Berita Kesehatan

Agar Lancar, Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Mulai Rutinitas Kerja dari Rumah

Ayu Maharani, 14 Apr 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mulai bosan, bahkan stres saat masa-masa kerja dari rumah akibat pandemi COVID-19? Coba, deh, lakukan ini agar mood kembali bangkit!

Agar Lancar, Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Mulai Rutinitas Kerja dari Rumah

Biasa kerja kantoran tapi sekarang harus kerja dari rumah alias work from home (WFH) akibat COVID-19? Anda tak sendirian. Untuk yang sudah biasa mungkin ini bukan masalah. Namun, untuk pekerja kantoran, kerja dari rumah bisa menantang.

Seminggu pertama mungkin belum terasa. Namun selebihnya, semangat dan mood turun, tidak fokus dalam menyelesaikan pekerjaan, bahkan malah jadi malas-malasan.

Setelah menyalakan laptop dan cek to-do list, Anda dengan mudahnya teralihkan dengan hal-hal sepele.

Ujung-ujungnya, pekerjaan jadi tak selesai-selesai, bahkan terus berlanjut hingga larut malam. Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan?

WFH Perlu Mood Booster Lebih Banyak

Kepada KlikDokter, dr. Devia Irine Putri mengatakan bahwa metode WFH memang tidak cocok untuk semua orang.

Ada yang tetap bisa menjaga produktivitasnya saat kerja dari rumah seperti halnya saat kerja di kantor (atau bahkan lebih produktif!). Di sisi lain, banyak yang sulit untuk bisa fokus atau mempertahankan produktivitas, bahkan berdampak pada kesehatan mental.

“Dengan WFH, kita jadi kurang bersosialisasi dengan orang lain. Di awal mungkin masih nyaman—masih bisa video call dan sebagainya. Tapi lama-lama, timbul rasa jenuh dan perasaan seperti tertekan. Kondisi mental malah jadi nggak oke buat kerja,” kata dr. Devia.

Kalau tak pandai-pandai mengatur mood atau melakukan hal-hal yang dapat membangkitkan atau memperbaiki suasana hati, kualitas pekerjaan kacau balau atau tidak selesai sesuai waktu yang ditentukan.

Lakukan Aktivitas Ini Sebelum Mulai WFH

Berdasarkan penjelasan di atas tadi, untuk itulah Anda perlu pembangkit semangat bila mulai merasa kesulitan atau tidak fokus kerja dari rumah. Bagaimana caranya?

Ada beberapa aktivitas yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum memulai rutinitas kerja dari rumah. Tujuannya adalah agar Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lancar dan cepat selesai.

  1. Isi “Bahan Bakar” Dulu

Bahan bakar yang dimaksud adalah minuman. Sebelum mulai bekerja, cukupilah kebutuhan cairan tubuh, terutama dengan air putih. Menghidrasi tubuh juga ampuh untuk menguatkan konsentrasi dan daya ingat.

Bagaimana dengan kopi? Minuman ini sebaiknya diminum di sela-sela bekerja, bukan langsung di awal aktivitas demi menjaga kestabilan mood.

Supaya lebih segar, Anda juga bisa memasukkan irisan buah, seperti lemon atau stroberi, ke air putih yang akan diminum (infused water).

Artikel Lainnya: Agar Tidak Stres, Lima Cara Ini Bisa Jadi Penolong Karantina di Rumah

  1. Buat Jurnal Harian

Anda juga bisa menyiapkan jurnal, yang diisi dengan hal-hal yang harus Anda lakukan setiap harinya, mencatat pencapaian, atau menulis hal-hal memorable yang terjadi pada hari itu layaknya mengisi diary.

Bagi beberapa orang, kerja dari rumah memang bisa rentan bikin cemas. Jadi, lakukanlah hal-hal yang bisa menenangkan dan sekaligus mempertajam pikiran dengan menulis jurnal.

  1. Tentukan Prioritas

Kerja dari rumah pada masa pandemi ini bukan berarti kesibukan sehari-hari hanya bekerja sesuai mandat atasan. Tak jarang, banyak hal yang mesti diurus.

Misalnya belanja kebutuhan sehari-hari, bersih-bersih rumah, tetap berkomunikasi dengan teman atau keluarga, memasak, atau mengurus suami dan/atau anak.

