Diet dan Nutrisi

Minum Kopi setelah Makan Durian Berbahaya, Mitos atau Fakta?

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 13 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Banyak yang percaya bahwa minum kopi setelah makan durian adalah hal yang harus dihindari. Tapi, sebenarnya itu fakta atau mitos, ya?

Minum Kopi setelah Makan Durian Berbahaya, Mitos atau Fakta?

Apakah Anda salah satu pencinta durian? Buah yang tumbuh di daerah tropis ini memang menjadi primadona banyak orang. Rasanya yang manis dan tekstur buah yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi penyuka durian.

Namun, beberapa orang percaya kalau minum kopi setelah makan durian itu bisa berakibat fatal bagi kesehatan, bahkan nyawa. Benarkah demikian? 

Apa sebenarnya efek minum kopi setelah makan durian? Ketahui fakta medisnya berikut ini.

Bahaya Minum Kopi Setelah Makan Durian, Mitos atau Fakta?

Durian adalah buah yang mengandung banyak vitamin, namun tinggi kalori.  Pada durian yang terlalu matang, terkandung alkohol akibat fermentasi. 

Hal itu dapat meningkatkan metabolisme dan menyebabkan meningkatnya denyut jantung pada beberapa orang yang sensitif.

Namun, belum ada bukti cukup yang mendukung anggapan bahwa makan durian dan minum kopi bisa menyebabkan kematian. 

Perlu diteliti secara lebih cermat apakah ada hubungan yang berbahaya antara makan durian lalu minum kopi pada waktu yang bersamaan. 

Selain itu, perlu dipastikan apakah pasien memiliki riwayat penyakit sebelumnya yang menyebabkan dirinya lebih rentan terhadap kafein dan alkohol.

Artikel Lainnya: Suka Minum Kopi? Ini Tips Cara Minum Kopi yang Lebih Sehat

Kapan Boleh Minum Kopi Setelah Makan Durian?

Tidak ada larangan khusus untuk minum kopi dan makan durian. Begitu juga dengan batas minum kopi setelah makan durian, tidak ada rekomendasi pasti. 

Namun, segala sesuatu yang berlebihan tetap tidak baik, termasuk mengonsumsi durian dan kopi, khususnya bagi penderita diabetes. Karena, durian memiliki kadar gula yang tinggi sehingga berpotensi menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Selain itu, jika Anda memiliki gangguan asam lambung atau sensitif dengan kafein, ada baiknya hindari minuman dengan kandungan kafein tinggi seperti kopi. Kopi dapat memperberat keluhan nyeri perut terkait asam lambung dan palpitasi.

Jadi, keluhan kesehatan yang diakibatkan dari minum kopi dan makan durian bergantung pada kondisi masing-masing orang. Jangan langsung percaya klaim yang beredar di masyarakat tentang efek setelah makan durian lalu minum kopi, ya!

Ketahui info kesehatan akurat hanya di aplikasi KlikDokter. Konsultasi kepada dokter juga lebih mudah lewat smartphone dengan Live Chat.

(FR)

DuriankopiMitos dan Fakta

Konsultasi Dokter Terkait