Sukses

Berbagai Manfaat Likopen bagi Kesehatan Tubuh

Likopen adalah nutrisi yang sering ada di sayur dan buah berwarna terang, salah satunya semangka. Memangnya, manfaat kesehatan apa yang bisa dihasilkan oleh likopen?

Likopen merupakan pigmen karotenoid yang memberikan warna merah pada berbagai buah dan sayur. Likopen dapat ditemukan pada tomat, semangka, pepaya, jambu, jeruk bali, dan lainnya.

Sudah banyak penelitian kesehatan mengenai manfaat likopen bagi tubuh. Khasiat tersebut salah satunya didapat karena antioksidannya yang kuat.

Tidak hanya pemberi pigmen warna di dalam buah dan sayuran tertentu, likopen punya banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah daftarnya untuk Anda:

1 dari 9 halaman

1. Mencegah Kanker

Likopen mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu melawan peradangan di dalam tubuh.

Berkat kandungannya tersebut, konsumsi buah atau sayur mengandung likopen sering disarankan untuk mencegah dan membantu pengobatan kanker.

Likopen bekerja dengan cara menghambat transformasi sel normal menjadi sel kanker. Beberapa studi telah menunjukkan, zat ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan prostat.

Untuk mencapai manfaat ini, para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi likopen sebanyak 9 mg sampai 21 mg per hari.

Artikel Lainnya: Menyingkap Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Jantung

2 dari 9 halaman

2. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Salah satu manfaat likopen bagi tubuh adalah mampu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dalam darah.

Dengan begitu, tersumbatnya pembuluh darah dan tekanan darah tinggi dapat dicegah.

Selain itu, manfaat likopen bagi kesehatan yakni dapat mencegah kondisi pembekuan darah dan mengurangi peradangan.

Perlu Anda ketahui, faktor-faktor tersebut berpengaruh pada penyakit jantung dan stroke.

3 dari 9 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Pada pasien Alzheimer, ditemukan bahwa kadar likopen di dalam tubuhnya rendah.

Di samping itu, penelitian lain menunjukkan bahwa jumlah likopen yang tinggi dalam tubuh dapat memperlambat hilangnya daya ingat pada pasien Alzheimer.

Jadi kesimpulannya, likopen baik untuk menjaga otak tetap sehat, terutama pada orang dengan penyakit tertentu seperti Alzheimer.

4 dari 9 halaman

4. Menjaga Kesehatan Mata

Hampir semua gangguan penglihatan disebabkan oleh stres oksidatif. Tapi tenang, Anda dapat mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung likopen agar kesehatan mata terjaga.

Likopen umumnya berperan sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah masalah penglihatan dalam jangka panjang, terutama pada penyakit katarak.

Artikel Lainnya: Berbagai Manfaat Buah Tomat untuk Kulit

5 dari 9 halaman

5. Membantu Menyehatkan Tulang

Kebanyakan radikal bebas dalam tubuh memberi dampak negatif bagi tulang. Nah, manfaat likopen bagi tubuh yakni dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Konsumsi makanan yang mengandung likopen dan dikombinasikan dengan olahraga dapat memperkuat tulang Anda.

6 dari 9 halaman

6. Memelihara Kesehatan Kulit

Setiap orang pasti ingin selalu terlihat awet muda, bukan? Dengan menambahkan likopen ke dalam makanan sehari-hari, maka kulit Anda akan menjadi lebih sehat.

Likopen juga bekerja sebagai fotoprotektif, yaitu melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar UV. dengan demikian, zat ini mampu meningkatkan tekstur kulit dan mencegah kerutan.

Selain itu, efek anti-peradangan yang ada pada likopen dapat membantu mencegah dan menyembuhkan kulit yang terkena sunburn.

7 dari 9 halaman

7. Membantu Menangani Infertilitas

Berdasarkan penelitian yang dilakukan secara observasional, manfaat likopen bagi tubuh dapat dirasakan oleh pria.

Pria yang banyak makan sayuran dan buah dengan kandungan likopen ditemukan mengalami peningkatan jumlah dan kualitas sperma sebanyak 70%.

Senyawa ini juga diketahui dapat meningkatkan kesehatan reproduksi pria, terutama organ prostat.

Artikel Lainnya: Kaya Asam Folat, Ini Manfaat Jeruk Bali untuk Ibu Hamil

8 dari 9 halaman

8. Mencegah Berbagai Penyakit pada Paru

Likopen ternyata dapat mencegah penyakit pada paru. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilansir oleh jurnal Biochemical and Biophysical Research Communication.

Penelitian tersebut dilakukan pada mencit yang diberikan suplementasi likopen.

Hasil penelitian menemukan, mencit yang diberikan suplemen likopen sebanyak 8-16 mg/kgBB mengalami penurunan pembentukan sel radang yang berperan dalam perjalanan penyakit asma.

Studi lain yang dipublikasikan di jurnal Cancer Prevention Research juga melaporkan manfaat likopen bagi tubuh perokok.

Likopen dapat menurunkan tingkat stres oksidatif yang dipicu oleh rokok. Selain itu, likopen mampu menurunkan risiko bronkiolitis dan emfisema yang dapat terjadi pada perokok.

Manfaat likopen bagi tubuh sudah dibuktikan dari berbagai penelitian. Selain itu, likopen aman dikonsumsi, terutama jika Anda memperolehnya dari makanan.

Kendati demikian, tetap waspadai efek samping likopen yang dapat muncul.

Pada kasus yang sangat jarang, konsumsi makanan yang mengandung likopen dalam jumlah besar dapat menyebabkan perubahan warna kulit menjadi agak jingga (likopenodermia).

Namun, kondisi ini tidak bersifat permanen dan dapat hilang jika Anda menghentikan konsumsinya.

Itulah berbagai manfaat likopen bagi tubuh Anda. Jadi, Anda dapat mulai rutin memasukkan buah dan sayur yang mengandung likopen ke dalam asupan sehari-hari.

Ingin tips kesehatan lain seputar pola makan sehat? Jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter melalui layanan Live Chat. Anda juga bisa membaca artikel kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar