Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Pentingnya Batasi Minuman Beralkohol Saat Perayaan Tahun Baru

Pentingnya Batasi Minuman Beralkohol Saat Perayaan Tahun Baru

Saat perayaan tahun baru, terkadang Anda sulit untuk menolak konsumsi minuman beralkohol. Namun, ada baiknya Anda harus membatasinya. Hal ini untuk menjaga kesehatan Anda.

Perayaan tahun baru umumnya digunakan banyak orang untuk bertemu kawan dekat dan keluarga besar. Biasanya, dalam pesta akhir tahun ini, terdapat aneka makanan hingga minuman beralkohol. Namun, ada baiknya Anda tidak berlebihan mengonsumsi alkohol. Ini beberapa cara membatasinya. 

Umumnya, beberapa orang ingin bersenang-senang ketika pesta tahun baru tiba. Bahkan, bisa sampai melupakan diet, lho. Jadi, Anda akan mengonsumsi makanan yang cenderung tidak sehat, bahkan minum alkohol secara berlebihan. Padahal, mindset tersebut salah. Apalagi kalau Anda sampai mabuk tak bisa berpikir jernih.

Apa yang Terjadi Bila Anda Mengonsumsi Alkohol Berlebihan?

Sebenarnya, mengonsumsi alkohol boleh saja, asalkan Anda harus memahami atau membatasinya. Jangan sampai Anda meminum yang sudah melewati batas kemampuan sehingga terjadilah mabuk. Sebenarnya, ini beberapa hal yang terjadi bila Anda mengonsumsinya terlalu berlebihan.

  • Anda akan bereaksi lebih lambat atas hal-hal yang terjadi di sekitar.
  • Koordinasi antar bagian tubuh jadi berkurang. Itu sebabnya, Anda sering kesulitan untuk berdiri tegak ketika mulai mabuk.
  • Penglihatan Anda mulai kabur. Semua peristiwa yang Anda alami jadi terasa samar-samar.
  • Anda jadi sulit berpikir jernih dan membuat keputusan. Jangan heran kalau Anda melakukan hal yang tidak pantas ketika mabuk.

Artikel Lainnya: Waspadai Penyakit Akibat Sering Minum Alkohol di Masa Muda

Dilansir dari Young Men’s Health, Kalau Anda benar-benar mabuk sebenarnya ada fungsi kesehatan  tubuh yang tidak berfungsi dengan baik. Berikut ini beberapa hal tersebut yang perlu Anda ketahui.

  • Kerja fungsi otak Anda menjadi tidak selaras. Misalnya, Anda memerintahkan otak untuk memukul, tetapi yang Anda lakukan malah menendang.
  • Pembuluh darah Anda melebar. Hal ini menunjukkan kalau Anda merasa hangat. Namun sebenarnya, temperatur tubuh Anda justru berkurang atau lebih dingin.
  • Karena fungsi tubuh Anda tidak normal, ada kemungkinan mengalami beberapa hal negatif. Misalnya, Anda berisiko tinggi mengalami kecelakaan mobil ketika menyetir pada saat mabuk, mengalami perkelahian fisik, dan cedera karena terjatuh atau kehilangan keseimbangan

Dalam jangka panjang, mengonsumsi alkohol berlebihan juga dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai kondisi gangguan kesehatan. Untuk itu, mencegah keracunan alkohol pada malam tahun baru merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kesehatan Anda. Coba cari cara yang tepat untuk mengonsumsinya.

1 dari 3 halaman

Konsumsi Alkohol Sehat

Sehat di sini maksudnya, Anda dapat mengetahui cara dan takaran yang tepat ketika mengonsumsi alkohol. Sebenarnya, setiap orang memiliki kadar toleransi alkohol yang berbeda. Pastikan jumlah alkohol yang dikonsumsi tidak memengaruhi kontrol diri.

Menurut National Health and Medical Council (NHMRC), Australia, menyar

ankan agar pria maupun wanita tidak mengonsumsi lebih dari 4 gelas minuman beralkohol. Ini untuk mencegah risiko kesehatan jangka pendek yang disebabkan jenis minuman tersebut. Misalnya, trauma atau cedera.

Namun, untuk minuman yang berkadar alkohol 40% sebaiknya dikonsumsi dua sampai tiga gelas untuk perempuan, sedangkan pria tiga hingga empat gelas. Namun, kondisi ini masih disesuaikan lagi dengan kondisi tubuh dan kemampuan Anda menoleransi kadar alkohol.

Artikel Lainnya: Tidak Minum Alkohol Tapi Hasil Tes Positif, Kok Bisa?

Perlu Anda ketahui keracunan alkohol membawa banyak dampak kesehatan. Bila Anda termasuk orang yang suka mengonsumsi alkohol secara rutin, sebaiknya ketahui beberapa dampak berikut ini untuk kesehatan tubuh.

  • Anda berisiko mengalami kanker, termasuk kanker mulut, tenggorokan, payudara dan hati.
  • Gangguan hati termasuk sirosis hati.
  • Hipertensi dan gangguan kardiovaskular.
  • Stroke.
  • Bila Anda mabuk dan melakukan seks bebas, bisa saja terkena infeksi menular seksual.
  • Bisa juga mengalami stres hingga depresi berkepanjangan.

Untuk itu, mulai sekarang Anda harus lebih sadar diri ketika mengonsumsi alkohol. Jangan meminumnya karena gengsi atau diminta orang lain. Dampak negatifnya untuk kesehatan cukup banyak dan membahayakan.

2 dari 3 halaman

Tips Batasi Konsumsi Alkohol Saat Tahun Baru

Bila Anda memang masih ingin mengonsumsi alkohol atau terpaksa melakukannya, coba lakukan beberapa tips ini.

  1. Pikirkan tentang bahaya dan biaya konsumsi alkohol yang berlebihan pada malam tahun baru sebelum pergi. Misalnya, pikirkan berapa banyak uang yang akan dihabiskan, risiko potensial dari mengonsumsi terlalu banyak alkohol, dan bagaimana perasaan Anda pada hari berikutnya.
  2. Minum sesuai dengan aturan minum alkohol yang sehat, untuk wanita dua sampai tiga gelas, sedangkan pria tiga sampai empat gelas.
  3. Makanlah sebelum dan sambil minum alkohol. Ini mungkin lebih mudah dan lebih sehat jika membawa makanan dari rumah ke tempat-tempat malam tahun baru. Ada kemungkinan makanan tidak tersedia atau sulit didapatkan.
  4. Rencanakan perayaan malam tahun baru di tempat bebas alkohol dengan hiburan yang baik.
  5. Hindari mengisi ulang gelas saat setengah kosong. Hal ini karena kebiasaan tersebut membuat Anda sulit untuk menilai berapa banyak yang sudah diminum.
  6. Konsumsilah minuman berkarbonasi atau air putih disela-sela gelas minuman beralkohol.

  1. Tetap sibuk berdansa, menonton hiburan atau mengobrol dengan teman sambil menunggu tahun baru. Ini dapat mengurangi jumlah alkohol yang akan kita dikonsumsi.
  2. Jangan minum dan menyetir. Tentukan supir atau rencanakan untuk naik angkutan umum atau gunakan taksi.

Tentunya, Anda ingin tetap sehat ketika perayaan tahun baru usai, kan? Untuk itu, coba batas konsumsi alkohol Anda. Jangan sampai Anda cedera atau mengalami kecelakaan karena terlalu mabuk. Tetap berhati-hati dan selamat tahun baru!

(AYU/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar