Sukses

Mengapa Pendinginan Usai Olahraga Harus Dilakukan?

Sebelum mengakhiri sesi olahraga, sangat dianjurkan untuk melakukan pendinginan atau cooling down. Ini alasan mengapa pendinginan usai olahraga harus dilakukan!

Sebelum mulai berolahraga, pasti Anda melakukan beberapa gerakan pemanasan agar otot-otot tubuh siap dilatih. Namun, bagaimana ketika setelah selesai berolahraga? Sayangnya, masih banyak yang tidak melakukan gerakan pendinginan. Padahal hal ini tak kalah penting!

Nah, sebelum sesi olahraga benar-benar berakhir, Anda perlu melakukan pendinginan agar otot tidak cedera. Pertanyaannya, seberapa penting, sih, gerakan tersebut usai olahraga?

Berdasarkan American Council of Exercise, pendinginan usai berolahraga sangat penting untuk mencegah cedera. Selain itu, kegiatan penutup ini juga bisa meningkatkan rentang gerak otot, sehingga tidak mudah cedera.

Melakukan pendinginan juga terbukti dapat membantu mengatasi rasa nyeri yang biasanya muncul setelah 1 atau 2 hari berolahraga.

Artikel Lainnya: Jangan Salah, Ini Perbedaan Stretching dan Pemanasan!

1 dari 3 halaman

Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

Sekarang, mari ketahui beragam manfaat bila Anda tidak lupa melakukan pendinginan sesudah olahraga:

1. Mencegah Stres pada Tubuh

Gerakan dinamis yang dilakukan selama berolahraga membuat otot-otot di dalam tubuh lebih tegang. Apabila Anda tidak melemaskan otot tubuh dengan pendinginan usai berolahraga, mungkin akan ada risiko mengalami cedera atau rasa nyeri yang parah.

Dengan meregangkan tubuh sambil mengatur napas sebelum sesi olahraga benar-benar usai, otot yang tegang karena gerakan latihan dapat kembali relaks. Kondisi otot tubuh yang sudah tidak menegang ini akan membuat pikiran lebih tenang, sehingga terhindar dari perasaan stres.

2. Mengurangi Risiko Kram Otot

Bagi orang-orang yang tidak melakukan pendinginan usai berolahraga, risiko untuk mengalami kram otot tergolong tinggi. Kram otot biasanya terjadi akibat salah melakukan gerakan saat olahraga.

Untungnya, risiko tersebut bisa diperkecil dengan melakukan pendinginan usai olahraga. Dengan gerakan pendinginan yang tepat, otot akan lebih relaks dan sirkulasi darah pun akan menjadi lebih optimal.

3. Mengembalikan Detak Jantung ke Kondisi Normal

Berolahraga membuat jantung terpompa lebih cepat, apalagi bila melakukan jenis olahraga aerobik. Kalau kondisi jantung yang cepat tidak dikembalikan ke kondisi normal, mungkin bisa saja muncul rasa pusing atau kehilangan keseimbangan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pendinginan sehabis berolahraga. Tentunya, Anda ingin mendapatkan manfaat sehat yang maksimal dari kegiatan olahraga yang dilakukan, bukan?

4. Mengatur Laju Pernapasan

Jantung yang terpompa saat berolahraga berbanding lurus dengan tarikan napas yang semakin dalam. Kondisi ini normal kok, karena merupakan mekanisme tubuh untuk membakar kalori berlebih.

Namun, Anda tidak bisa membiarkan laju pernapasan terus terengah-engah seperti saat sedang berolahraga. Untuk itu, diperlukan gerakan pendinginan setelah berolahraga agar laju napas kembali normal seperti sebelum olahraga dimulai.

5. Mengurangi Tekanan pada Sendi Tubuh

Setelah berolahraga, biasanya Anda akan merasa kesulitan untuk sekadar menggerakkan anggota tubuh tertentu, salah satunya sendi. Untuk mengatasi hal ini, melakukan pendinginan sangatlah penting. Ini dilakukan agar ketegangan pada tubuh termasuk sendi bisa mereda secara perlahan.

Dengan pendinginan, tekanan pada sendi akan sangat berkurang. Anda akan memiliki kemampuan untuk kembali bebas mengatur pergerakan anggota tubuh termasuk persendian.

Artikel lainnya: Olahraga Terbaik untuk Orang di Atas Usia 50 Tahun

Pendinginan setelah berolahraga tidak kalah penting dari pemanasan sebelum berolahraga. Oleh karena itu, lakukanlah pendinginan dengan cara yang tepat dan perlahan. Ini agar otot yang telah digunakan tidak semakin mengalami kerusakan.

2 dari 3 halaman

Cara Pendinginan yang Baik Setelah Olahraga

Sama seperti pemanasan, melakukan gerakan pendinginan juga tidak boleh sembarangan! Menurut American Heart Association, tips berikut dapat dilakukan agar kondisi tubuh kembali nyaman setelah berolahraga.

  • Berjalanlah selama lima menit, atau sampai detak jantung berada di bawah 120 beat per menit.
  • Untuk gerakan peregangannya, tahan setiap gerakan selama 10-30 detik. Bila merasa butuh waktu lebih lama, bisa lakukan lagi perlahan. Usahakan untuk tidak melakukan gerakan dengan terlalu kuat atau menyakitkan.
  • Hindari melakukan gerakan menghentak atau tiba-tiba. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya cedera otot.
  • Tarik napas dalam-dalam selama pendinginan agar tubuh dan pikiran kembali relaks.
  • Pastikan untuk melakukan pendinginan selama 3-5 menit saja.

Menurut VeryWell Fit, bila Anda olahraga jogging, lakukan jalan cepat selama 2-3 menit, lalu perlahan kurangi kecepatannya. Setelahnya, lakukan gerakan peregangan berdiri (standing stretches) untuk meningkatkan jangkauan gerak otot kaki yang telah dilatih.

Lalu, akhiri dengan gerakan peregangan sambil duduk (seated stretches) untuk melatih fleksibilitas anggota tubuh dan membuatnya lebih relaks.

Lain lagi dengan pendinginan untuk tipe olahraga yang melibatkan latihan kekuatan. Anda mungkin memerlukan peregangan tubuh total untuk meningkatkan jangkauan gerak pada sendi yang telah dilatih. Namun, hal ini harus dilakukan dengan hati-hati dan sebaiknya dibantu oleh pelatih.

Itulah manfaat pendinginan yang perlu Anda tahu. Mulai sekarang, jangan lagi lewatkan gerakan pendinginan setelah olahraga ya! Cari tahu tips olahraga lainnya dengan cara bertanya langsung dengan dokter dalam fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

1 Komentar