Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ibu, Perhatikan Ini Sebelum Memilih Air Galon untuk Keluarga

Ibu, Perhatikan Ini Sebelum Memilih Air Galon untuk Keluarga

Memilih air galon untuk keluarga tak bisa sembarangan, lho. Ini cara memilih air galon agar Anda dan keluarga selalu sehat.

Peran air dan mineral sangat penting untuk tubuh manusia. Karena itu, Anda harus memastikan agar kebutuhan cairan harian tercukupi dengan baik. Untuk memenuhinya, paling tidak Anda membutuhkan delapan gelas air mineral dalam sehari. Kebutuhan itu bisa lebih banyak tergantung dari aktivitas fisik sehari-hari.

Selain memenuhi kebutuhan hidrasi harian, Anda juga perlu perhatikan kualitas air minum yang Anda sediakan di rumah untuk konsumsi keluarga. Terdapat banyak jenis dan merek air mineral kemasan galon yang tersedia di pasar. Namun, bagaimana cara memilih air galon yang baik?

1 dari 3 halaman

Cara Memilih Air Galon yang Baik untuk Keluarga

Air mineral kemasan galon cocok untuk penuhi kebutuhan air minum sekeluarga, dan juga berdampak baik pada lingkungan karena meminimalkan kemasan air yang terbuang.

Walau begitu, Anda tetap harus jeli sebelum memutuskan air galon yang akan Anda pilih, karena tidak semua air itu sama. Untuk itu, beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih air galon adalah:

1. Pastikan Air Memenuhi Kriteria Layak Minum

Berdasarkan Peraturan Kementerian Kesehatan no 492 tahun 2010, kriteria air minum yang baik adalah air yang tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau dan tidak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh.

Anda harus perhatikan semua hal tersebut saat memilih air isi kemasan. Jika airnya tidak jernih, atau memiliki rasa yang aneh, atau bau, lebih baik hindari mengonsumsinya

2. Ketahui Darimana Air Berasal

Sumber air menjadi salah satu faktor yang menentukan kualitas air yang Anda minum. Air  putih yang kita konsumsi di rumah bisa berasal dari beberapa sumber, seperti dari sumur gali, sumur pompa, air keran PDAM, atau dari sumber air alami.

Darimana pun air minum berasal, Anda harus pastikan kualitas sumbernya bersih dan terlindungi dari tercemar zat-zat berbahaya. Jangan sampai kesehatan keluarga Anda terganggu karena mengonsumsi air minum yang tidak jelas sumber airnya.

3. Perhatikan Bagaimana Air Diproses

Kualitas air isi kemasan bukan hanya ditentukan dari sumber air dan jenis airnya, tetapi juga dari proses pengisian dan pencucian galonnya. Walaupun sumber airnya terjamin, proses pengolahan air juga harus menjaga kualitas air mulai dari sumber air, sampai masuk ke dalam kemasan.

Pilih air minum yang menjaga kualitas air di setiap tahapannya, melalui berbagai uji kualitas untuk menjaga kandungan mineral di dalam air. Sebaiknya air juga diproses tanpa sentuhan langsung tangan manusia, untuk mengurangi risiko terkontaminasi.

Anda juga harus perhatikan proses pencucian galonnya. Pastikan air minum yang Anda pilih galonnya diseleksi terlebih dahulu dan melewati serangkaian proses pencucian sebelum diisi kembali.

2 dari 3 halaman

Pilih Kemasan yang Ramah Lingkungan

Penggunaan galon sekali pakai telah menjadi kontorversi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Pasalnya, hal itu bertentangan dengan semangat untuk menjaga kesehatan lingkungan yang telah memburuk dalam beberapa dekade terakhir.

Hal tersebut disuarakan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) yang menyatakan bahwa penggunaan galon sekali pakai akan menambah masalah lingkungan. Oleh sebab itu, mereka meminta agar setiap perusahaan mengurangi sampah plastik untuk bahan pangan, khususnya air minum kemasan sekali pakai.

Protes yang sama juga disampaikan oleh komunitas urban Greenpeace Indonesia. Mereka mengatakan bahwa dampak lingkungan yang muncul akibat galon sekali pakai akan sangat buruk. Hal tersebut tentunya tidak sejalan dengan upaya-upaya pemerintah yang sedang berjuang untuk mengurangi sampah plastik hingga 70 persen di tahun 2025.

Sebagai bagian dari masyarakat, Anda tentu harus berkontribusi dalam menjaga lingkungan tempat Anda tinggal. Salah satunya dengan menghindari penggunaan galon sekali pakai dan lebih memilih galon yang dapat diisi ulang.

Jadi, pastikan Anda benar-benar memilih air galon yang baik untuk keluarga. Tak hanya untuk kesehatan Anda sekeluarga, tetapi juga kesejahteraan lingkungan. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar cara memilih air galon, silakan konsultasikan dengan dokter kami melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar