Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tubuh Terasa Kaku Di Pagi Hari? Jangan Remehkan Kondisi ini

Tubuh Terasa Kaku Di Pagi Hari? Jangan Remehkan Kondisi ini

Tubuh kaku tidak bisa bergerak saat pagi hari? Jangan remehkan kondisi ini. Ketahui penjelasan tentang penyebab tubuh kaku di bawah ini.

Pernahkah Anda bangun pagi dan badan terasa kaku? Selain kaku, tubuh juga biasanya merasa sakit saat bangun dari tempat tidur. Oleh karena itu, jangan remehkan kondisi ini. Lalu,  apa, sih, penyebab tubuh terasa kaku saat bangun tidur?

Penyakit penyebab Tubuh Terasa Kaku di Pagi Hari

Pastinya, Anda bertanya-tanya apa yang menyebabkan masalah kesehatan tersebut terjadi. Apalagi, hal ini bisa sangat mengganggu saat persiapan melakukan aktivitas sehari-hari.

Kebingungan mungkin bertambah karena sebelumnya Anda tidak melakukan olahraga berat atau aktivitas fisik yang melelahkan. Biasanya, rasa kaku dan nyeri muncul karena Anda sangat aktif beberapa jam sebelumnnya.

Menurut dr. Rio Aditya dari KlikDokter, ada beberapa bagian tubuh yang bisa terasa kaku di pagi hari. Bagian tubuh tersebut biasanya adalah pinggang, betis, dan telapak kaki.

Dr. Rio juga menjelaskan apabila tubuh kaku berlangsung lebih dari satu jam, itu dapat menjadi gejala dari rheumatoid arthritis (RA). Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi.

Bagian tubuh yang paling sering terkena rheumatoid arthritis adalah pergelangan tangan, kaki, dan lutut. Meski demikian, kondisi kesehatan tersebut juga bisa menyerang area lain seperti paru-paru, pembuluh darah, dan kulit.

Selain itu, apabila tubuh terasa kaku namun tidak terlalu lama durasinya (biasanya setengah jam atau kurang), ini bisa jadi gejala osteoartritis. Osteoartritis merupakan peradangan sendi akibat usia yang bertambah tua. Golongan usia yang memiliki risiko tinggi osteoartritis adalah mereka yang berusia di atas 55 tahun.

Dengan memperhatikan berapa lama tubuh terasa kaku di pagi hari, ini bisa membantu dokter menentukan penyebab tubuh Anda terasa kaku.

Artikel Lainnya:  Lama Tidak Digunakan, Otot Bisa Menyusut, Lo!

1 dari 2 halaman

Tips Mencegah Tubuh Kaku Saat Bangun Tidur

Melansir dari Verywell, penyebab tubuh terasa kaku di pagi hari juga disebut sebagai fenomena gel. Fenomena ini pada dasarnya disebabkan karena Anda kelamaan duduk atau tidak banyak bergerak. Ada juga dugaan yang menyatakan bahwa tubuh kaku ini disebabkan karena hormon kortisol saat tidur di malam hari jumlahnya kurang.

Karena masih belum ditemukan jelas apa penyebabnya, ini ada segelintir tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah badan sakit dan kaku setelah bangun tidur. Simak baik-baik, ya.

  • Coba tidur dalam posisi yang tidak menekan sendi-sendi tubuh. Misalnya, tidak tidur dengan menempatkan kepala di atas tangan. Pastikan juga beberapa persendian seperti pergelangan tangan tidak ditekuk saat tidak.
  • Pastikan kamar tidur atau Anda berada dalam suhu hangat. Anda bisa tidur menggunakan bantal pemanas atau selimut listrik. Ini berguna agar tubuh rileks dan nyaman.
  • Sebelum bangun tidur, coba lakukan latihan peregangan sederhana di tempat tidur. Fungsi peregangan dilakukan untuk melenturkan tubuh dan membuat otot jadi tidak kaku.
  • Setelah bangun, coba mandi air hangat. Suhu hangat bisa membuat badan jadi semakin rileks.
  • Hindari main handphone atau laptop sebelum tidur. Ini dapat menyebabkan pikiran dan tubuh stres. Badan Anda berisiko kaku atau sakit saat bangun nanti.

Jadi, jangan anggap remeh tubuh yang kaku di pagi hari, ya. Pasalnya, kondisi autoimun atau radang sendi bisa menjadi penyebab tubuh jadi kaku saat bangun. Kondisi ini juga harus diatasi segera agar tidak semakin parah. Apabila Anda mau tahu lebih lanjut tentang gejala tubuh kaku yang Anda rasakan, yuk, konsultasi langsung dengan dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[AYU/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar