Sukses

Olahraga Kardio Tak Efektif Kecilkan Perut, Benarkah?

Ingin perut rata? Ternyata olahraga kardio tak selalu efektif dalam menjadi solusi. Simak olahraga apa saja yang efektif kecilkan perut di sini.

Memiliki perut yang rata adalah idaman setiap orang, baik pria maupun wanita. Selain terlihat indah dan menarik, memiliki perut ideal lebih baik bagi kesehatan. Lalu, benarkah olahraga kardio menjadi solusi efektif untuk mewujudkannya?

Pada dasarnya, lemak di area perut berperan penting sebagai bantalan organ-organ di dalam rongga perut. Namun, jumlahnya harus diperhatikan. Lemak perut hanya boleh 10-15% dari total keseluruhan lemak tubuh.

Bila kadarnya tinggi, lemak yang disebut visceral ini bisa berbanding lurus dengan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, bahkan kanker. Penyebab utama terbentuknya lemak visceral secara berlebihan adalah pola makan tidak sehat dan kurang olahraga.

Kalori yang kita makan harus dapat dibakar melalui aktivitas fisik. Jika proses pembakaran lemak tidak memadai, maka akan terjadi penumpukan lemak visceral di perut.

Artikel Lainnya: Durasi Olahraga Kardio yang Pas

1 dari 3 halaman

Efektivitas Olahraga Kardio untuk Mengecilkan Perut

Olahraga kardio memang cukup diminati semua orang. Dengan melakukan aktivitas ini, tubuh indah dan sehat termasuk perut yang rata dapat dimiliki.

Nah, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah kardio benar-benar efektif kecilkan perut? Jawabannya adalah tidak bila tanpa didukung oleh latihan lainnya.

Olahraga kardio diperuntukkan untuk membakar lemak tubuh. Maksud dari lemak tubuh di sini adalah keseluruhan lemak dalam tubuh, bukan hanya di perut saja. Jadi, hanya kardio saja kurang cukup untuk mengecilkan perut.

Untuk membantu mengecilkan perut secara efektif, olahraga kardio harus dikombinasikan dengan latihan tertentu. Contohnya, sit up, walk-out push up, drag alligator, side plank, low plank, circles in the sky, squat, dan sebagainya.

Artikel Lainnya: Tips Lakukan Olahraga Kardio dengan Benar 

2 dari 3 halaman

Jenis Olahraga dan Porsi yang Tepat untuk Mengecilkan Perut

Biasanya, yang digunakan adalah jenis latihan yang lebih fokus ke otot perut. Kombinasi olahraga ini pun harus dilakukan secara konsisten dan teratur.

Melakukan olahraga kardio pun tidak bisa sembarangan. Anda harus melakukannya minimal 150 menit dalam seminggu (bisa terbagi menjadi 5 hari dengan lama 30 menit per sesi). Kombinasikan olahraga kardio intensitas sedang dan tinggi untuk mampu membakar lemak lebih efektif.

Pilihan olahraga kardio intensitas sedang meliputi jogging, berlari, bersepeda, hiking, zumba, atau berenang. Lakukan secara konsisten sampai terjadi perubahan metabolisme pada tubuh.

Untuk intensitas tinggi, jenis olahraga kardio yang efektif mengecilkan lemak di perut adalah High-Intensity Interval Training (HIIT) alias latihan kombinasi dengan intensitas tinggi.

Dengan HIIT, seluruh bagian tubuh akan berperan dalam membakar lemak dan membentuk otot. Saat sedang beristirahat saja, otot akan ikut membakar lemak (24 jam setelah selesai latihan). Kondisi ini disebut EPOC atau excess post-exercise oxygen consumption.

Perlu diingat, kalau ingin menghilangkan lemak perut, Anda tidak bisa hanya fokus pada area perut saja. Seluruh lemak tubuh juga harus ikut dibakar namun lebih ekstra pada area perut.

Kombinasi olahraga sangat dibutuhkan dalam hal ini. Jika hanya melakukan sit up atau side plank ratusan kali sehari tapi tidak melakukan kardio, maka usaha mengecilkan perut akan sia-sia. Pastikan Anda telah mengikuti penerapan latihan yang benar.

Selain olahraga, perhatikan pula asupan makanannya. Sebagai rekomendasi, 70% makanan yang Anda konsumsi kaya akan serat seperti sayur dan buah.

Hindari makanan berlemak terutama yang mengandung lemak hewani (daging, mentega, dan lain-lain), dan penganan manis berkalori tinggi. Dengan begitu, perut rata bukanlah sekadar angan-angan belaka.

Jadi, olahraga kardio tetap efektif asalkan dikombinasikan dengan latihan lainnya untuk mengecilkan perut. Terapkan gaya hidup sehat agar bentuk dan berat tubuh tetap terkontrol. Butuh saran dokter? Fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter bisa digunakan untuk mengetahui tips hidup sehat yang baik.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar