Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kulit Tangan Kering karena Sering Pakai Hand Sanitizer, Atasi, yuk!

Kulit Tangan Kering karena Sering Pakai Hand Sanitizer, Atasi, yuk!

Karena parno dengan virus corona, Anda jadi sering pakai hand sanitizer dan kulit tangan pun jadi kering. Bagaimana cara mengatasinya?

Wabah coronavirus memang bikin banyak orang panik dan parno, ya! Karena begitu takut, Anda cenderung jadi sering menggunakan hand sanitizer sebagai salah satu bentuk pencegahan virus corona. 

Pemakaian hand sanitizer sering jadi andalan di kala tidak ada sabun dan air. Cara pakainya praktis dan terbukti cukup ampuh membunuh kuman dan virus.

Tapi, tahukah Anda bahwa sering menggunakan hand sanitizer justru bisa bikin kulit Anda jadi kering? 

1 dari 4 halaman

Mengapa Hand Sanitizer Membuat Kulit Tangan Kering?

Ya, penggunaan hand sanitizer secara berlebihan memang bisa membuat kulit tangan jadi kering, bahkan iritasi. 

Bukan tanpa alasan, dr. Arina Heidyana mengatakan bahwa hand sanitizer mengandung alkohol yang cukup tinggi yakni sebesar 60%. Kadar alkohol tersebut bisa mengiritasi kulit bila dipakai secara berlebihan. 

Hand sanitizer itu dibuat nggak hanya menggunakan air, tapi juga pakai alkohol dan campuran zat kimia lainnya seperti klorin serta pewangi. Inilah yang bisa membuat tangan jadi kering bahkan iritasi. Jadi, lebih baik cuci tangan lebih sering dengan air dan sabun, dibanding hand sanitizer,” ujar dr. Arina. 

Tidak hanya menjadi kering, dr. Arina juga mengatakan penggunaan hand sanitizer yang berlebihan juga bisa menyebabkan kulit tangan gatal dan memerah. 

Artikel Lainnya: Karena Langka, Membuat Hand Sanitizer Sendiri, Aman atau Tidak?

2 dari 4 halaman

Cara agar Kulit Tidak Kering akibat Pakai Hand Sanitizer

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan agar kulit tidak kering akibat menggunakan hand sanitizer, seperti berikut ini.

  1. Mencuci Tangan dengan Air dan Sabun

Jangan malas mencuci tangan demi menjamin kebersihannya. Dokter Arina menjelaskan mencuci tangan dengan air dan sabun sebenarnya lebih efektif dalam membunuh kuman yang menempel di tangan. 

Nah, selain menjamin kebersihan tangan, mencuci tangan dengan rutin juga dipercaya mampu melembapkan tangan dan mencegah terjadinya kekeringan. 

Beberapa dermatologis menyarankan untuk mencuci tangan hanya dengan menggosok telapak tangan saja bila kondisi kulit tangan sedang sangat kering.

  1. Gunakan Pembersih Tangan Berbahan Lembut

Kalau Anda masih suka menggunakan hand sanitizer, pilihlah yang lembut dan aman untuk kulit. 

Misalnya, yang tidak terlalu banyak bahan pewangi. Pasalnya, pewangi buatan cenderung mengandung zat aditif yang dapat merusak permukaan kulit. 

  1. Gunakan Losion

Losion atau pelembap merupakan bagian paling penting untuk membantu mengatasi kulit kering, baik itu karena penggunaan hand sanitizer yang berlebihan atau pun karena terpapar sinar matahari. 

Biasakan untuk menggunakan pelembap setelah Anda mencuci tangan atau setiap tangan terasa gatal dan kering. 

Namun, janganlah menggunakan sembarang pelembap. Pasalnya, banyak losion yang hanya terbuat dari air, sehingga tidak dapat membantu mengunci kelembaban kulit Anda. 

Pilihlah pelembap berbasis minyak, atau yang mengandung petroleum jelly, asam laktat, dan gliserin.

Artikel Lainnya: Telanjur Pakai Hand Sanitizer Expired, Bagaimana Efeknya?

3 dari 4 halaman

Benarkah Losion Mengurangi Fungsi Hand Sanitizer?

Seperti yang dikatakan di atas, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering adalah dengan menggunakan losion. 

Namun, ada yang berpendapat kalau pakai pelembap setelah hand sanitizer membuat pembersih tangan tersebut tidak berfungsi maksimal. Benarkah? 

Dikutip dari POPSUGAR, pembersih tangan berbasis alkohol (hand sanitizer) dapat dengan mudah menyerap ke dalam kulit, sehingga penggunaan losion setelahnya tidak akan memengaruhi efektivitas hand sanitizer

Menurut ahli kimia, Nikita Wilson, jika digunakan dengan benar dan dengan komposisi bahan yang benar, maka efektivitas hand sanitizer tidak akan terganggu. 

“Sangat penting untuk membiarkan pembersih tangan benar-benar kering sebelum mengoleskan lotion. Hal ini untuk memastikan hand sanitizer bekerja secara efektif dan kemanjurannya tidak berkurang,” ujar Susan Mayou, Konsultan Ahli Kulit di Cadogan Clinic, London. 

Hal serupa juga dikatakan oleh dr. Arina. Ia menyatakan, tidak ada hubungan antara penggunaan losion dengan hand sanitizer

“Losion atau hand cream bisa dipakai setelah mengoleskan hand sanitizer. Cukup beri jeda waktu saja sekitar 1-2 menit. Tunggu hand sanitizer benar-benar kering, barulah Anda mengaplikasikan losion atau hand cream,” ujar dr. Arina. 

Meski begitu, dr. Arina mengimbau agar penggunaan hand sanitizer tidak dilakukan di rumah, karena Anda masih bisa cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun. 

Bagaimana pun, mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun masih lebih efektif membunuh kuman ketimbang menggunakan hand sanitizer

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar kulit tangan tidak kering akibat hand sanitizer. Konsultasikan masalah kulit kepada dokter via LiveChat 24 jam dan ketahui tips-tips merawat kulit dari KlikDokter!

(FR/AYU)

1 Komentar