Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tak Bisa Instan, Ini Waktu yang Diperlukan Skin Care untuk Tunjukkan Hasil

Tak Bisa Instan, Ini Waktu yang Diperlukan Skin Care untuk Tunjukkan Hasil

Baru sebulan sudah ganti skin care lagi karena yang sebelumnya tak menampakkan hasil? Ya, jelas! Efek pemakaiannya, kan, tak secepat itu! Ini waktu idealnya.

Belum sebulan beli tapi sudah ingin ganti produk skin care lagi karena dianggap tak mempan. Padahal, efek skin care memang tak ada yang instan. Berapa lama idealnya waktu yang dibutuhkan agar produk bisa mulai menunjukkan hasil seperti klaimnya?

Jangan termakan iklan atau review berbayar oleh influencer terkait produk perawatan kulit atau wajah, apalagi yang menjanjikan hasil super cepat. Padahal, efek skin care umumnya baru bisa terlihat bila dipakai rutin dalam jangka waktu tertentu.

Berapa Lama Skin Care Bekerja Sesuai Klaimnya?

Perlu diingat, tiap produk skin care punya waktu yang berbeda-beda. Misalnya, produk perawatan jerawat biasanya lebih cepat memberikan hasil ketimbang produk antipenuaan atau produk untuk mencerahkan wajah.

Semua produk memiliki waktu kerjanya masing-masing. Kalau tidak sabaran, lebih baik lakukan perawatan di klinik kecantikan (itu pun tak bisa sekali datang wajah langsung kinclong).

Artikel lainnya: Mudah Terpengaruh Influencer, Ini Efek Terlalu Banyak Pakai Skin Care

Kalau soal perawatan kulit, kuncinya memang disiplin, telaten, dan sabar. Jadi, jangan buru-buru ingin membuang produk yang baru beberapa minggu dipakai. Berapa lama produk perawatan kecantikan mulai menampakkan hasil?

  1. Skin Care Pencerah Kulit

Pemilik kulit kusam, “gosong” alias hiperpigmentasi, flek hitam, atau noda bekas jerawat tentu akrab dengan produk perawatan untuk mencerahkan kulit. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, setidaknya produk ini butuh 2-3 bulan untuk bisa bekerja.

Dermatolog dari Union Square Laser Dermatology, New York, Dr. Jennifer Macgregor mengatakan, efektivitas skin care pencerah wajah juga sangat bergantung pada pemakaian tabir surya.

Bila pemakaian produk tidak dibarengi dengan tabir surya, maka waktu yang diperlukan untuk terlihat hasilnya pun lebih lama.

Artikel lainnya: Cara Memilih Skin Care yang Tepat untuk Kulit Wajah

  1. Skin Care Antipenuaan

Skin care ini juga banyak digunakan untuk melawan penuaan. Meski populer di kalangan usia 30-an, tapi banyak juga yang menyarankan penggunaannya sejak memasuki usia 25 tahun.

Ternyata, dari sekian banyak produk skin care, ternyata jenis ini memang yang paling lama butuh waktu, yaitu 3-6 bulan.

Jadi, jangan langsung ingin ganti merek bila sudah sebulan pakai tapi hasilnya masih tak terlihat. Ini karena produk antipenuaan kulit bekerja sampai ke lapisan terdalam untuk mengubah tekstur kulit. Produk akan meningkatkan produksi kolagen dan itu butuh waktu.

  1. Skin Care Jerawat

Produk perawatan jerawat biasanya akan terlihat hasilnya dalam menumpas jerawat setelah pemakaian selama 1-2 bulan. Bahkan, ada pula yang lebih cepat dari itu.

Untuk produk yang mengandung AHA dan asam salisilat, biasanya akan memberikan efek setelah 1,5 bulan masa pakai.

Artikel lainnya: Jangan Kemudaan, Ini Batas Usia Remaja Pakai Skin Care

  1. Skin Care untuk Menghaluskan dan Melembapkan

Produk jenis ini biasanya dipakai oleh pemilik kulit kerit dan tekstur kulit cenderung kasar. Toner atau krim penghalus dan pelembap dapat memberikan hasil yang cukup cepat, yaitu setelah 2 minggu pemakaian.

Hasilnya akan lebih maksimal jika produk dipakai dua kali sehari secara teratur, yaitu pada pagi dan malam hari.

Dari KlikDokter, dr. Karin Wiradarma menyarankan untuk langsung mengaplikasikan pelembap habis mandi. Tujuannya agar kandungan produk lebih mudah diserap kulit.

  1. Skin Care untuk Peradangan Kulit

Peradangan kulit yang dimaksud di sini adalah rosasea. Rosasea adalah munculnya bintik-bintik kemerahan yang sering dijumpai pada orang berkulit putih. Gangguan kulit ini memiliki gejala khas berupa kulit mudah merah (flushing).

Produk skin care yang ditujukan untuk masalah kulit ini bisanya baru memperlihatkan hasil setelah 2-3 bulan pemakaian. Sementara itu, obat oral yang diberikan dokter baru bekerja selama sekitar 1 bulan.

Beda dengan empat jenis skin care sebelumnya, produk untuk perawatan kulit yang meradang harus diresepkan langsung oleh dokter spesialis kulit.

Jangan dulu bilang produk tertentu jelek hanya karena dalam beberapa minggu tak menampakkan hasil. Berapa lama waktu skin care untuk terlihat hasilnya bisa berbeda-beda. Agar aman dan optimal, konsultasikan dengan dokter. Anda juga bisa tanya-tanya langsung ke dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(RN/RPA)

2 Komentar

  • Kelvin Harefa

    aku mau nanyak dok,wajahku sering gatal kemerahan,krn apa,jika krn bedak,knapa belakangan ini sering terjadi.padahal dah bertahun tahun aku makek bedakku ini dan gak pernah ganti

  • Sariyanti Sariyanti

    rumah sakit atau klinik mana yang mau menangani kecantikkan kulit???