, pola, bentuk, posisi dan ruang suatu objek.

Ciri anak dengan kecerdasan spasial akan menonjol saat menggambar, bermain lego atau balok, membuat kerajinan tangan dari kertas atau kain. Selain itu, anak dengan kecerdasan spasial yang menonjol juga akan lebih baik dalam mengatur ruang, bangunan dan membaca peta.

4. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal berkaitan dengan kemampuan anak untuk memahami orang lain.

Anak dengan kecerdasan intrapersonal yang baik akan mudah berteman dengan orang lain, mampu berkomunikasi dengan efektif, bekerjasama dengan tim, dan memiliki kemampuan sosial yang mumpuni.

5. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis berkaitan pada alam semesta, seperti lingkungan, hewan, dan tumbuhan.

Anak dengan kecerdasan naturalis yang baik cenderung senang bermain di luar rumah, ramah dengan alam, hobi berkebun dan menyanyangi hewan.

6. Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan kinestetik berkaitan dengan penggunaan tubuh dalam berkomunikasi dan mengekspersikan diri.

Kecerdasan tipe ini membiat anak lebih menonjol saat olahraga, mudah menirukan gerakan yang dilihat, senang menari, senang berketerampilan tangan, dan tampak lentur saat bergerak.

7. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemahiran mengenali nada, irama dan bunyi. Anak dengan kecerdasan musik yang baik cenderung akan senang bermain alat musik, mendengarkan atau menyanyikan lagu, bahkan mampu menyiptakan lirik maupun musik.

8. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan anak memahami dan mengenali diri sendiri.

Kecerdasan tipe ini membuat anak lebih mampu untuk menyatakan perasaan terhadap sesuatu, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, menyadari kekurangan dan kelebihan dirinya sendiri, serta dapat diandalkan dalam menyelesaikan berbagai tugas.

9. Kecerdasan Moral

Kecerdasan moral berkaitan dengan kemampuan anak untuk memahami segala hal yang terjadi pada lingkungannya, serta mengetahui apa yang baik dan buruk lalu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Anak dengan kecerdasan moral yang baik tidak akan mudah berbohong, tidak malu untuk minta maaf saat melakukan kesalahan, mengikuti peraturan yang ada, dan tidak suka menganggu temannya saat bermain.

1 dari 2 halaman

Tips Mengasah Kecerdasan Majemuk Anak

Ingin kecerdasan majemuk anak terasah dengan baik? Jika ya, hal pertama yang perlu Bunda dan Ayah ketahui adalah tips kecerdasan majemuk yang dimiliki anak.

Setelah itu, Bunda dan Ayah dapat melakukan stimulasi agar kecerdasannya semakin terarah. Bunda dan Ayah bisa mencari tahu ide bermain atau tips belajar saat liburan untuk mengasah kecerdasan majemuk anak dengan mengakses website www.morinagamiplayplan.com atau biasa disebut website Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (website Morinaga MIPP). Bunda jadi bisa memiliki waktu yang berkualitas bersama anak sambil bermain dengannya.

Tak cukup hanya dengan itu, Bunda dan Ayah juga perlu memberikan asupan nutrisi terbaik pada anak. Pastikan untuk selalu menyajikan menu sehat dan bergizi seimbang setiap hari. Jangan lupa juga untuk memberikan susu pertumbuhan Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus sebagai pelengkap.

Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus mendukung Pertahanan Tubuh Ganda dengan kandungan nukleotida dan laktoferin, serta gabungan Serat Pangan GOS dan Probiotik Triple Bifidus.

Tiga bakteri baik yang ada dalam formula Triple Bifidus, yakni:

  • Bifidobacterium longum BB536 yang berfungsi untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dan mencegah infeksi saluran napas, seperti influenza dan ISPA
  • Bifidobacterium breve M-16V yang bertugas mencegah konstipasi dan diare, serta mencegah infeksi saluran pencernaan lainnya
  • Bifidobacterium infantis M-63 yang membantu penyerapan nutrisi serta mencegah dan mengurangi gejala alergi

Bunda dan Ayah, demikan cara mengembangkan kecerdasan majemuk pada anak. Lakukan dengan saksama agar hasilnya benar-benar optimal. Jangan lupa untuk memberikan Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidius sesuai anjuran, agar anak sepenuhnya siap menjadi pribadi yang memiliki kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda, dan tumbuh kembang yang optimal.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar