Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Balita Minta Makan dari Piring Orang Tua, Haruskah Dikasih?

Balita Minta Makan dari Piring Orang Tua, Haruskah Dikasih?

Ada-ada saja memang perilaku balita. Bukannya menghabiskan makanan di piringnya, dia lebih suka mencomot makanan dari piring Anda. Haruskah dikasih?

Pernahkah Anda sedang makan, lalu mendadak anak makan sesuatu yang ada di piring Anda? Pasti bingung. Kalau tidak diberi Anda tentu kawatir si Kecil akan menangis. Tapi, kalau dibiarkan, takutnya ini jadi kebiasaan. Lalu, harus bagaimana?

Anak Menolak Makan dari Piring Sendiri

Lucunya, si Kecil kerap menolak makanan dari piringnya sendiri. Seolah makanan di piringnya tidak enak, anak lebih memilih mencomot makanan yang ada di piring orang tuanya.

Melihat hal ini, tanggapan dari orang tua terkadag bisa berbeda. Ada yang tidak masalah dengan perilaku anak tersebut, tapi ada juga yang bersikukuh menolaknya.

Setidaknya, inilah hal yang dialami Putra (bukan nama sebenarnya). Ia mengaku punya balita berusia 15 bulan yang sering minta makanan yang ada di piring orang tuanya.

Menurut Putra, sang istri tidak setuju dengan cara memberi makan balita dari piring orang tuanya seperti itu. Sebaliknya, Putra merasa tidak ada masalah dengan hal itu. Sepanjang si Kecil minta dari piring orang tuanya, bukan orang lain.

Anda juga punya pengalaman yang sama? Kalau ini yang terjadi, bagaimana sebaiknya sikap Anda?

Artikel lainnya: Jadwal Makan si Kecil Sesuai Perkembangan Usia

Penyebab Anak Mau Makan dari Piring Orang Tua

Sebenarnya ada banyak faktor anak minta makanan yang ada di piring orang tua. Entah dia hanya penasaran, memang lapar, atau ingin mengganggu orang tua mereka.

Menurut psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi, anak-anak biasanya akan melihat orang tua sebagai role model. Apa yang orang tua pakai, cara bersikap, kebiasaan sehari-hari, termasuk soal makanan. Makanya, sebagian anak ada yang ingin merasakan makanan yang ada di piring orang tua.

Anak yang masih di bawah usia 2 tahun biasanya masih susah menyampaikan keinginan hati mereka. Tak jarang orang tua sulit diterka apa maksud mereka meminta makanan dari orang tua.

Namun, kalau usianya sudah agak lebih besar, Anda bisa langsung bertanya. Tanyakan apa yang membuat mereka meminta makanan dari piring orang tua, padahal sudah punya makanan sendiri. Jelaskan bahwa makanan yang ada di piringnya sama enaknya dengan milik Anda.

Artikel lainnya: Bunda, Ini Daftar Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

1 dari 2 halaman

Baik atau Tidak Kalau Makan Sepiring dengan Orang Tua?

Pilihan untuk memberikan atau tidaknya makanan yang ada di piring memang kembali kepada orang tua masing-masing. Menurut Ikhsan, sebenarnya tidak masalah bila anak melakukan hal tersebut.

"Boleh saja pada saat orang tua lagi makan dan anak minta langsung kasih. Atau bisa juga ditaruh di piringnya sendiri untuk dia makan, sambil diajak makan bareng," tutur psikolog tersebut.

Lain halnya jika si Kecil meminta makanan dari orang lain—di luar orang tua atau keluarga inti. Tentu saja hal ini tidak bisa dibenarkan. Kalau ini yang terjadi, jelaskan pada anak bahwa meminta makanan orang lain adalah hal yang tidak baik.

Kalau dibiarkan, hal ini bisa menjadi kebiasaan dan anak akan berkembang menjadi sosok yang suka minta makanan. 

Namun begitu, sah-sah saja apabila Anda tidak ingin si Kecil mencomot makanan dari piring Anda. Salah satunya karena ingin mendidik anak fokus menghabiskan makanan di piringnya.

Namun yang terpenting, tetap komunikasikan dengan baik pada anak apa alasan Anda tidak menyukai perilaku itu. Sepakati juga dengan suami atau istri terkait hal ini agar si Kecil tidak bingung.

Cara mendidik anak bisa berbeda-beda. Baik memperbolehkan anak makan dari piring Anda atau tidak, semuanya tinggal disepakati dengan pasangan, lalu komunikasikan dengan baik pada si Kecil. Yuk, intip informasi lainnya seputar pola asuh anak di aplikasi KlikDokter.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar