HomeInfo SehatGigi MulutPengguna Gigi Implan Harus Pakai Pasta Gigi Propolis, Benarkah?
Gigi Mulut

Pengguna Gigi Implan Harus Pakai Pasta Gigi Propolis, Benarkah?

drg. Callista Argentina, 18 Feb 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Agar gigi implan awet, perlu perawatan yang benar. Konon, salah satunya menyikat gigi dengan pasta gigi berbahan propolis. Benarkah?

Pengguna Gigi Implan Harus Pakai Pasta Gigi Propolis, Benarkah?

Kini, implan gigi semakin banyak dipilih karena merupakan alternatif jenis gigi palsu dengan tingkat kenyamanan yang paling tinggi. Namun, agar implan bisa bertahan lama, perlu perawatan yang benar. Salah satunya, menyikat gigi dengan pasta gigi yang tepat. Apakah menggunakan pasta gigi propolis salah satunya?

Perawatan Implan Gigi

Implan gigi adalah salah satu jenis gigi palsu untuk menggantikan gigi yang hilang. Kelebihan implan gigi adalah bentuknya yang sangat menyerupai gigi asli sehingga tidak perlu dilepas pasang sendiri.

Meski disebut paling nyaman saat digunakan, implan gigi juga memiliki kekurangan. Selain harganya mahal, prosedur pemasangannya pun lama dan bertahap. Karena itu, jika sudah menggunakannya, pasien harus merawat kebersihan dan mengecek kesehatan giginya secara rutin.

Merawat kebersihan implan gigi pun tidak bisa disamakan dengan merawat gigi biasa karena permukaan keduanya berbeda. Menurut Journal of Dentistry, menyikat implan gigi dengan pasta gigi biasa sebenarnya tidak merusak implan tersebut.

Kandungan di dalam pasta gigi, yaitu fluoride, dapat mengikis dan membuat permukaan implan gigi menjadi kasar. Permukaan yang kasar akan membuat plak gigi menempel lebih banyak dibanding permukaan yang halus.

Hal ini tentu sangat merugikan pasien implan gigi. Karena permukaan implan gigi mudah sekali menjadi tempat menempelnya plak gigi.

Terutama pada bagian gusi di sekeliling implannya, sangat rentan terhadap kuman yang menyebabkan peradangan.

Peradangan tersebut lama-kelamaan akan menyebabkan terlepasnya gusi dan tulang di sekeliling implan. Akibatnya, kegagalan implan bisa saja terjadi.

Jadi, Harus Pakai Pasta Gigi Propolis?

Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Nah, agar implan gigi dapat bertahan dan tidak lekas rusak, Anda perlu menggunakan pasta gigi dengan bahan yang tepat. Salah satunya adalah mengandung bahan propolis.

Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah dan memiliki banyak manfaat penting dalam menjaga kesehatan gusi dan rongga mulut. Propolis mampu memelihara kesehatan gusi dan mencegah terjadinya peradangan pada gusi.

Bahan alami ini memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan antiradang. Selain itu, propolis juga memiliki sifat antijamur, antivirus, dan juga antitumor.

Itulah sebabnya, ekstrak propolis makin banyak digunakan untuk produk kesehatan, seperti pasta gigi, larutan kumur, dan lozenges (sejenis permen untuk sakit tenggorokan).

Artikel lainnya: Manfaat Propolis di Pasta Gigi yang Perlu Anda Tahu

Pasta gigi yang mengandung propolis terbukti dapat memperbaiki kesehatan rongga mulut dan menyembuhkan gangguan pada gusi.

Larutan kumur yang mengandung propolis juga bisa menghambat penyakit peri-implantitis.

Jadi, pasta gigi dan larutan kumur yang mengandung propolis sebenarnya sangat berguna untuk pencegahan maupun pengobatan kerusakan di gusi.

Peri-implantitis itu sendiri adalah penyakit gusi yang disebabkan karena proses radang pada gusi di sekitar implan dan merusak tulang di sekitar implan.

Peri-implantitis akan muncul pada 10-50% pemakai implan gigi setelah pemakaian 10 tahun. Pasien yang tadinya sudah memiliki penyakit periodontitis akan lebih mudah terkena peri-implantitis.

Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kegagalan pada implan gigi. Namun, penggunaan pasta gigi yang mengandung propolis bukan satu-satunya perawatan.

Pengguna implan gigi juga diharuskan untuk melakukan pemeliharaan dan pengecekan secara rutin ke dokter gigi. Biasanya, 3 bulan sekali di tahun pertama dan selanjutnya cukup 6 bulan sekali.

Anda juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh secara keseluruhan yang dilakukan oleh dokter umum. Jangan pula lupakan kedisiplinan merawat gigi di rumah. Ini sangat berpengaruh dalam menentukan apakah implan gigi akan bertahan dalam waktu lama atau tidak.

Pengguna gigi implan sebaiknya menggunakan pasta gigi berbahan propolis untuk menjaga gusi tetap sehat. Namun, ini bukan satu-satunya perawatan agar gigi implan awet. Pengecekan rutin dan kedisiplinan merawat gigi juga penting dilakukan. Cari tahu lebih banyak info kesehatan gigi lainnya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/AYU]

propolisImplan gigiGigi dan Mulut

Konsultasi Dokter Terkait