Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Demi Jaga Imunitas Kulit, Segera Cuci Tangan Jika dari Tempat Ini

Demi Jaga Imunitas Kulit, Segera Cuci Tangan Jika dari Tempat Ini

Imunitas kulit sangat penting dijaga. Untuk itu, segera cuci tangan setelah Anda dari tempat dan memegang benda-benda ini.

Tubuh manusia memiliki imunitas kulit yang berperan penting dalam perlindungan secara keseluruhan. Tanpa imunitas kulit yang baik tubuh akan dengan mudah dimasuki kuman, bakteri, serta zat-zat berbahaya lainnya.

Akan tetapi, beberapa tempat dan benda sehari-hari dikenal sangat kotor. Itu sebabnya, Anda disarankan untuk mencuci tangan usai menyentuh dan berada di tempat-tempat ini.

Tempat-tempat yang Jadi Sumber Kuman

Dalam kegiatan sehari-hari, terkadang tak bisa dihindari Anda berada dan menyentuh tempat serta benda yang dihuni oleh kuman yang lebih banyak dibandingkan tempat lain. Biasanya, benda dan tempat ini sering digunakan, tapi sangat jarang dibersihkan.

Beberapa benda dan tempat itu di antaranya adalah:

  1. Layar sentuh

Sempatkah Anda berpikir bahwa layar sentuh yang ada di restoran maupun gawai yang ada di toko elektronik mengandung banyak sekali bakteri merugikan?

Menurut sebuah studi, bakteri yang ada dalam feses manusia, seperti Enterococcusfaecalis dan Staphylococcus, ditemukan juga pada layar sentuh di delapan restoran cepat saji. Itu sebabnya, lebih baik Anda memesan secara langsung dibandingkan lewat layar sentuh.

  1. Pengering tangan

Tiap kali Anda melakukan pembilasan toilet, sebagian droplet (cairan) penuh bakteri akan tersebar di udara. Sebagian lainnya akan terbang ke pengering tangan. Saat pengering dinyalakan, bakteri dapat tersebar lebih luas ke udara.

Akan lebih baik, keringkan tangan menggunakan tisu atau keringkan secara alami dibandingkan menggunakan pengering tangan.

  1. Kolam renang

Klorin dalam kolam renang tidak dapat membunuh semua bakteri. Hal ini ditambah dengan orang yang kerap mengeluarkan ludah di kolam renang atau anak-anak dengan sisa feses di bokong mereka.

Untuk menghindari segudang bakteri ini, usahakan untuk tidak menelan air kolam saat sedang berenang.

  1. Pusat kebugaran

Studi menunjukkan, alat angkat beban dan pegangan pada alat olahraga statis adalah rumah bagi banyak kuman yang sering ditemukan di kamar mandi. Karena itu, meski tujuan Anda ke gym adalah mendapatkan kebugaran tubuh, benda-benda ini justru bisa membuat Anda jatuh sakit.

  1. Menu restoran

Ternyata, sebagian menu restoran memiliki bakteri 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dudukan toilet. Walau banyak orang yang menyentuhnya, sebagian menu hanya dilap sekali sehari, itu pun dengan kain yang kotor.

Jadi, setelah memesan makanan, jangan langsung menyentuh makanan atau meletakkan alat makan Anda di atasnya. Ingat, benda itu sangat kotor.

Atasi dengan Mencuci Tangan

Karena risiko tertular kuman sangat besar, Anda sebaiknya selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, segera sesudah berkontak dengan tempat tersebut. Anda juga tidak boleh terburu-buru saat mencuci tangan. Ada langkah-langkah agar proses mencuci tangan efektif dan terbebas dari kuman.

Setelah telapak tangan dibasahi dan diberi sabun, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Gosok telapak tangan dengan telapak tangan.
  2. Gosok telapak kanan di atas punggung tangan kiri dan sebaliknya.
  3. Gosok telapak dengan telapan dan jari saling terkait.
  4. Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci.
  5. Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri, dan sebaliknya.
  6. Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapan tangan, dan sebaliknya.

Akhiri mencuci tangan dengan membilasnya hingga bersih dengan air mengalir, lalu keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau secara alami.

Imunitas kulit sangat penting dijaga agar perlindungan tubuh selalu maksimal. Untuk itu, setelah berkontak atau berada di tempat dan benda-benda sarang kuman di atas, segera mencuci tangan. Jangan terburu-buru, lakukan langkah-langkah mencuci tangan di atas dengan tepat dan benar.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar