Kulit

Scrub Badan Dilarang Dipakai di Wajah, Kenapa?

dr. Nabila Viera Yovita, 04 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sama-sama scrub, tapi jenis yang untuk badan tidak boleh digunakan ke wajah? Apa alasannya sama seperti sabun mandi yang tidak boleh dipakai di wajah?

Scrub Badan Dilarang Dipakai di Wajah, Kenapa?

Kulit lembut dan cerah, baik wajah maupun badan, tak bisa diwujudkan hanya dengan mengandalkan sabun. Sebab, sabun tak punya kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati.

Scrub atau lulur mampu memberikan khasiat itu. Penggunaan yang rutin dan tepat mampu membuang sel kulit mati, menghidupkan kembali kulit yang kusam, serta mengurangi episode timbulnya jerawat.

Scrub untuk kulit dan wajah jelas berbeda. Namun, ada saja yang menggunakan produk untuk badan pada wajah.

Lalu, apakah body scrub bisa untuk wajah? Berikut ulasan lengkapnya untukmu. 

Bahaya Penggunaan Body Scrub untuk Wajah 

Banyak orang menggunakan body scrub di wajah untuk berbagai alasan. Padahal, hal ini tidak baik.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa body scrub tidak bisa digunakan untuk wajah:

1. Kulit Sensitif

Body scrub dibuat untuk kulit yang lebih tebal dan kuat seperti lutut dan siku. Sementara kulit wajah lebih sensitif dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. 

Apabila digunakan pada wajah, body scrub berisiko menimbulkan iritasi, goresan, kekeringan, rasa gatal, serta jerawat. 

Apabila kamu punya jenis kulit yang berminyak, efek samping tersebut mungkin tidak muncul.

Sementara bagi pemilik kulit yang kering, sensitif, dan rentan jerawat, sebaiknya gunakan bahan eksfoliasi yang lebih lembut.

Artikel Lainnya: Bahaya Kandungan Kosmetik Hydroquinone untuk Wajah

2. Bahan yang Berbeda

Body scrub tidak bisa digunakan untuk wajah karena memiliki konsistensi yang lebih tebal, partikel yang lebih besar, serta konsentrasi konten asam yang lebih tinggi dibandingkan face scrub.

Karakteristik tersebut terlalu agresif untuk kulit wajah. Sering kali body scrub mengandung garam laut, gula, kopi, oatmeal, dan parfum. 

Di sisi lain, face scrub umumnya mengandung bahan yang melembapkan dan menenangkan seperti aloe vera, timun, santan, minyak zaitun, dan minyak almon.

3. Campuran Minyak yang Berbeda

Baik body scrub maupun face scrub, keduanya menggunakan minyak yang sama. Hanya saja, formulanya sering menggunakan kombinasi dan kadar bahan yang berbeda-beda.

Kulit tubuh sering kali lebih kering dibandingkan kulit wajah sehingga toleransinya terhadap konsentrasi minyak lebih tinggi.

Menggunakan produk yang diperuntukkan untuk tubuh dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan timbul jerawat, terutama pada kulit berminyak.

Artikel Lainnya: Punya Fungal Acne? Hindari Kandungan Skincare Ini

Mengatasi Iritasi Setelah Menggunakan Body Scrub pada Wajah

Tanda-Tanda Wajah Rusak Karena Merkuri

Jika telanjur menggunakan body scrub untuk wajah, kamu tidak perlu khawatir. Kulit tidak akan iritasi dalam waktu lama, asalkan penanganannya dilakukan dengan tepat. Kamu bisa mengompres dingin area yang iritasi. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masukkan es ke dalam handuk atau kain. Hindari mengaplikasikan langsung es pada kulit.
  • Kompres area yang kemerahan dan perih.
  • Setelah diberi kompres dingin, hilangkan sisa uap air di wajah dengan handuk bersih.
  • Bila perlu, oleskan gel lidah buaya (aloe vera) ke area yang teriritasi. Oleskan secukupnya, tidak usah terlalu banyak.
  • Biarkan gel meresap ke dalam kulit.

Selama wajah dalam keadaan iritasi, lupakan dulu soal proses eksfoliasi (menghilangkan sel kulit mati). Melakukan eksfoliasi saat wajah sedang memerah hanya akan memperparah masalah yang sudah ada.

Jika perih yang dirasakan sampai mengganggu aktivitas, kamu boleh saja mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun, bukan golongan steroid, seperti ibuprofen, asetaminofen, atau asam mefenamat, ya!

Jangan lupa juga oleskan pelembap, baik berupa krim atau gel. Kandungan yang disarankan untuk iritasi kulit adalah chamomile atau aloe vera.

Akan lebih baik kalau kulit yang teriritasi tidak terkena sinar matahari dulu. Namun, jika terpaksa, jangan lupa gunakan tabir surya dengan minimal SPF 25-30. 

Selain mengaplikasikan tabir surya, kamu juga bisa memakai topi ataupun masker bedah untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet ataupun polusi.

Artikel Lainnya: Tanda-Tanda Wajah Rusak Karena Merkuri

Menggunakan scrub memang baik untuk eksfoliasi sehingga dapat membuang sel kulit mati, minyak serta kotoran dari permukaan kulit, sekaligus mencerahkan wajah.

Agar memperoleh manfaat tersebut, pastikan scrub wajah cocok untuk kulitmu, terutama bila memiliki kulit yang sensitif. Hindari penggunaan body scrub untuk wajah yang sensitif atau kering. 

Ingin konsultasi seputar produk perawatan kulit? Kamu bisa tanya dokter di KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[WA]

Perawatan KulitScrubeksfoliasi

Konsultasi Dokter Terkait