Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Daya Tarik Seksual pada Istri Berkurang, Apa yang Harus Dilakukan?

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Daya Tarik Seksual pada Istri Berkurang, Apa yang Harus Dilakukan?

Sangat mungkin daya tarik pada istri berkurang seiring bertambahnya usia pernikahan. Jika sudah begini, apa yang harus dilakukan oleh pria?

Seiring dengan bertambahnya usia pernikahan, daya tarik seksual bisa saja menurun. Misalnya saja, sang suami sudah tidak terlalu menggebu saat berhubungan intim dengan istrinya. Bahkan, sebagian pria merasa sex appeal sang istri sudah menurun!

Ya, suka atau tidak, daya tarik seksual memang bisa menurun seiring berjalannya waktu. Nah, kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan?

Penyebab Daya Tarik Seksual Menurun

Menurunnya daya tarik seksual adalah hal yang lazim bagi Anda yang sudah berumah tangga dalam waktu yang lama. Biasanya, kondisi ini menimpa pasangan yang sudah bersama selama lebih dari 5 tahun.

Menurut Pamela Stephenson Connolly—psikoterapis yang fokus dalam mengobati masalah seksual—ada banyak faktor yang memengaruhi hal ini terjadi pada pria. Connolly menyebut salah satunya adalah masalah libido.

Kondisi penurunan libido bisa dipengaruhi banyak hal. Salah satunya karena pria menyimpan kebencian atau ketidakpuasan dalam diri mereka sendiri.

Artikel lainnya: 7 Mitos dan Fakta Seputar Payudara

"Mungkin Anda menyimpan kebencian tentang beberapa perubahan dalam diri Anda. Secara signifikan, ini dapat memengaruhi libido Anda," ujar Connolly.

"Untuk mengatasinya, Anda mungkin perlu melihat kembali kepribadian Anda. Dengan melakukan itu, Anda dan pasangan akan merasakan kebangkitan libido," kata dia, dikutip dari The Guardian.

Selain itu, Connolly mengatakan bahwa salah satu kunci daya tarik seksual bisa terus tinggi di antara setiap pasangan adalah menciptakan percikan-percikan tak terduga. Pada akhirnya, itu membuat sensasi tersendiri terkait daya tarik wanita.

"Ketertarikan timbal balik menuntut Anda melihat pasangan sebagai bagian yang terpisah dari dirinya sendiri. Jika Anda selalu tahu apa yang dipikirkan satu sama lain, sensasi dalam berhubungan seks akan berkurang. Akhirnya, percikan seksual pun ikutan mati," kata Pamela.

Namun, ini bukan berarti Anda tidak boleh bersikap terbuka dengan pasangan. Hanya saja, Anda perlu mencari sensasi tersendiri agar percikan seksual tidak hilang.

"Pilih beberapa aktivitas bersama satu atau dua teman Anda, tanpa istri. Ketika Anda terpisah secara emosional dan intelektual dari pasangan, seks yang baik akan menggelora," ungkap Connolly.

Artikel lainnya: Apa yang Menentukan Posisi Seks Favorit Wanita?

Bangkitkan Lagi Libido Anda

Daya tarik seksual sangat berhubungan dengan libido atau dorongan seksual itu sendiri. Lantas, bagaimana sih cara untuk membangkitkan libido? Berikut beberapa di antaranya.

  1. Olahraga rutin

 

Ada sebuah studi pada 2015 tentang pria yang menjalani terapi kekurangan androgen yang menurunkan kadar testosteronnya. Studi menemukan bahwa olahraga teratur membantu pria mengatasi masalah seperti body image, libido rendah, dan perubahan kualitas hubungan.

  1. Kontrol Stres Anda

Menurut dr. Iqbal Ramadhan dari Klikdokter, tingkat stres psikis yang tinggi adalah kendala terbesar fungsi seksual dan libido. Individu dengan jadwal kerja yang padat, tanggung jawab yang berat, atau tekanan hidup lainnya akan merasa lelah. Akibatnya, hasrat seksual pun rendah.

Artikel lainnya https: 8 Hal yang Bisa Terjadi pada Organ Intim Wanita Usai Berhubungan Seks

"Pada pria, stres atau kecemasan juga dapat membuat Anda lebih sulit untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi, akhirnya hubungan seks jadi terhenti," kata dr. Iqbal.

  1. Perhatikan Kualitas Tidur

Dokter Iqbal menjelaskan bahwa tidur yang nyenyak dan cukup waktunya dapat memperbaiki suasana hati dan energi secara keseluruhan.

Sebuah studi berskala kecil pada 2015 yang dilakukan pada wanita menunjukkan bahwa lebih banyak tidur pada malam sebelumnya akan meningkatkan hasrat seksual di hari berikutnya. 

Hasil studi ini membuktikan, waktu tidur rata-rata yang lebih lama menjadikan libido lebih baik ketimbang mereka yang waktu tidurnya lebih pendek.

Artikel lainnya: Efek Samping Seks pada Wanita Ini Aneh tapi Normal

  1. Konsumsi Makanan Bergizi Lengkap dan Seimbang

Menerapkan pola makan bergizi lengkap seimbang bermanfaat untuk menjaga gairah seksual, yaitu dengan dengan meningkatkan sirkulasi darah serta kesehatan jantung.

Sindrom metabolik dan penyakit jantung (kardiovaskular) dapat memengaruhi fungsi seksual secara fisik. Khusus wanita, sindrom ovarium polikistik (PCOS) juga dapat memengaruhi kadar hormon, yang pada akhirnya dapat mengacaukan libido.

Untuk mencegah dan mengatasi gangguan terkait libido, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat, protein tanpa lemak, serta rendah gula.

  1. Pertahankan Berat Badan Ideal

Berat badan ideal tak hanya bagus untuk kesehatan secara keseluruhan, tapi juga untuk gairah seks. Beberapa ilmuwan menghubungkan kelebihan berat badan dengan dorongan seks yang rendah.

"Hal ini terkait dengan faktor hormonal, misalnya konsentrasi testosteron yang rendah serta efek psikologis seperti rasa percaya diri yang rendah," kata dr. Iqbal.

Dengan berusaha untuk mempertahankan berat badan yang ideal, gairah seks bisa terjaga atau meningkatkan gairah seks seseorang, baik secara fisik maupun psikologis.

  1. Berhenti Merokok

Berkaitan dengan libido, merokok memiliki dampak negatif pada sistem kardiovaskular seseorang.

"Kesehatan jantung merupakan bagian penting untuk fungsi seksual yang baik. Orang-orang yang berhenti merokok terbukti mengalami peningkatan energi dan dorongan seksual," tegas dr. Iqbal.

Menurunnya daya tarik seksual pada istri bisa berarti ada sesuatu yang salah pada tubuh ANda. Beberapa cara di atas dapat membantu Anda menjaga agar hubungan dengan pasangan terus “hangat”. Ada pertanyaan seputar kehidupan seksual? Tanyakan pada dokter via Live Chat!

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar