Sukses

Pencernaan Sehat Daya Tahan Tubuh Meningkat? Kok Bisa?

Daya tahan tubuh sehat dan kuat berfungsi agar tubuh tidak mudah sakit. Untuk itu, ada asupan gizi yang harus dipenuhi, salah satunya adalah serat.

Kesehatan adalah suatu hal yang sangat berharga bagi manusia. Dengan memiliki tubuh yang sehat, kita dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan maksimal, seperti bekerja, beribadah, dan bermain bersama keluarga.

Agar terhindar dari berbagai penyakit, hal yang harus diperhatikan adalah sistem daya tahan tubuh atau imunitas Anda.

Daya tahan tubuh adalah sebuah sistem yang berperan besar dalam melindungi tubuh dari berbagai penyebab penyakit, seperti bakteri, virus, dan jamur. Bahkan, sistem imun juga dapat membantu mengatasi munculnya masalah kesehatan lainnya.

Berbagai Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Antara lain, dapat dilakukan dengan rutin berolahraga, beristirahat cukup, menjaga agar stres tidak  berlebih, menghindari makanan tidak sehat (seperti gula tambahan dan lemak jahat), serta tidak merokok.

Hal penting lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah. Sebab, sayur dan buah kaya akan nutrisi, seperti mineral dan vitamin.

Namun yang terpenting, buah dan sayur mengandung serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Apa manfaat serat untuk kesehatan?

1 dari 4 halaman

Pencernaan Sehat dengan Konsumsi Serat

Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan dan banyak terdapat pada sayuran dan buah.

Karena tidak dapat dicerna, maka serat akan melewati usus halus, mencapai usus besar, hingga dikeluarkan tubuh sebagai feses.

Manfaat serat lainnya adalah membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Sebagai contoh, serat memperbanyak volume feses, membuat feses Anda lebih lembut, dan jadi lebih mudah melewati usus. Pada akhirnya, sisa-sisa kotoran di dalam usus dapat terbuang melalui feses dengan mudah dan cepat.

Serat juga sangat baik dalam meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Pasalnya, beberapa jenis serat diketahui menyediakan sumber makanan bagi bakteri baik di dalam usus, dan membantu mereka berkembang biak.

Bakteri-bakteri ini kemudian akan memproduksi berbagai zat yang melindungi kesehatan usus Anda.

Maka, dengan mengonsumsi serat cukup, artinya Anda turut meningkatkan kesehatan serta melindungi sistem pencernaan Anda.

Tidak hanya itu, dengan pencernaan yang sehat, lantas sistem imun tubuh juga jadi lebih sehat. Bagaimana hubungannya?

2 dari 4 halaman

Pencernaan Sehat Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh?

Benar adanya bahwa manfaat serat bisa meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh. Perlu diketahui sebelumnya, terdapat beberapa bagian di usus yang bertugas mencegah terjadinya infeksi atau serangan patogen dari luar.

Berbagai jaringan limfoid yang kaya akan sel imun seperti sel T, sel plasma, sel mast, sel dendritik, dan makrofag, sangat banyak ditemukan di usus.

Begitu juga dengan penghalang kuat terhadap sumber penyakit, itu semua terdapat pada dinding usus.

Ditambah, aktivitas bakteri baik di dalam usus berfungsi menjadi penguat sistem imun di sistem pencernaan.

Oleh sebab itu, jika terserang penyakit, kemungkinkan sistem imun di usus Anda sedang diserang. Pasalnya, sebagian besar sistem imun tubuh berada di saluran pencernaan.

Jadi, untuk memastikan sistem pencernaan sehat dan terlindung dari berbagai penyakit, Anda wajib mencukupi kebutuhan serat harian.

Berdasarkan angka kecukupan gizi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kebutuhan serat harian seseorang bervariasi. Kebutuhan tersebut dibagi berdasarkan usia dan jenis kelamin seperti berikut.

  • Kebutuhan serat pria sekitar 27-37 gram per hari.
  • Kebutuhan serat wanita sekitar 27-32 gram per hari.
  • Kebutuhan serat bayi dan anak-anak sekitar 11-23 gram per hari.

Sebagai pembanding, 27 gram serat terkandung dalam 300 gram sayuran dan 100 gram buah.

Sebanyak 300 gram sayuran setara dengan 3 gelas kecil. Sedangkan 100 gram buah, setara dengan 2 buah pisang ambon atau 2 buah jeruk berukuran sedang.

Beberapa jenis makanan mengandung serat lainnya yang bisa Anda konsumsi adalah gandum utuh serta kacang-kacangan.

3 dari 4 halaman

Cukupi Kebutuhan Serat Harian dengan Mengonsumsi Ini

Cara lain yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan serat harian adalah dengan mengonsumsi Nutrive FiberShot.

Nutrive FiberShot adalah minuman yang mengandung serat hingga 5 gram per 100 ml. Minuman ini mengandung 16 sari buah dan sayur yang bermanfaat untuk membantu memelihara fungsi dan kesehatan saluran saluran cerna.

Selain praktis, sehat, dan enak, Nutrive FiberShot juga rendah kalori (50 kkal/botol). Apabila dikonsumsi secara rutin, maka Nutrive Fibershot dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian dan bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Nutrive FiberShot sangat cocok bagi Anda yang belum rutin mengonsumsi buah dan sayur, entah karena tidak suka, ataupun tidak punya waktu untuk menyiapkannya. Selain itu, Nutrive FiberShot aman dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui, serta anak di atas usia 1 tahun.

Berikut manfaatnya Nutrive FiberShot yang bisa didapat:

  1. Memelihara fungsi saluran pencernaan.
  2. Membantu buang air besar (BAB) teratur setiap hari, sehingga terhindar dari wasir dan sembelit.
  3. Mengurangi risiko penyakit seperti stroke, penyakit jantung, kanker usus, dan diabetes tipe 2.

Maka dari itu, minum Nutrive FiberShot bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan serat harian yang mana bisa meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan membuat daya tahan tubuh kita tetap terjaga. 

Itulah berbagai penjelasan terkait dengan serat, kesehatan sistem pencernaan, dan imunitas. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu konsultasi ke dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar