HomeInfo SehatKesehatan UmumIni Alasan Kenapa Tulisan Tangan Dokter Susah Dibaca!
Kesehatan Umum

Ini Alasan Kenapa Tulisan Tangan Dokter Susah Dibaca!

Krisna Octavianus Dwiputra, 29 Jan 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jangan keburu kesal kalau melihat tulisan resep dari dokter yang seperti benang kusut. Mari ketahui alasan mengapa tulisan tangan dokter susah dibaca.

Ini Alasan Kenapa Tulisan Tangan Dokter Susah Dibaca!

Beberapa waktu lalu, di media sosial ramai tentang tulisan resep obat dari dokter yang cuma

terbaca jelas huruf P dan L. Banyak orang bertanya-tanya apa maksud tulisan resep dokter tersebut dan pada akhirnya mengetahui bahwa itu adalah paracetamol.

Ya, sudah rahasia umum bahwa tulisan dokter kerap menjadi misteri bagi orang awam karena jelek sekali, alias susah dibaca. Kira-kira, apa penyebabnya?

Penyebab Tulisan Dokter Susah Dibaca

Banyak asumsi beredar bahwa tulisan dokter adalah kode rahasia agar pasien tidak mudah menebus obat secara sembarangan.

Lalu, ada juga yang menyatakan bahwa dokter malas-malasan menulis resep obat tersebut. Bahkan, tidak sedikit orang yang masih menyamakan tulisan dokter saat membuat resep seperti "cakar ayam".

Artikel lainnya: Susah Minum Obat? Jangan Asal Menggerus Obat!

Meski begitu, ternyata ada beberapa alasan tersendiri, lho, mengapa dokter berlaku demikian. Ini penyebab tulisan dokter susah dibaca.

  1. Dokter Harus Mencatat Banyak Hal

Perlu diketahui, ketika dokter mulai menanyakan apa yang Anda alami, dokter sudah harus mulai menulis gejala yang Anda rasakan. Menulis sembari mendiagnosis kondisi pasien tidak mudah, sehingga tulisan yang dihasilkan dokter pasti berantakan atau sulit terbaca jelas.

Menurut Celine Thum, MD, direktur medis di ParaDocs Worldwide, semua hal yang berhubungan dengan konsultasi atau hal medis antara dokter dan pasien itu harus ditulis. Jika tidak, ini bisa berisiko membuat kesalahan pemeriksaan nantinya.

"Tulisan tangan dokter semakin lama bisa memburuk, ini karena setiap hari otot-otot tangannya bekerja keras mencatat kondisi pasien yang ia periksa," tambah Asher Goldstein, MD, dokter manajemen nyeri di Genesis Pain Centers, AS.

Jadi, wajar apabila hasil tulisan dokter tidak terlalu jelas karena harus cepat mencatat kondisi dan keluhan pasien di waktu konsultasi yang terbatas.

  1. Harus Memeriksa Banyak Pasien

Satu kali sesi praktik dalam sehari, dokter bisa memeriksa banyak sekali pasien. Bahkan sebagian besar fakta mengatakan bahwa dokter cuma punya waktu sebanyak 5-15 menit untuk menanyakan gejala, mendiagnosis, dan memberikan resep obat untuk pasien. Padat, bukan?

Maka dari itu, karena harus memeriksa banyak pasien dalam waktu yang sedikit, dokter lebih memilih fokus untuk menjelaskan informasi penyakit kepada pasien daripada menyempurnakan tulisan tangan mereka.

  1. Sudah Koordinasi dengan Apoteker

Untuk beberapa dokter, mereka biasanya sudah koordinasi dengan apoteker terkait resep obat yang diberikan. Oleh karena itu, tulisannya biasanya terkesan seadanya tapi kebanyakan apoteker sudah mengerti. Selain itu, ada kalanya obat yang dipakai adalah kombinasi. Jadi, apoteker pun juga sudah tahu kombinasi obat apa yang dimaksud dokter.

Artikel lainnya: Ajukan 5 Pertanyaan Ini Saat Konsultasi dengan Dokter

Tulisan Dokter yang Tidak Jelas Bukanlah Masalah

Meski alasan di atas bisa dimaklumi, tetapi ada beberapa orang yang mengkhawatirkan tulisan dokter karena takut menimbulkan salah baca resep atau diagnosis.

Ruth Brocato, MD, dokter umum di Mercy Medical Center di Baltimore, Maryland, juga menyadari risiko tersebut dan mengatakan bahwa dokter harus ekstra hati-hati dalam menulis resep, karena bisa menyebabkan apoteker salah baca. 

Misalnya, alih-alih menulis "mg" bisa terbaca jadi "mcg," atau yang tadinya berniat mau menulis "miligram" malah dibaca menjadi "mikrogram".

Namun, apoteker salah baca resep karena tulisan dokter yang tidak jelas jarang terjadi, lho. Menurut dr. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, risiko kesalahan penulisan resep dari tulisan dokter untuk dibaca apoteker juga terbilang kecil.

“Kalau kurang jelas, nanti apoteker bakal telepon dan memastikan lagi dosis serta obat yang akan diberikan ke pasien,” ungkapnya.

“Selain itu, sekarang di Puskesmas sekalipun sudah pakai catatan resep dan riwayat medis berbasis elektronik. Jadi, tinggal klik obat di komputer, dicetak di kertas, dan hasilnya pasti terbaca jelas,” tambah dr. Dejandra.

Jadi, Anda sudah tahu kini, kan, mengapa tulisan dokter bisa tidak terbaca? Bukan karena dokter malas atau menyepelekan pasien, ya, tapi karena memang keterbatasan waktu dan juga punya koordinasi baik dengan para apoteker. Untuk mengetahui informasi tentang obat atau dosis resep, jangan ragu tanyakan pada dokter lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, ya.

(OVI/RPA)

dokterResep Obat

Konsultasi Dokter Terkait