Covid-19

Kulit Tangan Kering Karena Sering Pakai Hand Sanitizer, Atasi, yuk!

dr. Nadia Octavia, 24 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Karena parno dengan virus corona, Anda jadi sering pakai hand sanitizer dan kulit tangan pun jadi kering. Bagaimana cara mengatasinya?

Kulit Tangan Kering Karena Sering Pakai Hand Sanitizer, Atasi, yuk!

Di masa pandemi, penggunaan hand sanitizer seakan menjadi hal wajib agar terhindar dari infeksi virus corona. Hand sanitizer sering jadi andalan ketika tidak ada sabun dan air. Cara pakainya praktis dan terbukti cukup ampuh membunuh kuman dan virus.

Namun di sisi lain, tangan Anda bisa kering karena menggunakan hand sanitizer terlalu sering.

Hand sanitizer mengandung alkohol yang cukup tinggi, yakni sebesar 60 persen. Kadar alkohol tersebut bisa mengiritasi kulit bila dipakai secara berlebihan. Tak hanya itu, penggunaan hand sanitizer yang berlebihan juga bisa menyebabkan kulit tangan gatal dan memerah.

Kendati demikian, Anda tak perlu khawatir. Lakukan beberapa tips berikut untuk mengatasi tangan kering karena hand sanitizer:

1. Mencuci Tangan dengan Air dan Sabun

Untuk mengatasi kulit kering, rajinlah mencuci tangan dengan air dan sabun. Jadikan hand sanitizer hanya sebagai alternatif di kala tidak ada air.

Perlu diketahui, mencuci tangan dengan air dan sabun sebenarnya lebih efektif dalam membunuh kuman yang menempel di tangan. 

Selain menjamin kebersihan tangan, mencuci tangan dengan rutin juga dipercaya mampu melembapkan tangan dan mencegah terjadinya kekeringan. 

Beberapa dermatologis menyarankan untuk mencuci tangan hanya dengan menggosok bagian telapak tangan bila kondisi kulit tangan sedang sangat kering.

Artikel Lainnya: Bersihkan Tangan Bayi dengan Hand Sanitizer, Aman atau Tidak, Ya?

2. Gunakan Pembersih Tangan Berbahan Lembut

Bila ingin mengatasi tangan kering karena hand sanitizer, perhatikan produk yang digunakan. Pilihlah yang lembut dan aman untuk kulit. 

Misalnya, yang tidak terlalu banyak bahan pewangi. Pasalnya, pewangi buatan cenderung mengandung zat aditif yang dapat merusak permukaan kulit. 

3. Gunakan Losion

Losion atau pelembap merupakan bagian paling penting untuk membantu mengatasi kulit kering, baik itu karena penggunaan hand sanitizer yang berlebihan ataupun karena terpapar sinar matahari. 

Biasakan untuk menggunakan pelembap setelah Anda mencuci tangan atau setiap tangan terasa gatal dan kering. 

Kendati demikian, janganlah menggunakan sembarang pelembap. Pasalnya, banyak losion yang hanya terbuat dari air sehingga tidak dapat membantu mengunci kelembapan kulit.

Pilihlah pelembap berbasis minyak, atau yang mengandung petroleum jelly, asam laktat, dan gliserin.

Artikel Lainnya: Bahaya Kandungan Asetaldehida dan Metanol pada Hand Sanitizer

4. Hindari Menggunakan Mesin Pengering Tangan

Apabila Anda mengalami tangan kering karena hand sanitizer, hindari dulu penggunaan mesin pengering tangan.

Sebaiknya Anda keringkan dengan kertas tisu atau handuk. Suhu panas dari mesin pengering tangan dapat membuat tangan Anda menjadi lebih kering.

 

5. Rendam Tangan Menggunakan Oat

Salah satu cara alami untuk mengatasi tangan kering karena hand sanitizer, yaitu dengan oat. Tangan dapat direndam di dalam oat yang dicampurkan dengan air. Anda juga dapat memasak oat lebih dahulu. Selain itu, Anda bisa mencampurkan oat dengan minyak zaitun.

Oat mengandung polifenol yang dapat berperan sebagai antioksidan alami. Fungsinya sangat baik, yakni sebagai antiperadangan dan membantu mengatasi kulit kering. 

Mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun sebetulnya lebih efektif dalam membunuh kuman dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer.

Namun dalam kondisi darurat, misalnya ketika tidak ada fasilitas tempat mencuci tangan, hand sanitizer dapat menjadi alternatif. Anda bisa menerapkan beberapa tips di atas untuk mengatasi tangan kering karena penggunaan hand sanitizer.

Ingin konsultasi seputar masalah kesehatan yang dialami? Gunakan layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

virus coronaKulit Keringhand sanitizer

Konsultasi Dokter Terkait