Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mata Sering Terasa Kering? Waspada Mengidap Sindrom Sjogren

Mata Sering Terasa Kering? Waspada Mengidap Sindrom Sjogren

Mata kering merupakan satu gejala dari kondisi autoimun, yaitu sindrom sjogren. Apa saja gejala sindrom sjogren? Lalu, apa saja pengobatannya?

Mata kering adalah salah satu gejala sindrom sjogren yang sering ditemukan saat seseorang sedang melakukan kontrol rutin ke dokter atau menjalani medical check up.

Gejala mata yang terasa kering ini biasanya sering dirasakan dalam beberapa bulan atau beberapa tahun terakhir. Selain itu, banyak juga orang yang tidak menyadari bahwa kondisi matanya ternyata kering.

Pasalnya, seseorang baru akan memeriksa kondisi mata apabila ada gejala mata buram, merah, dan area mata terasa nyeri. Sedangkan kondisi mata kering saja, kadang tidak terlalu dihiraukan, padahal itu cukup berbahaya, lho.

Lalu, apa yang harus diketahui tentang sindrom sjogren yang menyebabkan mata kering?

Mengulik Sedikit Tentang Kondisi Mata Kering

Gejala mata kering yang Anda rasakan umumnya disebabkan karena kekurangan jumlah air mata. Jumlah air mata kurang dapat terjadi akibat lingkungan yang terlalu kering atau sedang berangin. Kondisi ini dapat membuat air mata menguap, sehingga menjadi penyebab mata terasa kering.

Artikel lainnya: Manakah Obat Mata yang Lebih Efektif, Salep atau Tetes Mata?

Air mata memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan permukaan mata. Air mata juga berfungsi agar penglihatan tetap dapat melihat dengan jelas. Dengan adanya air mata sebagai perlindungan, mata dapat terhindar dari infeksi dan benda asing yang dapat merusak permukaan kornea (bagian terluar dari bola mata).

Di sisi lain, mata kering juga dapat disebabkan oleh air mata yang tidak cukup melembapkan seluruh permukaan bola mata. Sebagai informasi tambahan, bahwa di dalam air mata terdiri dari tiga lapisan yang punya peran masing-masing pada indera penglihatan, yaitu:

  • Minyak, yang mana berperan untuk mencegah penguapan air mata terjadi terlalu cepat.
  • Air, fungsinya berguna untuk melembapkan permukaan terluar bola mata.
  • Mucin, lapisan ini fungsinya membantu air mata menyebar secara merata ke seluruh permukaan bola mata.

Jika ada 1 dari 3 lapisan air mata yang kadarnya tidak seimbang, hal ini dapat membuat kondisi mata kering rentan terjadi.

Orang yang mengalami mata kering seringkali merasakan gejala berupa terasa mengganjal pada mata, seperti ada benda asing, terasa panas, berair. Pada kondisi yang cukup berat dapat menyebabkan penglihatan buram.

Lalu, Apa yang Dimaksud dengan Sindrom Sjogren?

Belakangan ini seringkali kita temukan penyakit autoimun, khususnya pada wanita di usia dewasa muda. Nah, gejala mata kering yang Anda alami bisa disebabkan oleh kondisi sindrom sjogren, yang termasuk dalam penyakit autoimun.

Artikel lainnya: Obat Sakit Mata Bolehkah Dipakai Bergantian?

Kondisi autoimun terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang sel normal di dalam tubuh. , Pada kondisi sindrom sjogren, bagian tubuh yang diserang adalah kelenjar yang memproduksi air mata, saliva, atau air liur. Selain bikin mata jadi tidak nyaman karena kering, sindrom sjogren juga bisa bikin mulut terasa kering.

Tidak hanya menyerang mata dan kelenjar air liur, sindrom sjogren juga dapat menyebabkan kering di bagian tubuh lain seperti hidung, tenggorokan dan kulit. Sindrom sjogren juga dapat menyebabkan gangguan pada organ lain seperti paru-paru, ginjal, saluran cerna, persarafan, pembuluh darah dan sendi.

1 dari 2 halaman

Bagaimana Cara Mengatasi sindrom Sjogren?

Sampai saat ini, belum ada obat untuk mengatasi penyakit autoimun. Namun dokter dapat melakukan terapi atau pengobatan sindrom sjogren untuk mengatasi berbagai gejala yang dirasakan, termasuk mata kering.

Nantinya, Anda dapat diberikan obat tetes mata berupa air mata buatan. Akan tetapi, pada kondisi yang lebih berat, dokter dapat memberikan obat resep khusus untuk mengendalikan kondisi autoimun ini.

 

Dalam masa pengobatan, dibutuhkan dokter spesialis mata untuk mengatasi mata kering pada pasien dengan sindrom sjogren. Tidak lupa juga, bahwa kasus sindrom sjogren akan membutuhkan bantuan kerjasama dari dokter ahli sistem kekebalan tubuh spesialis penyakit dalam.

Maka, jangan ragu untuk periksa ke dokter mengenai masalah mata kering yang Anda alami agar tidak terjadi komplikasi yang lebih parah. Selain itu, jika ingin konsultasi lebih lanjut tentang gejala sakit mata yang dirasakan, Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter lewat Live Chat di aplikasi KlikDokter, ya!

(OVI/RPA)

1 Komentar

  • as.alaikum dok. saya nama sultan di makassar .saya ada masalh dok perut sebelah kiri sampinng pusat keras dan benjol,sy sudah konsultasi kedokter yang menangani spesialis gastro bahkan sdh di endeskopi hsilnya katanya gaster tumor dan selama ini hanya diberikan obat lambung omeprasol/lanseprasol bgmn dok apakah penyakit saya ini bisa disembuhkan ?trims atas perhatiannya