HomeInfo SehatKulitTak Bisa Instan, Ini Waktu yang Diperlukan Skin Care untuk Tunjukkan Hasil
Kulit

Tak Bisa Instan, Ini Waktu yang Diperlukan Skin Care untuk Tunjukkan Hasil

dr. Adeline Jaclyn, 19 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Belum sebulan beli tapi sudah ingin ganti produk skincare lagi karena dianggap tak mempan. Padahal, efek skincare memang tak ada yang instan. Ini waktu idealnya.

Tak Bisa Instan, Ini Waktu yang Diperlukan Skin Care untuk Tunjukkan Hasil

Apakah kamu suka gonta-ganti produk skincare, padahal baru saja sebulan beli? Jika ya, kamu harus tahu bahwa efek skincare tidak ada yang instan.

Efek skin care umumnya baru bisa terlihat bila dipakai rutin dalam jangka waktu tertentu. Nah, tiap produk skincare punya waktu yang berbeda-beda. 

Misalnya, produk perawatan jerawat biasanya lebih cepat memberikan hasil ketimbang produk antipenuaan atau produk untuk mencerahkan wajah.

Lalu, berapa lama skincare bekerja hingga terlihat hasilnya? Yuk, cari tahu.

1. Skincare Pencerah Kulit

Bagi kamu pemilik kulit kusam, “gosong” alias hiperpigmentasi, flek hitam, atau noda bekas jerawat tentu akrab dengan produk perawatan untuk mencerahkan kulit. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, setidaknya produk ini butuh 2-3 bulan untuk bisa bekerja.

Dermatolog dari Union Square Laser Dermatology, New York, dr. Jennifer Macgregor mengatakan, efektivitas skincare pencerah wajah juga sangat bergantung pada pemakaian tabir surya.

Bila pemakaian produk tidak dibarengi dengan tabir surya, maka waktu yang diperlukan untuk terlihat hasilnya pun lebih lama.

Artikel Lainnya: Mudah Terpengaruh Influencer, Ini Efek Terlalu Banyak Pakai Skin Care

2. Skincare Antipenuaan

Skincare antipenuaan banyak digunakan untuk melawan penuaan. Meski populer di kalangan usia 30-an, tidak sedikit yang menyarankan untuk menggunakan skincare antipenuaan sejak memasuki usia 25 tahun.

Ternyata, dari sekian banyak produk skincare, jenis ini memang yang paling lama membutuhkan waktu hingga menunjukkan hasil.  Jangka waktu pemakaian skincare antipenuaan berkisar 3-6 bulan.

Soalnya, produk anti penuaan kulit bekerja sampai ke lapisan terdalam untuk mengubah tekstur kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Proses ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

3. Skin Care Jerawat

Produk perawatan jerawat biasanya akan terlihat hasilnya dalam menumpas jerawat setelah pemakaian selama 1-2 bulan. Bahkan, ada pula yang lebih cepat dari itu

Untuk produk yang mengandung AHA dan asam salisilat, biasanya akan memberikan efek setelah 1,5 bulan masa pakai.

4. Skincare untuk Menghaluskan dan Melembapkan

Produk jenis ini biasanya dipakai oleh pemilik kulit kering dan tekstur kulit cenderung kasar. Toner atau krim penghalus dan pelembap dapat memberikan hasil yang cukup cepat, yaitu setelah dua minggu pemakaian.

Hasilnya akan lebih maksimal jika produk dipakai dua kali sehari secara teratur, yaitu pada pagi dan malam hari.

Kamu disarankan untuk langsung mengaplikasikan pelembap setelah mandi. Tujuannya adalah agar kandungan produk lebih mudah diserap kulit.

5. Skincare untuk Peradangan Kulit

Rosacea adalah peradangan yang menyebabkan munculnya bintik-bintik kemerahan pada kulit dan sering dijumpai pada orang berkulit putih. Karenanya, penderita rosacea mengalami gejala khas berupa kulit mudah merah (flushing).

Nah, produk skincare untuk mengatasi rosacea biasanya baru memperlihatkan hasil setelah 2-3 bulan pemakaian. Sementara itu, obat oral yang diberikan dokter baru bekerja selama sekitar 1 bulan.

Beda dengan empat jenis skin care sebelumnya, produk untuk perawatan kulit yang meradang harus diresepkan langsung oleh dokter spesialis kulit.

Artikel Lainnya: Mitos Tentang Skincare yang Tak Perlu Anda Percaya

6. Skincare yang Bersifat Eksfoliatif

Perawatan kulit yang bersifat eksfoliatif (mengelupas kulit) biasanya digunakan dua kali per minggu untuk membantu membuka pori-pori dan membersihkan sel kulit mati. Namun, hasilnya tidak akan terlihat hanya setelah 10 menit pemakaian. 

Apabila digunakan secara teratur, skincare ini bisa membuat kulit kamu menjadi lebih cerah dan lembut. Hasilnya akan terlihat maksimal setelah pemakaian kira-kira 6-8 minggu. 

7. Krim Mata 

Bagian bawah mata memiliki kulit yang lebih tipis. Sehingga, bagian ini akan lebih cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan, bengkak dan kering. 

Nah, untuk mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit bagian bawah mata, kamu bisa menggunakan krim mata. Meski begitu, produk skincare satu ini baru menunjukkan hasil setelah digunakan selama delapan minggu. 

Berapa lama hasil pemakaian skincare bekerja bisa berbeda-beda tergantung jenis produknya. Satu hal yang jelas, skincare tidak memberikan hasil instan.

Karenanya, jangan termakan iklan atau review berbayar oleh influencer soal perawatan kulit atau wajah yang menjanjikan hasil super cepat, ya! 

Agar penggunaan skincare aman dan optimal, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit melalui fitur tanya dokter online di KlikDokter.

Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengetahui informasi seputar kesehatan kulit lainnya. 

(ADT/JKT)

Perawatan Kulit

Konsultasi Dokter Terkait