Untuk membantu supaya kerja tetap optimal, Anda bisa menuliskan di sticky notes tentang apa saja yang harus dikerjakan sesuai prioritas.

Kalau memang sedang dikejar deadline, tunda dulu bersih-bersih atau mencoba resep baru yang rumit untuk menu makan di hari tersebut.

Kerjakan satu persatu, jangan memaksakan semua bisa dikerjakan di hari yang sama. Beri tubuh dan pikiran jeda dan istirahat.

Artikel Lainnya: Ramai Dicoba Saat WFH, Dalgona Coffee Sehat untuk Tubuh atau Tidak?

  1. Selalu Bersyukur

Setiap rasa malas bekerja muncul, ingatlah bahwa Anda masih lebih beruntung. Akibat aturan pembatasan sosial skala besar (PSBB), banyak orang yang kehilangan pekerjaannya atau tak bisa melanjutkan usahanya, sehingga tak punya penghasilan.

  1. Tetap Bergerak, Ya!

Bila biasanya alasan Anda malas berolahraga adalah karena harus ngantor setiap hari, nah, sekarang alasan tersebut tak lagi valid!

Sempatkan waktu berolahraga, paling tidak 30 menit setiap harinya. Pilihan olahraganya bisa berupa joging keliling kompleks (dengan tetap mematuhi aturan physical distancing, ya!), senam lewat video tutorial, yoga, lompat tali, menari, atau aktivitas fisik lainnya yang mudah dan mampu Anda lakukan.

Olahraga mampu mendongkrak suasana hati, sehingga Anda jadi lebih bersemangat untuk kerja dari rumah.

Setelah olahraga, jangan lupa mandi, ya! Tak enak, kan, bekerja dengan kondisi kulit yang lengket karena keringat?

Artikel Lainnya: Tak Positif Coronavirus tapi Harus Karantina, Waspada Gangguan Mental!

Ingat, WFH Bukan Momen untuk Terus-terusan Kerja!

Manajemen waktu yang kurang baik bisa berpotensi membuat Anda kerja melebihi durasi kerja yang seharusnya. Hal tersebut ke depannya juga bisa bikin kehilangan semangat.

Psikolog Zarra Dwi Monica, M.Psi., mengatakan kepada KlikDokter, hal tersebut umumnya terjadi pada orang-orang berkebutuhan sosial tinggi.

Mereka cenderung tak menemukan bagaimana cara kerja dari rumah yang sesuai. Karena tersiksa tak bisa ketemu orang banyak, mereka kerap meluapkannya dengan bekerja seharian penuh.

Supaya itu tak terjadi, terapkanlah WFH secara konsisten, khususnya dalam hal pengaturan waktu.

Bila perlu, tetap lakukan ritual sebelum ke kantor seperti biasa: mandi, siap-siap, bahkan jika perlu pakai baju kerja. Selain itu, mulailah bekerja seperti jam kantor pada umumnya, yaitu dari mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Artikel Lainnya: Benarkah Bekerja dari Rumah Lebih Baik dibanding di Kantor?

Intinya, tentukan batas waktu. Saat waktunya istirahat, pergunakan waktu tersebut sebagaimana mestinya. Selain itu, mentang-mentang kerja dari rumah, bukan berarti pekerjaan yang dikirim di atas jam 7 malam harus dikerjakan saat itu juga, apalagi setelah durasi kerja Anda sudah selesai.

Bekerjalah dengan bijak, efektif, efisien dan jangan diforsir. Ingat, pada masa pandemi ini, Anda pun dituntut untuk menjaga kesehatan diri dan anggota keluarga lainnya dari ancaman virus corona strain baru, SARS-CoV-2, penyebab COVID-19.

Bila mengalami masalah kesehatan, manfaatkan fitur LiveChat untuk konsultasi dengan dokter lewat aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa cek kondisi atau risiko virus corona secara online lewat tautan berikut ini, yang merupakan hasil kerja sama KlikDokter, Kemenkes RI, dan BNPB untuk menekan angka persebaran COVID-19.

Itu tadi caranya agar mood tetap baik, semangat, dan fokus saat mesti kerja dari rumah. Jangan lupa untuk terus mematuhi aturan pemerintah dan otoritas kesehatan, serta jaga daya tahan tubuh dengan pola hidup bersih dan sehat.

(RN/AYU)

virus coronaKerja dari rumahCovid-19Work From Home

Konsultasi Dokter Terkait