Sukses

Makanan Penambah Stamina agar Tetap Bugar Saat Lembur

Lembur biasanya dapat menguras tenaga serta stamina. Adakah makanan penambah stamina untuk orang yang suka kerja lembur? Intip jawabannya di bawah ini.

Lembur karena pekerjaan menumpuk pada dasarnya bisa menguras stamina dan tenaga Anda. Lembur sah-sah saja dilakukan, namun jangan keseringan, ya. Kebanyakan lembur bisa membuat badan gampang sakit dan stamina jadi menurun. Untuk itu, simak apa saja makanan penambah stamina agar kerja lembur bisa tetap sehat dan bugar.

Makanan Penambah Stamina Saat Lembur

Untuk tetap bisa berkonsentrasi sekaligus tetap bugar saat lembur di kantor, Anda wajib makan makanan yang bernutrisi. Berikut adalah sembilan makanan yang bisa menambah stamina saat lembur.

  1. Pisang 

Pisang merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi vitamin dan mineral. Di dalam buah pisang terdapat asupan karbohidrat, vitamin B, dan mineral kalium yang kadarnya cukup tinggi. 

Kandungan nutrisi pada pisang tersebut mampu meningkatkan energi di dalam tubuh Anda. Selain itu, kandungan serat dalam buah pisang juga bisa menahan rasa lapar lebih lama. Anda pun jadi bisa menahan rasa lapar berlebih saat lembur di kantor. 

  1. Kopi 

Kopi adalah salah satu minuman yang dapat meningkatkan konsentrasi saat Anda bekerja. Perlu diketahui, bahwa kopi mengandung kafein yang dapat menghambat aktivitas adenosin, yaitu sebuah neurotransmitter di otak yang mampu meningkatkan produksi hormon epinefrin. 

Hormon epinefrin yang meningkat ini mampu membuat tubuh berada dalam kondisi waspada dan mudah berkonsentrasi saat kerja lembur. Minum kopi saat lembur jangan banyak-banyak, ya. Usahakan tidak lebih dari dua cangkir kopi dalam semalam. Kebanyakan minum kopi bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

  1. Makanan yang Mengandung Asam Lemak Tak Jenuh 

Asam lemak tidak jenuh adalah nutrisi yang dapat mencegah tubuh terasa lelah akibat terjadinya inflamasi (peradangan). Saat makan makanan mengandung nutrisi ini, nantinya tubuh bisa terhindar dari pegal linu karena lembur semalaman di kantor. Anda bisa mendapatkan makanan penambah stamina ini dari ikan salmon, ikan tuna atau alpukat.

  1. Telur 

Saat lembur dan mulai terasa lapar, Anda bisa makan telur rebus. Telur adalah makanan penambah stamina karena mengandung protein asam amino yang bisa meningkatkan asupan energi di malam hari. 

Selain itu, protein dalam telur berfungsi membakar cadangan lemak di dalam tubuh untuk dijadikan energi. Ini bisa membuat stamina Anda tetap stabil dan meningkat walaupun harus bekerja hampir seharian.

  1. Air putih 

Saat lembur, penting untuk tetap minum air putih dalam jumlah cukup. Minum air putih, atau air mineral, berguna untuk mencegah dehidrasi. Pasalnya, orang yang dehidrasi rentan mengalami rasa lelah dan lemas pada tubuhnya. Pastikan Anda konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari saat lembur. Jangan sampai kurang, ya!

  1. Vitamin B 

Vitamin B1, B6 dan B12, merupakan salah satu vitamin yang dapat mencegah tubuh lemas dan mudah pegal-pegal. Konsumsi vitamin B saat Anda lembur juga dapat membantu mencegah tubuh lemas dan lesu. Anda bisa dapatkan manfaat makanan penambah stamina ini dengan mengonsumsi sayur bayam, selada, dan juga susu sewaktu harus lembur. 

  1. Buah Apel 

Buah apel adalah salah satu makanan penambah stamina yang praktis dibawa untuk jam-jam lembur. Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, makan apel dapat menghasilkan energi dan mengandung banyak antioksidan baik untuk tubuh. Nutrisi tersebut sangat baik untuk membakar energi, sehingga stamina pun bisa tetap terjaga saat lembur. 

  1. Nasi merah 

Nasi merupakan salah satu asupan karbohidrat yang penting dikonsumsi saat lembur. Selain mengandung indeks glikemik yang rendah, nasi merah juga bisa menjadi makanan yang menambah energi. Anda pun bisa kenyang tanpa perlu takut gendut karena makan nasi saat waktu kerja memanjang. 

  1. Minum Multivitamin

Selain dari makanan, Anda bisa minum multivitamin sebagai penambah stamina saat harus kerja lembur. Anda bisa minum multivitamin Fatigon Spirit yang memiliki kandungan sebagai berikut:

  • L-Carnitine

L-carnitine adalah zat tubuh yang berperan untuk mendapatkan energi cukup.  Ia bekerja dengan cara membawa asam lemak menuju mesin produksi energi di tubuh yaitu mitokondria. Dengan mengonsumsi suplemen mengandung zat ini, tubuh pun bisa menghasilkan energi secara maksimal.

  • 1-3-7 Trimetyl Xantin (kafein)

Kafein memiliki fungsi untuk menstimulasi sistem saraf pusat, alhasil setelah dikonsumsi tubuh akan terus terjaga dan tidak mudah mengantuk. Selain itu kafein juga bermanfaat untuk memperlambat penurunan fungsi otak.

  • Nano Ginseng

Manfaat ginseng bagi tubuh adalah dapat meningkatkan fungsi kognitif yaitu suatu kemampuan untuk berpikir. Sehingga setelah mengonsumsi ginseng, konsentrasi saat bekerja dapat meningkat.

  • BCAA

Branched-chain amino acid adalah zat yang memiliki kandungan asam amino, Fungsinya untuk meningkatkan kemampuan stamina tubuh dan otot saat beraktivitas, terutama ketika harus lembur kerja.

Jadi, kandungan Fatigon Spirit tersebut membantu meningkatkan stamina, menambah tenaga, serta memberikan kesegaran pikiran saat bekerja. Anda bisa minum 2 sampai 3 kaplet dalam sehari untuk memaksimalkan stamina dan energi pada waktu lembur.

Selain makan makanan bergizi, minum air putih, dan mengonsumsi multivitamin, usahakan juga untuk tidur cukup minimal 8 jam agar tubuh tetap sehat. Apabila Anda ingin tahu lebih lanjut tentang tips sehat saat lembur, Anda bisa konsultasi dengan dokter. Untuk lebih mudahnya, ajukan pertanyaan lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. 

(OVI/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar