HomePsikologiRelationshipPunya Panggilan Sayang untuk Pacar, Adakah Manfaatnya?
Relationship

Punya Panggilan Sayang untuk Pacar, Adakah Manfaatnya?

Siti Putri Nurmayani, 01 Jun 2023

Ditinjau Oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog

Icon ShareBagikan
Icon Like

Banyak pasangan yang punya panggilan sayang untuk pasangannya. Sebetulnya, apakah ini penting, hal yang klise, atau justru norak dalam sebuah hubungan?

Punya Panggilan Sayang untuk Pacar, Adakah Manfaatnya?

Apakah kamu memiliki nama panggilan untuk pasangan atau justru hanya memanggilnya dengan nama biasa? Pada dasarnya, memiliki nama panggilan sayang untuk pacar merupakan hal normal dalam sebuah hubungan.

Panggilan sayang seperti “Honey”, “Sayang”, “Cinta”, “Babe”, dan lainnya digunakan oleh kebanyakan pasangan untuk menunjukkan kasih sayang.

Namun, terdapat beberapa orang yang merasa tidak perlu untuk menggunakan nama panggilan. Bahkan, tak jarang ada yang menganggap panggilan sayang tersebut adalah hal yang norak.

Adakah Manfaat Panggilan Sayang untuk Pasangan?

Dikutip dari Business Insider, Profesor Dean Falk dari Universitas Florida, Amerika Serikat, mengatakan bahwa panggilan sayang atau pet name dapat membantu pasangan merasa terbuka dan nyaman.

Dalam sebuah hubungan, keterbukaan dan rasa nyaman sangat penting untuk membantu menguatkan hubungan, sehingga menjadi langgeng dan penuh warna.

Sayangnya, punya panggilan untuk pasangan akan kembali lagi kepada masing-masing pasangan.

Meski tidak semua orang menyukainya, Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog menuturkan bahwa panggilan sayang memiliki banyak manfaat dalam hubungan.

“Manfaat panggilan sayang itu bisa mempererat hubungan di antara keduanya. Jika panggilan sayang sudah disepakati dan keduanya senang dengan panggilan tersebut, panggilan itu punya manfaat positif yang menyenangkan dan membuat pasangan merasa nyaman,” ujarnya.

Meski terdengar sepele, bahkan terkadang konyol, beberapa orang merasa senang atau disayang bila dipanggil dengan panggilan sayang.

Yang Harus Diperhatikan saat Memberikan Panggilan Sayang Pada Pasangan

panggilan sayang

Meski memiliki panggilan sayang berdampak baik pada hubungan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan panggilan sayang, yaitu:

1. Pilih Panggilan Sayang yang Sopan

Meski memiliki panggilan sayang tampak menyenangkan, namun saran dari Psychology Today, nama panggilan yang dipilih haruslah tetap sopan.

Penggunaan pet name untuk orang yang kita cintai adalah salah satu cara untuk menunjukkan rasa kasih sayang. Meski pemilihan panggilan sayang tidak harus sama dengan yang digunakan orang lain, namun pastikan hal tersebut masih terdengar sopan.

Artikel Lainnya: Cara Membuat Pasangan Merasa Spesial

2. Pastikan Pasangan Menyukai Panggilan Sayang

Terkadang, ada panggilan sayang yang sebetulnya tidak disukai oleh seseorang, misalnya yang menyangkut kekurangan tertentu pada dirinya. Contohnya, “Si Jerawatan”, “Si Gendut”, dan sebagainya.

Untuk itu, kamu perlu memastikan bahwa panggilan sayang yang diberikan untuk pasangan, disukai oleh pasangan. Jangan pernah memanggil panggilan sayang jika pasangan tidak menyukainya. Hal ini bisa membuat pasangan mengira bahwa kamu tidak menghargainya.

Jika kamu atau pasangan tidak ingin memiliki nama panggilan khusus, jangan khawatir, ini merupakan hal yang wajar. Asal kamu dan sama-sama bahagia, jujur, dan saling menghargai, tidak memiliki nama panggilan bukanlah masalah yang besar.

Temukan tips relationship lainnya dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. Selain itu, kamu juga bisa konsultasi dengan psikolog terkait hubungan yang sedang dijalani. KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu!

HubunganPanggilan Sayang

Konsultasi Dokter Terkait