Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Minum Kopi setelah Makan Durian Berbahaya, Mitos atau Fakta?

Minum Kopi setelah Makan Durian Berbahaya, Mitos atau Fakta?

Banyak yang percaya bahwa minum kopi setelah makan durian adalah hal yang harus dihindari. Tapi, sebenarnya itu fakta atau mitos, ya?

Kebanyakan dari kita percaya kalau minum kopi setelah makan durian itu bisa berakibat fatal bagi kesehatan, bahkan nyawa! Masak sih? Jadi ini sebenarnya fakta atau mitos?

Pandangan bahwa minum kopi sehabis menyantap durian berbahaya tak lepas dari beberapa kejadian yang pernah terjadi. Menukil dari tirto.id, kejadian seperti ini pernah dialami oleh Sandi, pemuda warga Desa Suluan, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara pada Februari 2019.

Sandi ditemukan meninggal usai minum kopi dan melahap durian. Pemuda berusia 26 tahun itu sempat kejang-kejang sebelum akhirnya tubuh membiru dan tak bernyawa. Padahal, selain minum kopi dan makan durian, Sandi diketahui juga menenggak minuman berenergi.

Sontak, kejadian itu membuat geger dan banyak orang berpikir bahwa minum kopi setelah makan durian bisa membahayakan nyawa. Apalagi tidak sedikit yang beranggapan bahwa kopi dan durian adalah dua hal ‘jahat’ yang tak seharusnya dikonsumsi berbarengan.

1 dari 3 halaman

Bahaya Minum Kopi setelah Makan Durian, Mitos atau Fakta?

Menurut dr. Anugrah Nurul Fitri dari KlikDokter, keduanya bila dikonsumsi dalam waktu berdekatan memang bisa berbahaya karena bisa menyebabkan dada berdebar.

"Pada durian yang terlalu matang, terkandung alkohol akibat fermentasi. Hal ini dapat meningkatkan metabolisme dan menyebabkan meningkatnya denyut jantung pada beberapa orang yang sensitif," ujar dr. Anugrah Nurul.

"Demikian juga dengan kopi. Pada orang yang sensitif, terkadang meningkatkan tensi dan denyut jantung. Jadi, bisa saja makan durian dan minum kopi berakibat fatal," lanjutnya.

Artikel lainnya: Kopi, Cegah atau Picu Kanker?

Namun, ternyata kopi dan durian hanya meningkatkan risiko saja dan bukan ‘dalang’ dari akibat fatal yang terjadi. Alias tidak bisa disalahkan sebagai penyebab utama. Sebab, bisa jadi karena sudah ada masalah kesehatan tertentu sebelumnya.

Pasalnya, durian sendiri mempunyai kandungan lemak tak jenuh yang tinggi. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, lemak tak jenuh justru dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Sementara, mengonsumsi lemak tak jenuh bisa membuat jantung menjadi sehat.

2 dari 3 halaman

Manfaat Sehat Durian

Nyatanya, durian memiliki banyak manfaat yang perlu Anda ketahui. Berikut manfaatnya menurut dr. Dyah Novita:

  1. Saluran Cerna Lebih Sehat

Buah dengan nama latin Durio zibethinus ini mengandung kadar serat yang cukup tinggi. Sehingga dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna. Berkat manfaat ini, durian dapat dijadikan sebagai salah satu solusi mengatasi konstipasi atau sembelit.

  1. Mencegah Penuaan Dini

"Durian mengandung banyak antioksidan yang berperan melawan radikal bebas, sehingga sel-sel di dalam tubuh akan terhindar dari kerusakan. Adanya manfaat ini juga bisa bikin Anda lebih awet muda!" kata dr. Dyah.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada durian juga berperan untuk mencegah pembentukan sel-sel abnormal di dalam tubuh. Berkat tambahan vitamin A, B, dan E yang cukup, durian mampu menurunkan risiko penyakit kanker.

Artikel lainnya: Minum Kopi dengan Gula Aren Lebih Sehat daripada Gula Putih?

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

"Durian memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, oleh karena itu dapat berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh atau mempercepat proses penyembuhan luka," ungkap dr. Dyah.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Durian mengandung kadar kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap berada di rentang yang normal. Ini artinya, konsumsi durian dalam porsi yang sesuai mampu menurunkan risiko terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  1. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Durian mengandung zat besi dan tembaga yang diperlukan untuk menciptakan sel darah merah. Manfaat ini membuat durian mampu menurunkan risiko terjadinya anemia atau kurang darah.

  1. Mengatasi Insomnia

Buah yang mudah ditemukan di Asia Tenggara ini memiliki senyawa bernama triptofan. Senyawa ini bisa memberikan efek mengantuk (sedasi). Jadi, jika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, maka mengonsumsi durian bisa jadi solusi.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Di dalam durian terdapat kandungan potasium. Zat ini memiliki peranan dalam menguatkan tulang dan gigi.

  1. Meningkatkan Kualitas Sperma

"Bukan isapan jempol belaka, durian ternyata benar-benar mampu meningkatkan kualitas dan pergerakan (motilitas) sperma pria," tutur dr. Dyah.

Namun, segala sesuatu yang berlebihan tetap tidak baik, termasuk mengonsumsi durian. Khususnya bagi penderita diabetes. Ini karena durian memiliki kadar gula yang tinggi sehingga berpotensi menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Jadi, keluhan kesehatan yang diakibatkan dari minum kopi dan makan durian bergantung pada kondisi masing-masing orang. Bila ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai suatu gejala, Anda bisa gunakan fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter!

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar